Sponsors Link

7 Cara Mengajukan Keringanan Pembayaran Kartu Kredit Termudah

Apakah anda seorang pengguna kartu kredit namun terllau sering menggunakannya hingga harus mencari tahu cara melunasi hutang kartu kredit yang menumpuk? Ya, jelas saja anda harus membayar semua tagihan tersebut jika bahkan tak bisa mengontrol kebiasaan berbelanja menggunakan kartu kredit. Kartu kredit memang sistem yang memudahkan namun juga menyulitkan di suatu sisi. Kemudahannya mebuat sebagian orang jadi lupa diri dan menggunakannya seenaknya. Nah, jika terlalu banyak pembayaran yang akan anda lakukan. Adakah solusi lain?

ads

Tentu saja ada, ini adalah tentang cara mengajukan keringanan pembayaran kartu kredit tersebut. Karena para debitur yang memfasilitasi anda dengan penggunaan kartu kredit akan berupaya dalam mencari beragam cara melunasi hutang kartu kredit yang sudah lama tersebut. Mereka akan mencari cara mengajukan keringanan pembayaran kartu kredit agar hutang terselesaikan dan dapat dengan mudah meperbaiki skor kredit di IDI Bank Indonesia. Nah, bagi yang penasaran, berikut tahapan dalam cara mengajukan keringanan pembayaran kartu kredit:

1. Hitung Ulang Berapa Nominal Utang 

Untuk bisa mendapatkan keringanan dalam mebayar hutang kartu kredit, tentunya anda harus terlebih dahulu mengetahui berapa sisa hutang yang anda miliki tersebut. Karena ini sangat penting untuk anda bisa melakukan pengajuan pembayaran hutang. Jika dibutuhkan anda bisa mencatat satu persatu tunggakan hutang yang anda miliki tersebut. Dan dengan hal ini nantinya and abisa mengetahui berapa total sisa hutang yang musti dibayarkan.

2. Menggunakan Jasa Konsultan Utang yang Profesional

Menggunakan jasa konsultan yang berpengalaman sangat diperlukan dalam menghadapi masalah hutang kartu kredit dan mengetahui cara menutup kartu kredit yang belum diaktifkan. Dimana seorang konsultan yang profesional akan bisa mengatasi masalah and adnegan meberikan beragam solusi handal dan meberikan anda beberapa opsi dan metode pembayaran yang pas dan cocok dengan situasi yang anda perlukan tersebut. Anda hanya perlu menginformasikan kepada mereka berapa jumlah total hutang yang dimiliki dan akan mendapatkan pencerahan dari mereka.

Hal menguntungkan yang kedua adalah tentang hubungan baik yang terjalin oleh pihak konsultan dan pihak bank. Nah dengan adanya hubungan ini biasanya sang konsultan bisa menjadi sang pihak ketiga atau pihak yang menengahi maslaah anda dengan pihak bank tersebut. Bukan kah ini akan memudahkan anda nantinya? Dimana anda akan lebih mudah dalam mendapatkan persetujuan keringanan dari pembayaran cicilan kartu kredit tresebut.

3 Jenis Program Keringanan yang Bisa Anda Dapatkan

nah setelah and amengkonsultasikan masalah and adan mendapatka n beberpa opsi dari sang konsultan, berikut beberapa jenis program yang bisa anda gunakan sebagai keringanan dari cara mengajukan pengurangan dan keringanan angsuran kredit ini:

  • Potongan / Diskon dalam Satu Kali Bayar

Ini adalah program yang akan memungkinkan anda sebagai nasabah mendapatkan keringanan hingga jumlah keseluruhan hutang akn menjadi lebih ringan. Biasnaya diskon yang diberikan adalah antara 20 hingga 50 %. Dan dengan menggunakan jenis diskon ini, nasabah atau anda sebagai yang berhutang harus langsung membayar dalam sekali pembayaran.

  • Cicilan yang Diperpanjang dengan Bunga Rendah

Nah, bagi and ayang masih minim secara finansial dan tidak memungkinkan untuk langsung mebayar dalam satu kali pembayaran seperti yang diajukan pada opsi pertama, maka anda bisa menggunakan pilihan yang satu ini. namun ini akan meringankan dari segi bunga yang diperkecil dan memeperpanjang tenor dari cicilan tersebut.

  • Diskon Cicilan

Nah, ini merupakan gabungan dari kedua jenis program diatas. Dimana anda sebagai sang nasabah yang memiliki tumpukan hutang akan diberikan diskon berupa potongan sisa hutang dan sisanya akan dicicil. Ini dilakukan setelah bank melakuakn pendalaman terhadap kondisi finan sial anda terlebih dahulu tentunya.

Sponsors Link

4. Lakukan balance transfer ke kartu yang memiliki bunga terendah

Bank biasnaya akan memberikan suku bunga bervariasi ini akan dilakukan demi menarik minat dari para calon nasabah mereka. Nah, ini bisa menjadi alternatif agar anda bisa melunasi utang kartu kredit tersebut. Caranya? lakukan transfer dari kartu yang suku bunga nya lebih rendah. Karena sebagian bank kadang menawarkan bunga dari 0 hingga 2 % selama 3 bulan pertama.

5. Mintalah diskon 

Nah, ini sama dengan program yang kita bahas sebelumnya dimana anda bisa melakukan negosiasi dengan pihak bank dengan mengajukan secama diskon untuk anda bisa dnegan mudah melunasi hutang tersbeut. Karena jika anda menunggak pembayaran kartu kredit selama 3 bulan treakhir biasanya ppihak bank akan menghubungi anda dan mengkonfirmasikan masalah pembayaran anda tersebut. Bahkan penyedia biasnaya akan meberikan keringanan, biaya pinalti dan diskon hingga 50%.

6. Negosiasikan debt rescheduling atau debt restructuring

Selalu ada solusi yang diberikan kepada anda sebagai sang nasabah yang terlilit hutang, and abisa melakukan penundaan dan bahkan pengurangan dalam jumlah tertentu. Anda hanya perlu menanyakan dan menegosiasikan dnegan pihak bank dan pihak bank akan meminta sejumlah uang muka pada umumnya. Dan kartu kredit anda akan menjadi kartu yang tidak aktif dan tidak bisa digunakan selama anda belum melunasi cicilan yang sudah disepakati tersebut.

7. Bayar dengan pinjaman dana tunai yang menawarkan bunga rendah

Biasanya pihak bank akan menanyakan apakah anda setuju untuk melakukan penukaran sisa balance kartu kredit dengan menggunakan pinjaman yang memiliki bunga yang lebih rendah. Ini secara tidak langsung akan meringankan beban cicilan anda karena dipindahkan ke pinjaman yang berbunga lebih rendah.

Sponsors Link

Beberapa kartu kredit disertai dengan biaya, terutama jika mereka menawarkan program hadiah yang manis. Jika kartu Anda memiliki biaya tahunan, ada baiknya menelepon operator untuk melihat apakah mereka akan membebaskannya. Banyak bank akan mengesampingkan biaya tahunan jika tahun pertama Anda memiliki kartu itu. Mereka menyarankan untuk menelepon dan bertanya dengan sopan, tentu saja. Dalam beberapa kasus, mereka mungkin tidak mengesampingkan biaya, tetapi mereka dapat menawarkan kredit pernyataan atau poin bonus.

Kenyataannya adalah pelanggan terbaik perusahaan kartu kredit adalah orang-orang seperti Anda dan saya: orang-orang dengan kredit luar biasa yang mengenakan biaya hampir semua yang mereka beli setiap bulan ke kartu mereka dan kemudian membayar saldo penuh pada akhir setiap bulan. Meskipun kita tidak membayar sepeser pun bunga kepada mereka, perusahaan kartu kredit menyukai orang-orang seperti Anda dan saya karena kita memberi mereka aliran pendapatan tetap dari biaya transaksi pedagang yang dihasilkan setiap kali kita menggunakan kartu kami.

Yang terbaik dari semuanya, karena kita bertanggung jawab secara finansial, mereka hampir tidak pernah mengambil risiko kita gagal membayar uang mereka. Akibatnya, perusahaan kartu kredit lebih dari senang untuk membiarkan kami mengambil keuntungan dari mereka. Ingatlah bahwa jika Anda melakukan pembayaran terlambat lebih dari sekali per tahun, itu mungkin akan membutuhkan lebih dari sekadar meminta perusahaan kartu kredit Anda untuk membebaskan biaya bunga tersebut. Dan siapa yang bisa menyalahkan mereka?

 

, ,
Oleh :
Kategori : Financial Planning