Sponsors Link

8 Tujuan Ekonomi Pembangunan Negara

Ekonomi pembangunan adalah ilmu yang memfokuskan pada masalah – masalah pembangunan di bidang ekonomi, khususnya di negara-negara berkembang dan terbelakang. Sebagaimana diketahui, pembangunan di negara berkembang membutuhkan perhatian tersendiri karena banyak sekali tantangan yang dihadapi. Tantangan yang harus dihadapi bagi negara berkembang antara lain tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi, tingkat pengangguran yang tinggi sementara lapangan pekerjaan terbatas, jumlah faktor produksi yang terbatas menyebabkan produktivitas nasional pun rendah, ketergantungan pada sektor pertanian dan lain lain. Untuk itu langkah strategis dalam pembangunan sangat diperlukan agar dapat tercapai cara yang efektif dalam meningkatkan kemajuan dan kualitas pembangunan di negara berkembang. Selain itu, mempelajari ekonomi pembangunan sangat bermanfaat dalam membuat keputusan atau menentukan arah kebijakan dalam pemerintahan, BUMN, perusahaan swasta di suatu negara. (Baca juga : fungsi ekonomi pembangunan , Ciri Ciri BUMN)

ads

Pada dasarnya tujuan ekonomi pembangunan adalah dalam rangka menelaah faktor – faktor penyebab tidak meratanya  pembangunan, atau lambatnya pembangunan di negara – negara berkembang dan setelah itu mengidentifikasi pendekatan yang tepat untuk mengatasi masalah – masalah yang dihadapi sehingga perkembangan pembangunan dapat berjalan. Apabila dijabarkan tujuan ekonomi pembangunan, antara lain : (Baca Juga: instrumen investasi )

1. Untuk meningkatkan pendapatan perkapita suatu negara
Pendapatan per kapita adalah pendapatan rata-rata penduduk pada suatu negara dalam jangka waktu tertentu (umumnya satu tahun). Atau biasa disebut PDB (produk domestik bruto) perkapita. Pendapatan per kapita menjadi dasar pengukuran kemakmuran suatu negara. Semakin tinggi pendapatan perkapita nya maka negara tersebut dikatakan makmur. Masalah pendapatan per kapita yang rendah merupakan gejala yang biasa dialami negara berkembang. Pembangunan di bidang yang ekonomi yang baik dapat turut berperan serta memberikan kontribusi menaikkan tren positif pada pendapatan perkapita. (Baca juga : keuntungan investasi saham jangka panjang , konsep pendapatan nasional)
2. Untuk meningkatkan kapasitas produksi suatu negara
Dengan adanya iklim ekonomi yang baik dan kemajuan di beberapa sektor maka kemampuan negara untuk mengerahkan faktor-faktor produksinya menghasilkan produktivitas yang lebih dapat tercapai. Ekonomi pembangunan mendorong terciptanya proses pembangunan yang berkelanjutan dan stabil, dalam kondisi seperti itu negara dan perusahaan memiliki kemampuan lebih untuk terus mengembangkan kualitas dan kuantitas produksinya (baik barang maupun jasa). Meningkatnya kapasitas produksi juga berhubungan dengan tingkat investasi dan saving. Sementara saving berhubungan dengan tingkat pendapatan dan konsumsi. Apabila kapasitas produksi ingin meningkat maka saving harus ditingkatkan pula demikian juga dengan investasi. Lagi-lagi hal tersebut akan terwujud bila pertumbuhan ekonomi negara berada pada tingkat yang konstan atau meningkat. (Baca juga : fungsi produksi dalam perusahaan , fungsi produksi jangka pendek , teori biaya produksi )

3. Untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi
Pertumbuhan ekonomi dan perkembangan ekonomi adalah dua hal yang berbeda. Salah satu pembedanya adalah pembangunan ekonomi lebih menekankan pada pemerataan pendapatan dan peningkatan taraf hidup masyarakat sementara pertumbuhan ekonomi tidak. Pertumbuhan ekonomi adalah proses meningkatnya produk per kapita dalam jangka panjang sementara pembangunan ekonomi merupakan serangkaian proses yang berlangsung secara terus menerus untuk meningkatkan pendapatan per kapita. Pembangunan ekonomi yang baik dan berkelanjutan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. (Baca juga : faktor pertumbuhan ekonomi , Peran Pemerintah Sebagai Pelaku Ekonomi)
4. Menekan tingkat pengangguran
Pembangunan ekonomi dapat memperluas lapangan pekerjaan sehingga peluang para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaannya akan semakin besar. Pembangunan ekonomi biasanya ditandai dengan maraknya investor menanamkan modalnya di Indonesia dan pengusaha yang meluaskan bidang usahanya, menggeliatnya pertumbuhan ekonomi merupakan hal positif yang dapat menurunkan angka pengangguran. (Baca juga : faktor produksi tenaga kerja  , manfaat pasar tenaga kerja)
5. Meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat
Pertumbuhan ekonomi yang baik dapat memicu tingginya konsumsi masyarakat. Tingginya konsumsi masyarakat merupakan salah satu penanda masyarakat sejahtera. Selain itu lapangan kerja yang tersedia juga memberikan kesempatan lebih untuk masyarakat agar meningkatkan taraf hidupnya. (Baca juga : teori perilaku konsumen , instrumen pasar modal)
6. Memajukan sektor teknologi dan pendidikan
Ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi salah satu syarat dasar terwujudnya pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Sementara ekonomi yang stabil akan terus memberikan dampak positif dalam meningkatkan kemajuan di sektor pendidikan dan inovasi. Hubungan timbal balik antara keduanya tersebut menjadi salah satu kunci berhasilnya keseimbangan pembangunan ekonomi. Untuk itu pembangunan ekonomi memberikan indikasi bahwa kemajuan perekonomian tidak bisa dilepaskan dari dukungan oleh  ilmu  pengetahuan dan teknologi, kuatnya hubungan kausalitas antara iptek dan perkembangan perekonomian serta pendidikan dapat menjadi motor utama dalam pembangunan ekonomi yang dinamis dan jangka panjang. (Baca juga : manfaat internet untuk ekonomi , keuntungan investasi properti)

7. Memajukan sektor pertanian dan industri
Majunya sektor teknologi memberikan dampak yang baik untuk sektor pertanian dan industri. Sektor pertanian dan industri merupakan salah satu contoh faktor produksi yang berkembang seiring dengan majunya perkembangan ekonomi dan teknologi. Ekonomi pembangunan merupakan serangkaian proses yang saling berkaitan, begitu pula dengan peningkatan sektor ilmu pengetahuan dan teknologi akan mendukung majunya sektor pertanian dan industri. (Baca juga : ciri – ciri perusahaan manufaktur  , perbedaan CV dan PT)
8. Menciptakan iklim berinvestasi yang baik
Pesatnya pembangunan ekonomi akan meningkatkan kepercayaan investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Selain itu, meningkatnya pertumbuhan ekonomi menandakan sektor industri sedang berkembang, sehingga investor tidak ragu untuk mengembangkan usahanya di Indonesia. (Baca juga : investasi emas , fungsi ekonomi pasar modal)

Ekonomi Pembangunan merupakan proses yang solutif untuk membenahi masalah-masalah pembangunan di Indonesia. Karena dari segi pendidikan, kesehatan, perumahan, angkatan kerja, kependudukan, dan tingkat kriminalitas, masih banyak hal yang harus dibenahi dan diperbaiki guna membentuk sistem ekonomi yang stabil. Selain itu, masalah-masalah pembangunan ekonomi lainnya adalah masalah terkait investasi, ekspor dan impor, saving, bantuan luar negeri, sektor pertanian atau industri dan sektor pendidikan. Pengindentifikasian masalah-masalah tersebut menuntun kepada pendekatan yang baik guna mendorong pertumbuhan ekonomi, yang nantinya akan memperlancar proses pembangunan ekonomi. Hubungan saling berkesinambungan tersebut membutuhkan perhatian dan langkah strategis yang jitu guna mencapai hasil yang baik. Selain itu konsistensi dan evaluasi yang berlangsung terus menerus juga dapat menjadi salah satu kunci keberhasilan ekonomi pembangunan. (Baca Juga: Manfaat Ekonomi Internasional , Manfaat Kerjasama Ekonomi Antar Negara)

, , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi