Sponsors Link

12 Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit Yang Menumpuk

Siap untuk menyingkirkan utang kartu kredit dan mengetahui cara melunasi hutang kartu kredit yang menumpuk? yang selalu menggangu fikiran Anda? Sakit dan lelah mengkhawatirkan pembayaran, biaya keterlambatan dan saldo yang terus meningkat pada pernyataan Anda setiap bulan? Membayar keseimbangan kartu kredit tidaklah mudah. Mungkin butuh banyak waktu dan usaha sebelum Anda bebas dari utang sepenuhnya. Jangan biarkan hal itu menghalangi Anda. Dan untuk mempermudah Anda, kami telah menguraikan cara melunasi hutang kartu kredit yang menumpuk yang harus Anda ikuti untuk melunasi utang kartu kredit Anda:

ads

1. Tetapkan tujuan Anda

Pertama-tama, duduk dan cari tahu berapa banyak utang yang Anda miliki. Jika Anda memiliki beberapa kartu kredit untuk ditangani, prioritaskan mereka dalam hal mana yang harus dilunasi terlebih dahulu. Kemudian Anda dapat menetapkan sendiri tujuan, yang akan membantu Anda tetap termotivasi dan memberi Anda gambaran yang jelas tentang apa yang Anda tuju.

2. Letakkan Kartu Kredit Anda

Inilah kebenarannya: akan menjadi jutaan kali lebih sulit untuk membayar utang jika Anda masih membelanjakan kartu kredit Anda. Jadi, setelah Anda memulai proses melunasi utang Anda, pastikan Anda mengambil kartu-kartu itu dari dompet Anda, dan simpan di suatu tempat di mana Anda tidak akan tergoda untuk menggunakannya seperti cara melunasi hutang riba.

3. Buat anggaran

Sekarang Anda telah berkomitmen untuk melunasi utang Anda, anggaran yang kedap udara lebih penting dari sebelumnya. Mulailah dengan menghitung penghasilan bulanan Anda, dan kemudian identifikasikan semua pengeluaran Anda yang diperlukan, seperti sewa, bahan makanan, utilitas atau bensin. Sisihkan uang untuk hal-hal ini terlebih dahulu tidak ada gunanya Anda melakukan pembayaran besar pada kartu kredit Anda, hanya untuk menemukan Anda perlu menggunakan kartu yang sama untuk membayar uang sewa Anda.

Setelah Anda menyisihkan uang untuk kebutuhan pokok, alokasikan sisa anggaran Anda untuk membayar utang Anda. Kehidupan sosial Anda mungkin akan menderita untuk sementara waktu saat Anda mengencangkan ikat pinggang anggaran Anda, tetapi ingatkan diri Anda sendiri betapa bagusnya rasanya bebas utang!

4. Carilah dana cadangan

Memiliki uang ekstra? Mungkin sudah saatnya untuk menggunakannya untuk menyingkirkan utang Anda yang tersisa. Anda mungkin menemukan dorongan ekstra dari pengembalian pajak, hadiah, atau tabungan Anda. Jika Anda telah menyisihkan uang untuk sesuatu seperti liburan atau mobil baru, pikirkan dengan serius tentang apakah uang itu akan lebih baik dihabiskan melunasi utang Anda.

Anda juga dapat membuat uang tunai ekstra untuk dimasukkan ke saldo kartu kredit Anda dengan melakukan hal-hal seperti mengambil sisi keramaian, lepas atau menjual barang yang tidak diinginkan. Tidak peduli bagaimana Anda mendapatkannya, masukkan uang ekstra apa pun yang Anda dapat untuk membayar utang itu seperti cara melunasi hutang rentenir.

5. Bicarakan dengan penyedia kartu kredit Anda

Langsung di telepon dan ngobrol ke penyedia kartu kredit Anda. Sebagian besar perusahaan kartu kredit memiliki sistem yang berlaku ketika Anda mengalami kesulitan membayar tagihan Anda, jadi mintalah untuk berbicara dengan salah satu layanan pelanggan atau petugas yang kesulitan. Biarkan mereka tahu bahwa Anda mengalami kesulitan dalam melunasi saldo Anda dan mereka mungkin dapat membantu dengan menurunkan minat Anda selama jangka waktu tertentu, atau melambaikan biaya keterlambatan saat ini untuk memberi Anda ruang untuk bernafas.

6. Bayar satu hal pada satu waktu

Alasan penting untuk menetapkan tujuan dan memprioritaskan utang pada awalnya, adalah salah satu cara terbaik untuk membayar utang adalah dengan mengatasi satu hal pada satu waktu. Jika Anda memiliki sejumlah kartu kredit dengan saldo, maka ada dua aliran pemikiran populer tentang cara mengatasinya: bayar yang pertama dengan bunga tertinggi terlebih dahulu, atau bayar satu dengan saldo terkecil.

Yang pertama berhasil karena Anda akan menyingkirkan utang yang akan tumbuh paling cepat, jadi Anda akan menghindari efek bola salju yang terburuk. Membayar saldo terkecil akan berhasil karena Anda akan melihat utang menghilang lebih cepat  yang merupakan cara bagus untuk membuat diri Anda termotivasi. Andalah yang tahu sikap uang Anda yang terbaik, jadi pilihlah yang akan bekerja untuk Anda dan kemudian patuhi itu.

Sponsors Link

7. Konsolidasikan utang Anda

Pilihan lain untuk menyingkirkan beberapa saldo kartu kredit, adalah untuk mengonsolidasikan mereka semua menjadi satu mudah untuk mengelola utang. Ada dua cara untuk melakukan ini: dengan pinjaman konsolidasi atau dengan penawaran kartu kredit transfer saldo. Sebuah pinjaman konsolidasi mungkin menjadi pilihan yang baik jika Anda punya keseimbangan yang sangat besar, atau jika Anda memiliki beberapa kartu kredit, ditambah utang pinjaman lain untuk menangani. Sebuah transfer saldo mungkin akan lebih baik jika Anda hanya memiliki satu kartu kredit dan Anda ingin melarikan diri bunga yang tinggi, karena sebagian besar transfer saldo menawarkan datang dengan periode bunga 0%.

8. Memiliki rencana pembayaran

Jika Anda memilih pinjaman konsolidasi utang, Anda akan memiliki jangka waktu tertentu dan pembayaran bulanan untuk membantu Anda mengelola melunasi utang Anda. Saldo transfer di sisi lain, datang dengan periode bunga rendah atau tanpa bunga terlampir tetapi ketika itu berakhir, minat Anda akan kembali menjadi lebih tinggi sampai Anda membayar saldo Anda. Itulah mengapa Anda harus memiliki rencana untuk melunasi utang Anda dalam jangka waktu tersebut. Catat berapa lama Anda akan memiliki bunga rendah atau tidak sama sekali, dan kemudian Anda dapat menggunakan kalkulator pembayaran utang kartu kredit kami untuk bekerja jika anggaran Anda saat ini dan rencana pembayaran akan membuat Anda jelas.

9. Ketahui bagaimana cara keluar dari utang

Setelah Anda menyelesaikan semua utang itu, langkah selanjutnya adalah menjauhinya! Anda tidak melakukan semua kerja keras hanya untuk menumpuk saldo kartu kredit yang besar, bukan?

10. Berpeganglah pada anggaran Anda

Setelah melunasi utang Anda, Anda harus memiliki anggaran yang cukup ketat. Anda mungkin bisa melonggarkan pemerintahan sedikit sekarang, tapi jangan hilangkan dengan kesederhanaan baru Anda dulu. Pertahankan anggaran Anda di tempat dan bukan saja Anda akan tetap terbebas dari utang, tetapi Anda bahkan mungkin menemukan diri Anda dengan simpanan tabungan yang bagus. Yang membawa kita ke ujung berikutnya seperti cara melunasi hutang bank.

Sponsors Link

11. Bangun dana darurat

Salah satu cara tercepat untuk mengatasi utang yang menumpuk adalah tidak merencanakan untuk keadaan darurat, dan kemudian harus membayar pembayaran pada kartu kredit ketika mobil Anda rusak, atau Anda jatuh sakit, atau beberapa kecelakaan lainnya terjadi. Setelah Anda tidak khawatir tentang menghapus utang lagi, ubah pandangan Anda ke tabungan dan mulailah membangun dana hari hujan yang bagus.

12. Pikirkan tentang penutupan akun kartu kredit

Setelah utang Anda habis, pikirkan tentang menutup rekening kartu kredit lama jika Anda menemukan godaan untuk membelanjakan terlalu banyak. Setelah semua, Anda mungkin menghabiskan bulan, jika tidak tahun menghindari menggunakan plastik saat Anda melunasi utang Anda  jadi Anda bahkan membutuhkannya lagi?

, ,
Oleh :
Kategori : Financial Planning