Sponsors Link

Contoh Kegiatan Ekonomi yang Memanfaatkan Kedua Jenis Sumber Daya Alam

Sumber daya alam memang bisa memberikan banyak manfaat untuk manusia sebagai pemenuh kebutuhan hidup. Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup tersebut dinamakan dengan kegiatan ekonomi dimana manusia melakukan banyak jenis usaha untuk memanfaatkan sumber daya alam yang sudah tersedia. Sumber daya alam tersebut bisa dimanfaatkan atau dikonsumsi secara langsung. Akan tetapi ada juga sumber daya alam yang harus diolah terlebih dahulu sehingga membutuhkan produksi atau pengolahan seperti industri, usaha kerajinan, sawah dan perkebunan. Supaya sumber daya alam dan juga hasil pengolahan bisa tersebar ke berbagai area, maka upaya distribusi juga harus dilakukan yang disebut dengan perdagangan. Agar lebih jelas, berikut kami berikan contoh kegiatan ekonomi yang memanfaatkan kedua jenis sumber daya alam.

  1. Pertanian

Usaha pertanian adalah salah satu bentuk usaha dengan memanfaatkan dua sumber daya alam yakni mengolah tanah dan juga menanaminya dengan banyak jenis tanaman yang menjadi ciri ciri pertanian rakyat. Bentuk usaha pertanian sendiri bisa dibedakan menjadi 3 yakni sawah, tegal dan juga ladang.

  • Sawah: Merupakan bentuk pertanian pada lahan basah dimana hasil utama dari pertanian lahan tersebut adalah padi dan Indonesia merupakan negara penghasil beras yang bahkan juga pernah mengekspor beras meski sekarang Indonesia yang mengimport beras dari luar negeri akibat kebutuhan masyarakat yang terus meningkat namun hasil pertanian terus menurun.
  • Tegal: Tegal adalah bentuk pertanian yang dilakukan pada lahan kering sehingga tidak butuh banyak air. Umumnya tegal hanya mengandalkan air hujan dan hasil yang bisa diperoleh diantaranya adalah nanas, tebu, jagung, singkong serta ubi yang menjadi salah satu usaha pertanian menjanjikan saat ini.
  • Ladang: Ladang adalah bentuk pertanian yang dibuat dengan cara membuka hutan. Hutan nantinya akan dibakar dan ditebang lalu ditanami kembali. Ladang sendiri bisa dibuat berpindah pindah namun bisa menyebabkan kerusakan hutan dan beberapa hasil dari ladang diantaranya adalah gandum, singkong serta sayur sayuran.
  1. Perkebunan

Perkebunan yang juga menjadi salah satu kegiatan ekonomi yang memanfaatkan dua sumber daya alam terbagi menjadi dua yakni perkebunan pada dataran rendah dan juga perkebunan pada dataran tinggi. Contoh ekonomi agrikultur atau perkebunan terbesar Indonesia adalah kelapa sawit yang menempati urutan kedua di dunia. Selain itu, Indonesia juga terkenal dengan negara penghasil rempah seperti lada dan juga pala.

  1. Perikanan

Usaha perikanan terbagi menjadi dua yakni cara bisnis ikan laut konsumsi dan juga darat. Perikanan laut adalah bentuk usaha untuk menangkap ikan di laut seperti tongkol, bandeng, bawal, cumi cumi dan juga udang. Wilayah Indonesia yang dua pertiganya merupakan lautan tentu sangat kaya dengan ikan yang bahkan banyak nelayan ilegal asal luar negeri ditangkap karena menangkap ikan di wilayah Indonesia. Ini bisa terjadi karena sistem pengamanan yang kurang dan kesulitan saat menangani wilayah laut Indonesia yang sangat luas.

Sementara perikanan darat adalah bentuk perikanan dengan cara menangkap atau memelihara ikan selain yang ada di laut seperti sungai, aquarium, empang dan juga kolam. Beberapa hasil dari perikanan darat diantaranya adalah lele dimana keuntungan bisnis lele sangatlah besar, mujaer dan juga ikan mas. Selain untuk kebutuhan pangan, perikanan darat juga sering digunakan sebagai hiasan sebab ada banyak bentuk ikan yang sangat indah sehingga cocok dipelihara sebagai ikan hias seperti arwana, louhan dan juga koi dengan harga yang bisa mencapai jutaan Rupiah per ekor.

  1. Peternakan

Usaha agrabisnis peternakan adalah usaha untuk memelihara hewan agar bisa dikonsumsi atau dijual. Usaha peternakan di indonesia biasanya masih menggunakan cara tradisional dan usaha peternakan sendiri dibedakan menjadi tiga berdasarkan jenis hewan yang diternakkan, yakni:

  • Ternak hewan besar: Seperti sapi, kerbau dan kuda.
  • Ternak hewan kecil: Seperti kelinci, kambing dan babi.
  • Ternak hewan unggas: Seperti ayam, bebek, itik dan angsa.
  1. Kerajinan

Kerajinan juga menjadi kegiatan ekonomi yang memanfaatkan dua sumber daya alam dalam membuat sebuah keterampilan tertentu dimana cara menciptakan peluang usaha kerajinan sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seseorang yang melakukan usaha tersebut dinamakan dengan pengrajin dimana bahan bahan yang tidak terlalu berguna akan diubah tangan terampil menjadi barang lebih berguna dan menarik. Ada banyak bahan yang bisa digunakan dalam kerajinan seperti tanah liat, bambu, daun pandan, barang bekas, batu dan masih banyak lagi. Sedangkan hasil dari kerajinan tangan diantaranya adalah tas, gerabah, tikar, patung, souvenir dan masih banyak lagi.

, , ,
Oleh :
Kategori : SDA