Sponsors Link

10 Cara Mengatasi Masalah Ketenagakerjaan Di Indonesia

Sebagai negara yang berkembang seperti halnya yang dibahas di dalam dampak positif pembangunan ekonomi, selalu ada masalah seperti masalah ketenagakerjaan ini. Jadi, dibutuhkan solusi untuk menjadi cara mengatasi masalah ketenagakerjaan berikut. Seperti beberapa cara mengatasi masalah ketenagakerjaan di bawah ini:

ads

1. Kebijakan Pendidikan

Mendapatkan pendidikan yang bagus adalah salah satu jembatan yang bisa mengantarkan siiapa saja mendapatkan pekerjaan yang mumpuni. Jadi, jika ingin sebuah negara mendapatkan keringanan dalam permasalahan ketenagakerjaan yang seringkali melanda seperti cara mengatasi masalah ekonomi klasik, harus memberikan pendidikan yang kuat pada penduduk mereka. Kebijakan pendidikan ini adalah salah satu upaya yang startegis dalam mengatasi masalah pengangguran dan masalah kurangnya pengetahuan para pencari kerja di dalam sebuah negara.

Tentunya kebijakan pendidikan ini tidak akan berarti jika kita tidak menylaraskan pengembangan diri yang seharusnya diberikan pada setiap pencari kerja. jadi, hal yang juga tak kalah penting adalah dengan memberikan pelatihan ketenagakerjaan yang merata bagi sapapun yang membutuhkannya. Beberapa kegiatan di bawah ini akan memberikan tujuan untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan tersebut dan memberikan pelatihan kerja yang mumpuni bagi masayarakat :

  • Mendirikan, memperbanyak dan mengembangkan sekolah-sekolah kejuruan yang pastinya diperlukan agar para pencari kerja lebih terasah dan terampil dan lebih terdidik untuk langsung terjun ke dunia kerja.
  • Memberikan pelatihan khusus bagi pencari kerja sebagai bekal mereka untuk bekerja. Terutama bagi para pencari kerja yang belum memiliki pengalamana apa-apa.
  • Memberikan les atau latihan khusu yang nantinya bisa menjadi salah satu keterampilan yang bisa mereka gunakan untuk bekerja di bidang apapun yang mereka inginkan.

2. Membuat Peraturan

Sangat diperlukan kerjasama antara pemerintah dan para masayarakat untuk mendapatkan solusi yang besar atas masalah ketenagakerjaan ini. Seperti dengan membuat peraturan prundang-undangan yang nantinya akan mengulas semua hal tentang perbaikan masalah ketenagakerjaan yang ada di Indonesia seperti contoh kebijakan luar negeri indonesia dalam hubungan internasional.

3. Perluasan Lapangan Kerja

Hal lain yang juga merupakan solusi dalam mendapatkan cara mengatasi masalah ketenagakerjaan ini adalah dengan memperluas lapangan pekerjaan. Ada 2 cara yang memungkinkan pemerintah melakukan perluasan terhadap lapangan pekerjaan yakni:

  • Kebijakan Langsung : Ini merupakan kebijakan yang akan diberikan secara langsung oleh pemerintah alias pemberian lapangan kerja yang secara langsung ditangani oleh pemerintah dan negara.
  • Kebijakan Tidak Langsung : Ini merupakan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah serta peranan negara namun tidak langsung menyediakan dan memperluas lapangan kerja melainkan mendorong para pihak swasta untuk membantu dalam menciptakan dan memperluas lapangan kerja yang baru.

Tujuan dari penerapan kebijakan fiskal ini untuk kembali mengembangkan lapangan kerja yang baru dan bisa mencangkup banyaknya pengangguran yang selama ini tidka terdampung oleh lapangan kerja manapun.

4. Pemerataan Lapangan Kerja

Sebaiknya. selalu pertimbangkan untuk selalu meratakan jumlah dan pengembangan dari lapangan kerja. Tidak hanya ada untuk perkotaan sedangkan untuk daerah pedesaan biasanya lapangan kerja ini jarang bisa ditemukan. Jadi akan banyak ketimpangan yang terjadi dalam pencarian pekerjaan. Cara atau upaya yang bisa dilakukan adalah:

  • Mendirikan pabrik atau industri skala menengah – kecil di daerah yang mungkin masih minim lapangan kerja agar bisa menampung banyak tenaga kerja yang kekurangan pekerjaan di sana.
  • Membantu usaha kecil dalam pengembangan usahanya agar bisa menajdi salah satu wadah lapangan kerja bagi pekerja lain yang masih membutuhkan lapangan kerja.
  • Menghentikan laju masalah urbanisasi dnegan membuka banyak lapangan kerja di daerah pedesaan yang biasanya sulit didapatkan lapangan kerja yang memadai.
  • Memudahkan dan meningkatkan adanya investasi perusahaan swasata agar memudahkan untuk menjadi salah satu solusi tempat bekerja bagi masyarakat yang belum bekerja secara tetap.

5. Pelayanan Informasi Kerja

Hal lainnya yang menjadi salah satu masalah utama dalam dunia ketenaga kerjaan di dindonesia adalah masalah kurangnya informasi yang memadai dan bisa diakses oleh para pencari kerja. Jadi dengan memudahkan sarana informasi dan pelayanan dalam mendapatkan informasi yang valid adalah hal yang perlu diperhatikan dan dikembangkan. Perlu banyak alat, pengantar informasi dan media yang cukup tersebar tidak hanya di kota maupun di desa agar bisa menyamaratakan penyampaian informasi yang valid dan diperlukan oleh para pencari kerja tersebut nantinya. Usahakan semua hal yang menjadi penghambat untuk penyampaian informasi ini terselesaikan dengan baik.

Sponsors Link

6. Mempercepat Proses Perekrutan

Hal lain yang kerap kali menjadi kendalah adalah lamnya dan berlarutnya waktu yang dibutuhkan untuk posesi perekrutan karyawan baru. Lamanya waktu menunggu ini sebaiknya bisa dipangkas agar bisa memaksimalkan waktu dalam pencarian tenaga kerja baru. Mungkin para kryawan yang bekerja dalam bidang penerimaan harus diperbanyak dan semua pekerjaan harus berjalan dnegan efektif seperti ciri-ciri adminitrasi publik.

7. Mengatasi Kondisi Geografis

Tidak bisa dipungkiri bahwasanya kondisi geografis ini akan menjadi salah satu kendala umum mengapa seseorang tidak mendapat pekerjaan yang layak. Karena kita tahu jika misalnya daerah yang terpelosok dan terpencil akan lebih sulit diakses dan ini akan menyebabkan kurangnya lapangan kerja di sana. jadi, sebisa mungkin selalu sediakan lapangan kerja baik dari pemerintah maupun mendorong pihak swasta untuk mengembangkan potensi yang ada di daerah tersebut.

8. Kebijakan Pengupahan

Setidaknya, pemerintah harus memiliki kebijakan tentang pengupahan agar nantinya bisa melindungi para pekerja dari pembiayaan atau pengupahan yang sangat minim dan sangat tidak sesuai dengan waktu dan pekerjaan yang mereka jalani. Ini juga akan termasuk dalam menangani masalah pihak swasta yang semena-mena meberikan waktu keja berlebihan dnegan upah yang sangat minim.

9. Menegaskan Untuk Menggunkan Tenaga Kerja Daearah

Biasanya, akan ada banayak pihak swasta yang membuka sebuah perusahaan ataupun industri di sebuah daerah namun selalu merekrut pekerja dari luar daerah tersebut hingga pemuda daerah terasingkan di daerah mereka sendiri. Jadi, sangat dibutuhkan sebuah peraturan pemerintah yang bisa menegaskan bahwasanya pemuda daerah sangat dipentingkan bisa ikut andail jika saja di daerahnya terjadi sebuah lapangan pekerjaan yang besar dan membutuhkan tenaga kerja.

10. Memudahkan Pengurusan Usaha

Karena tidak semua orang bisa mendapatkan pekerjaan hanya dnegan menjadi seorang karyawan biasa. Jadi, hal terbaik untuk mengatasi maslah pengangguran yang akan makin banyak adalah dnegan memudahkan saiapapun yang ingin membuka dan mengurus usaha mereka sendiri. Karena pada dasarnya ada banyak sekali potensi di daerah ataupn di lingkungan kita yang bisa kita jadikan untuk ladang usaha dan mengatasi masalah pengangguran yang merajalela ini seperti peluang bisnis dengan kartu kredit.

Sponsors Link

Nah, demikianlah beberapa cara mengatasi masalah ketenagakerjaan yang bisa kita gunakan sebagai solusi terbaik untuk mendapatkan kehidupan yang baik dalam sebuah negara apalagi negara berkembang seperti di Indonesia ini. Masalah ini akan lebih mudah diatasi dnegan adanya kerjasama di berbagai pihak seperti masyarakat dan pemerintah.

, ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi