Sponsors Link

8 Cara Belanja Online Dengan Kartu Kredit Langkah Demi Langkah

Kartu kredit adalah pilihan pembayaran yang nyaman, aman, dan populer saat Anda berbelanja online seperti cara mengajukan keringanan pembayaran karetu kredit. Proses untuk melakukan pembelian online menggunakan kartu kredit Anda juga sama untuk sebagian besar situs web. Anda akan membutuhkan nomor kartu kredit Anda, tanggal kedaluwarsa dan tiga nomor di belakang serta detail pribadi dan kontak Anda.

ads

Panduan ini menguraikan proses cara belanja online dengan kartu kredit selangkah demi selangkah. Juga memberikan fitur keamanan yang membantu menjaga kartu Anda tetap aman, dan faktor-faktor lain yang perlu dipertimbangkan ketika Anda ingin menggunakan kartu kredit untuk pembelian online.

Cara Belanja Online Dengan Kartu Kredit

1. Periksa situs web

Sebelum Anda mengirimkan rincian kartu kredit Anda, pastikan Anda berbelanja di situs web yang aman. Dua tanda keamanan yang harus dicari: periksa bahwa URL situs web dimulai dengan huruf “https:” dan memiliki gambar gembok kecil, biasanya di sudut kiri atas.

2. Pilih item Anda

Anda dapat menambahkan item ke keranjang Anda saat berbelanja. Ketika Anda melakukan ini, Anda mungkin ditanyai apakah Anda ingin pergi ke kasir untuk membayar atau jika Anda ingin tetap berbelanja. Pergi ke “kasir”. Setelah selesai berbelanja dan Anda siap membayar, cari ikon troli belanja yang sering berada di sudut kanan atas halaman web. Ini adalah halaman pembayaran di mana Anda akan memberikan semua rincian tagihan Anda.

3. Masukkan detail Anda

Masukkan nama Anda, alamat, nomor telepon kontak dan alamat email. Beberapa bisnis meminta Anda untuk membuat akun ketika Anda menyelesaikan pembelian. Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat melakukan ini secara otomatis saat Anda melakukan pembelian pertama dengan memasukkan nama pengguna dan kata sandi saat diminta. Anda harus memasukkan informasi di semua ruang yang ditandai dengan Asterisk.

4. Pilih “kartu kredit” sebagai metode pembayaran Anda

Anda akan diminta untuk memilih bagaimana Anda ingin membayar. Pilihan lain bisa termasuk kartu debit, PayPal, dan transfer bank. Anda mungkin juga diminta untuk memilih apakah Anda memiliki kartu kredit Visa, Mastercard atau kartu Express seperti cara melunasi hutang kartu kredit yang menumpuk.

5. Berikan detail kartu kredit Anda

Masukkan nama di bagian depan kartu, nomor kartu 16-digit, kode keamanan tiga digit yang ditemukan di bagian belakang. Konfirmasi pembayaran. Tekan tombol “konfirmasi” untuk mengirimkan pembayaran Anda. Ingat untuk tidak menekan tombol lebih dari satu kali ketika Anda menunggu halaman konfirmasi pembayaran untuk memuat, jika tidak, Anda mungkin akhirnya akan ditagih dua kali.

7. Langkah-langkah keamanan ekstra

Diverifikasi oleh Visa, Mastercard SecureCode dan  Express Safekey adalah lapisan keamanan tambahan yang dapat Anda daftarkan saat menggunakan kartu kredit Anda. Jika salah satu layanan ini aktif, Anda harus memasukkan kode satu kali yang dikirim ke ponsel Anda.

8. Simpan salinan konfirmasi pembayaran

Sebagian besar toko online akan mengirim email kepada Anda faktur pajak yang dapat Anda simpan dan cetak. Anda juga dapat mencetak halaman web pembayaran yang dikonfirmasi jika Anda inginkan. Detail ini akan membantu Anda melacak pesanan Anda dan memastikan jumlah yang benar dibebankan ke kartu Anda. Anda juga memerlukan bukti pembelian untuk memperdebatkan transaksi jika Anda tidak mendapatkan apa yang Anda bayar.


Fitur keamanan kartu kredit untuk belanja online

Perusahaan kartu kredit memiliki berbagai langkah keamanan untuk melindungi akun Anda dari penipuan ketika Anda berbelanja online seperti cara menutup kartu kredit yang belum diaktifkan. Kami telah menguraikan ini secara detail di bawah ini.

Layanan pemantauan penipuan

Banyak perusahaan kartu kredit menyediakan layanan pemantauan penipuan 24 jam, seperti layanan pemantauan penipuan seperti  tim pencegahan penipuan. Layanan dan tim ini memantau aktivitas di akun Anda dan menghubungi Anda jika mereka melihat sesuatu yang mencurigakan. Jika layanan pemantauan penipuan tidak dapat memverifikasi transaksi yang telah dilakukan pada akun Anda, maka akan dapat memblokir akun Anda untuk sementara dan menyelidiki lebih lanjut untuk memastikan kartu kredit Anda dilindungi terhadap transaksi tidak sah.

Kata sandi sekali pakai

Anda mungkin sudah didaftarkan sebelumnya di Verified by Visa, Mastercard SecureCode, dan Express Safekey. Layanan anti-penipuan ini menjadikan hampir tidak mungkin bagi penipu untuk menggunakan kartu kredit Anda. Anda harus memasukkan satu kali SMS atau kode email setiap kali Anda menggunakan kartu kredit Anda untuk berbelanja online. Namun, layanan ini tidak mencakup semua pembelian online Anda. Seorang pedagang online harus terdaftar dengan program agar layanan berfungsi. Tetapi ketika mereka berlaku, layanan ini menambahkan lapisan keamanan ekstra ke proses pembayaran online.

Jaminan kewajiban nol

Kartu Express, Mastercard, dan Visa memberikan jaminan tanpa jaminan untuk melindungi Anda atas penggunaan kartu kredit palsu di dalam toko, melalui telepon dan online. Perhatikan bahwa jaminan kewajiban ini tidak mencakup penipuan uang muka. Jika Anda adalah korban penipuan kartu kredit, segera hubungi penyedia kartu kredit Anda untuk menyengketakan transaksi.

Faktor-faktor lain yang perlu dipertimbangkan

Ingatlah situasi ini ketika Anda berbelanja online sehingga Anda tahu cara mengatasinya jika mereka pernah muncul.

Menyimpan detail kartu Anda

Anda mungkin ditanya apakah Anda ingin menyimpan rincian kartu kredit Anda untuk waktu berikutnya Anda berbelanja. Browser Internet seperti Firefox atau Safari juga dapat meminta Anda untuk menyimpan detail Anda. Meskipun ini bisa menjadi pilihan yang mudah, itu juga berarti informasi kartu Anda akan disimpan oleh layanan pihak ketiga dan dapat dikompromikan jika akun itu diretas.

Pembayaran yang ditolak

Jika pembayaran Anda ditolak karena kredit tidak mencukupi, kesalahan pemrosesan atau alasan lainnya, pembayaran ditolak atau pesan kesalahan pembayaran akan muncul dan transaksi tidak akan diproses. Barang Anda mungkin tetap berada di “troli belanja” Anda sehingga Anda dapat menyelesaikan pembelian di masa mendatang.
Keamanan situs web. Cari gembok dan huruf “https” di URL situs web. Ini menunjukkan bahwa pedagang sedang mengenkripsi informasi pribadi Anda ketika menagih kartu kredit Anda.


Biaya konversi mata uang

Sebagian besar kartu kredit mengenakan biaya 2-4% dari transaksi ketika Anda melakukan pembelian dari pedagang luar negeri. Biaya ini mungkin berlaku bahkan jika transaksi diproses menggunakan mata uang lain. Jika Anda secara teratur berbelanja dengan pengecer internasional secara online, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kartu dengan biaya transaksi yang tidak dikenakan biaya sama sekali dan asing untuk menghemat biaya ini.

Kartu kredit dapat membawa Anda hampir semua hal yang Anda inginkan di Internet. Ia juga menawarkan keamanan terhadap penipuan dan transaksi tidak sah. Jadi, dengan fakta dan kiat ini, Anda sekarang dapat melakukan pembelian kartu kredit online kapan saja Anda mau. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang cara berbelanja online, berhubunganlah dengan menggunakan formulir di bagian bawah halaman.

, ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi