Sponsors Link

9 Cara Menutup Kartu Kredit Yang Belum Diaktifkan Tanpa Resiko

Ada banyak alasan mengapa seseorang memutuskan untuk menutuk kartu kredit mereka meskipun belum mengaktifkannya. Jika kartu kredit Anda menghabiskan terlalu banyak uang atau Anda hanya memiliki terlalu banyak uang, Anda dapat memutuskan bahwa sudah waktunya untuk menutup akun. Ini adalah proses yang relatif mudah yang dapat dilakukan hampir seluruhnya melalui telepon. Karena membatalkan kartu kredit dapat mempengaruhi skor kredit Anda, penting untuk bersikap strategis tentang hal itu dan melakukan apa pun yang Anda bisa untuk mempertahankan kredit Anda seperti cara melunasu hutang kartu kredit yang sudah lama tersebut. Berikut kumpulan cara menutup kartu kredit yang belum diaktifkan.

1. Bayar dulu

Sebelum Anda membatalkan kartu kredit Anda, ada baiknya untuk memastikan bahwa Anda melunasi saldo yang ada dan berhenti menggunakan kartu tersebut. Jika Anda tidak mampu membayarnya, Anda dapat mentransfer saldo ke kartu lain yang tidak Anda rencanakan untuk dibatalkan.Ketika Anda menelepon untuk membatalkan kartu Anda, pastikan bahwa tidak ada saldo di atasnya. Selain melunasi saldo Anda, Anda juga harus memastikan bahwa Anda mencairkan semua hadiah Anda. Jika Anda lupa melakukan ini, mereka kemungkinan akan hilang selamanya seperti cara membebaskan diri dari hutang.

2. Hubungi departemen layanan pelanggan

Untuk membatalkan kartu Anda, Anda harus menghubungi departemen layanan pelanggan penerbit. Nomor tersebut biasanya dapat ditemukan di belakang kartu Anda, pada tagihan Anda, dan online. Setelah Anda terhubung dengan agen layanan pelanggan, beri tahu mereka bahwa Anda ingin menutup akun Anda. Miliki kartu kredit Anda dan tagihan di depan Anda saat Anda menelepon. Ini akan memastikan bahwa Anda akan memiliki semua informasi yang Anda perlukan.

Perwakilan mungkin bertanya mengapa Anda ingin menutup akun. Anda dapat memberikan alasan apa pun yang Anda suka, termasuk bahwa Anda tidak menggunakan kartu itu. Adalah hak Anda untuk menutup akun dengan alasan apa pun. Jika memungkinkan, dapatkan nama perwakilan atau nomor ID dan tuliskan, kalau-kalau Anda memiliki masalah nanti.

3. Pertimbangkan tawaran balik

Ketika Anda menelepon untuk membatalkan kartu Anda, penerbit dapat menawarkan Anda sesuatu, seperti suku bunga yang lebih rendah atau poin penghargaan lebih banyak, untuk membuat Anda sebagai pelanggan. Mungkin atau mungkin tidak layak untuk mempertimbangkan tawaran ini, tergantung pada mengapa Anda ingin membatalkan kartu tersebut. Sebaiknya pikirkan apa yang diperlukan untuk mengubah pikiran Anda tentang membatalkan sebelum menelepon.

Ini akan mempermudah Anda untuk berdiri di tanah Anda jika penawarannya tidak cukup baik. Jika penawarannya bagus, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membatalkan kartu kredit yang berbeda. Jika Anda berada di pagar untuk menutup kartu, Anda dapat mencoba menelepon departemen layanan pelanggan dan tawar-menawar dengan mereka untuk persyaratan yang lebih baik.

4. Anda Harus Menutup Akun

Tampaknya berlawanan dengan intuisi. Ketika Anda mendapatkan kartu baru, Anda sering diinstruksikan untuk menandatangani dan mengaktifkannya. Jadi masuk akal jika Anda tidak mengambil langkah-langkah itu, akunnya tidak terbuka, bukan? Belum tentu. Itulah mengapa dalam menolak kartu yang tidak Anda inginkan, Anda tidak bisa mengabaikannya begitu saja seperti cara mengatasi hutang yang menumpuk. Hubungi saluran layanan pelanggan, dan beri tahu mereka bahwa Anda menutup akun. Minta mereka mengirimi Anda surat yang mendokumentasikan tanggal ketika akun ditutup sehingga Anda dapat membuktikannya jika memang harus.


Tindak lanjuti permintaan Anda secara tertulis dan sebutkan panggilan telepon. Kirim surat yang disertifikasi dengan tanda terima yang diminta. Hancurkan kartu itu sendiri dan simpan catatan tertulis dari segala sesuatu – surat, kwitansi dan catatan yang meringkas panggilan telepon Anda (nama, tanggal, tindakan apa yang dijanjikan), kata Barney. Jika Anda ingin memasukkan ke dalam enam kertas, pindai semuanya menjadi file elektronik.

5. Konfirmasikan pembatalan secara tertulis

Jika Anda akhirnya membatalkan kartu Anda melalui telepon, itu selalu merupakan ide yang baik untuk mengirim surat kepada perusahaan juga. Ini akan membantu memastikan bahwa akun benar-benar dibatalkan, bahkan jika agen layanan pelanggan yang Anda ajak bicara membuat kesalahan. Surat itu harus mencantumkan nama, alamat, dan nomor rekening kartu kredit Anda.

Cantumkan tanggal Anda membatalkan kartu dan nama perwakilan yang Anda ajak bicara dalam surat Anda, dan mintalah agar perusahaan mengirimkan surat konfirmasi tertulis yang menunjukkan bahwa kartu tersebut telah dibatalkan. Anda mungkin ingin menyertakan bukti pembayaran akhir Anda, seperti salinan cek. Kirim surat itu melalui surat resmi dengan tanda terima kembali.

6. Pilih waktu yang tepat untuk menutup

Karena membatalkan kartu kredit dapat mempengaruhi skor kredit Anda, penting untuk bersikap strategis ketika Anda melakukannya. Hindari menutup akun apa pun jika Anda sedang dalam proses mengajukan permohonan kredit baru. Jika Anda berencana untuk membeli rumah atau mobil baru, tunggulah sampai setelah pinjaman selesai untuk membatalkan kartu Anda seperti cara menyimpan uang untuk masa depan.

7. Pertimbangkan off-setting pembatalan

Untuk menghindari melukai skor kredit Anda dengan membatalkan kartu, Anda mungkin ingin menghapusnya dengan meningkatkan batas kredit Anda dengan cara lain. Ini akan menjaga konstanta tingkat penggunaan kredit Anda. Anda dapat melakukan ini dengan membuka kartu baru atau meminta peningkatan saldo pada kartu yang sudah ada. Jika Anda memiliki kredit yang bagus dan saldo rendah pada kartu Anda, ini kurang penting. Menutup kartu kredit hanya akan berdampak kecil pada skor kredit Anda.

8. Pilih kartu yang tepat untuk membatalkan

Jika Anda ingin membatalkan kartu kredit hanya karena Anda memiliki terlalu banyak kartu, penting untuk memikirkan dengan hati-hati tentang mana yang harus Anda batalkan. Membatalkan kartu yang salah dapat menyebabkan Anda mengeluarkan lebih banyak uang atau merusak skor kredit Anda secara tidak perlu. Kartu yang mengenakan biaya tahunan atau memiliki suku bunga sangat tinggi biasanya merupakan opsi terbaik (kecuali kartu ini memiliki manfaat yang lebih besar daripada biaya tinggi). Membatalkan kartu kredit yang Anda miliki untuk waktu yang lama biasanya merupakan ide yang buruk karena kredit berkelanjutan terlihat bagus pada laporan kredit Anda.


9. Lihatlah laporan kredit Anda setelah menutup akun

Setelah Anda membatalkan kartu kredit Anda, ada baiknya untuk meminta salinan laporan kredit Anda dan melihatnya dengan hati-hati untuk mengonfirmasi bahwa itu mencerminkan fakta bahwa Anda telah membatalkan kartu. Seharusnya tidak dikatakan bahwa akun ditutup oleh penerbit, karena ini akan terlihat buruk bagi kreditur lain. Jika laporan kredit Anda tidak akurat, Anda perlu menghubungi departemen layanan pelanggan perusahaan kartu kredit lagi dan meminta mereka untuk memperbaiki cara mereka melaporkan penutupan akun ke agen pelaporan kredit. Pastikan untuk memeriksa laporan Anda lagi untuk memastikan mereka memperbaiki masalah.

Nah, demikianlah beberapa cara menutup kartu kredit yang belum diaktifkan dengan langka-langkah mudah tanpa resiko dan mudah dilakukan.

, ,
Oleh :
Kategori : Financial Planning