Sponsors Link

7 Faktor Pembangunan Ekonomi Suatu Negara

Kemajuan dan perkembangan perekonomina suatu negara bisa dilihat dari pembangunan yang dilakukannya. Pembangunan ekonomi adalah sebuah proses yang ditandai dengan adanya kenaikan dari pendapatan total serta kenaikan pada pendapatan perkapita yang dibandingkan dengan terjadinya pertambahan penduduk yang disertai dengan pertumbuhan negara dibarengi dengan adanya perubahan fundamental yang mendasar pada tatanan struktur perekonomian suatu negara. Perlu anda ketahui bahwasannya pembangunan ekonomi tidak akan terlepas dari yang namanya pertumbuhan ekonomi. Keduanya memiliki hubungan yang erat sehingga saling mempengaruhi satu sama lain. Ketika perekonomian suatu negara tumbuh dan berkemabng dengan pesat maka pembangunan yang dilakukannya semakin baik dan maksimal. (Baca juga : fungsi ekonomi pembangunan , Aspek Hukum Ekonomi Pembangunan )

Tentu keberhasilan pembangunan ekonomi suatu negara didukung dengan beberapa fakto penunjang. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai faktor pembangunan ekonomi yakni :

1. Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber daya alam merupakan salah satu aspek penting dalam pembangunan ekonomi, tanpa adanya sumber daya alam mustahil akan terjadi pembangunan. Perlu kita ketahui bersama bahwasannyan sumber daya alam dibagi menjadi dua yakni sumber daya alam hayati dan sumber daya alam non hayati. Sumber daya alam dalam perekonomian berperan sebagai bahan dasar untuk setiap produksi yang dilaksanakan, sumber daya alam menjadi salah satu pemasok bahannya. Hal ini menunjukkan bahwasannya keberadaan sumber daya alam menjadi sangat penting karena tanpa adanya sumber daya alam maka suatu negara akan kebingungan dan mencari bahan ke luar negeri dan itu membutuhkan dana yang tidak sedikit, maka dari itulah dengan tersedianya sumber daya lam yang memadai maka mereka akan menghemat pengeluaran dan membuat produksinya optimal sehingga pembangunan ekonomi akan terlaksana dengan baik.

Artikel terkait : fungsi produksi dalam perusahaan – kebutuhan dasar manusia

2. Sumber Daya Manusia (SDM)

Bukan hanya sumber daya alam yang penting, namun ada satu aspek pendamping yang tak kalah pentingnya yakni sumber daya manusia. manusialah yang menjadi pengelola sumber daya alam yang awalnya mentah menjadi setengah jadi maupun barang jadi. Bukan hanya itu tenaga manusia diperlukan untuk melaksnakan segala kegiatan yang menunjang pembangunan perekonomian. Tentu tidak semua manusia yang bisa dijadikan sebagai agen pembangunan, namun memerlukan manusia-manusia yang memiliki kompeten dan keseriusan dalam melaksnakan kegiatan dan tugasnya. Mengapa butuh manusia yang berkopenten dan berpotensi, karena jika tenaga manusianya tidak memiliki kompeten maka mereka akan kesulitan dalam mengelola sumber daya yang ada dan hal ini malah akan membuat kerugian bagi suatu negara.

Artikel terkait :


3. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)

Ilmu pengetahun dan teknologi menjadi sebuah pelengkap bagi sumber daya manusia untuk mengelola sumber daya alam dengan efektif dan efisisien. Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan dua unsur yang berbeda namun bergabung menjadi satu membentuk satu kesatuan yang penting bagi sebuah pembangunan ekonomi. Ilmu pengetahuan perlu dimiliki dan dikuasai oleh manusia sesuai dengan bidangnya, karena di dalam ilmu pengetahuan terdapat berbagai cara dan taktik dalam mengelola sumber daya alam yang ada agar lebih efektif dan efisien. Selain itu ilmu pengetahuan juga menjadi petunjuk dalam segala tindakannya. Kemudia teknologi juga menjadi salah satu aspek yang dibutuhkan dalam proses pengolahan sumber daya alam. (Baca juga : manfaat internet untuk ekonomi ,  Cabang Cabang Ilmu Ekonomi)

Pada dasarnya keberadaaan teknologi membantu kerja manusia agar lebih mudah dan ringan, teknologipun mampu mempercepat suatu proses pengolahan sumber daya alam dan hal ini akan mampu menghasilkan sebuah keuntungan lebih besar dan cepat daripada tanpa menggunakan teknologi. Mudahnya kita bayangkan ketika masa perekonomian tradisional kebanyakan manusia menggunakan tangan dan itu memerlukan waktu yang lama, begitu juga yang terjadi pada petani dulu menggunakan sapi untuk membajak sawah, namun sekarang lebih praktis dengan adanya traktor, begitu juga proses produksi dalam suatu perusahaan sudah menggunakan mesin-mesin canggih hasil karya perkembangan teknologi. (Baca juga : pengaruh ekonomi dalam pendidikan , Peran Pemerintah Sebagai Pelaku Ekonomi)

4. Sosial Budaya

Perlu anda ketahui bahwasannya sosial budaya menjadi salah satu aspek penting dalam prospek pembangunan ekonomi, sosial budaya ini bisa menjadi penghambat maupun pendorong kemajuan perekonomian suatu negara. Hal ini bisa terjadi karena budaya menjadi salah satu aspek penting dalam diri masyarakat budaya baik dan rajin akan memberikan sumbangsih pada perekonomian begitu juga dengan budaya yang negatif maka akan menghambat kemajuan perekonomian. Aspek sosial pun akan memberikan sumbangsih lebih dalam perjalanan perekonomian karena untuk mendapatkan hasil yang maksimal diperlukan kerjasama yang baik pula, kerjasama tidak akan terbentuk jika masing-masing iondividu tidak memiliki jiwa sosial yang tinggi. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwasannya memang sosial budaya juga menjadi aspek penting dan faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi. (Baca juga : pengertian motif ekonomi , Pengaruh Ekonomi Terhadap Pendidikan)

5. Keadaan Politik

Politik merupakan salah satu aspek yang mempu mempengaruhi perkembangan dan kemajuan perekonomian. Politik bisa menjadi teman dan kawana bagi perekonomian. Politik bisa mempengaruhi kebijkan yang akan diterapkan dalam pasar. Ketika keadaan politik dalam suatu negara menunjukkan kestabilan dan keharmonisan maka laju pertumbuhan ekonomi akan membaik dan pembangunan di dalamnaya akan  terus digiatkan. Berbeda ketika pada saat itu kondisi atau keadaan politik di suatu negara tak menentu smeua pihak berlomba-lomba menjadi yang terbaik, hal ini akan mempengaruhi laju perekonomian dan tentunya bisa berujung pada tersendatnya pembangunan ekonomi suatu negara. Pada dasarnya  kondisi politik yang kondusif akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi semua pihak yang bergelut di dalam perekonomian untuk melakukan sebuah pembaruan dalam sebuah perekonomian sehingga akan berdampak baik pada pembangunan ekonomi yang terjadi. (Baca juga : manfaat ekonomi kreatif , Keuntungan Investasi Saham)


6. Sistem Pemerintahan

Sistem pemerintahan juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi baik buruknya pembangunan ekonomi. Sebelum terlalu jauh membahas ini, mari kita kemabli mengulas bahwa sistem pemerintahan akan membentuk sistem ekonomi pula di negara tersebut. Sistem perekonomian akan menyesuaikan dengan sistem pemerintahan yang ada. Misalkan jika sistem pemerintahan menggunakan sistem lieral maka secara otomatis sistem perekonomiannya menggunakan sistem liberal dimana semua bebas dalam melakukan kegiatan dan aktivitas perekonomiannya. Begitu juga di negara Indonesia yang sistem pemerintahannya demokrasi maka sistem perekonomiannya mengikutinya dengan memberikan kebebasan namun dengan pengawasan dari pemerintahan agar menjadi stabil dan terkendali. Dari penjelasan tersebut bisa kita simpulkan bahwasannya sistem pemerintahan juga akan mempengaruhi pembangunan ekonomi yang ada. Semakin baik sistem pemerintahannya maka pembangunan ekonomipun akan berjalan dengan lancar. (Baca Juga: Fungsi Lembaga Keuangan bukan Bank , Sumber Keuangan Perusahaan)

7. Sarana Prasarana

Dalam semua bidang pasti kehadiran sarana prasarana menjadi penting karena dengan kelengkapannya bisa memberikan kemudahan bagi semua pihak yang bersangkutan dalam perekonomian. Sarana prasarana harus dilengkapi dan disediakan supaya dalam upaya pembangunan ekonomi optimal. Ketika sarana prasarana tidak mendukung upaya untuk melakukan pembangunan ekonomi maka laju pertumbuhan ekonomi, dengan begitu laju perokonomian akan tersendat dan negarapun akan mendapatkan sebuah permasalahan yang komplek. Dengan begitu terlihat jelas kelengkapan sarana prasarana dibutuhkan untuk pembangunan ekonomi suatu negara, selain itu keberadaan sarana prasarana akan mempercepat terjadinya sebuah pembangunan ekonomi. (baca juga : cara investasi emas untuk pemula , Keuntungan Investasi Properti)

Demikian penjelasan menganai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pembangunan ekonomi, dimana faktor tersebut akan mempengaruhi optimal atau tidaknya pembangunan ekonomi yang terjadi. Pembangunan ekonomi  bisa dilakukan tanpa adanya aspek-aspek di atas namun jangan harap pembangunan itu akan berhasil, namun ketika ada satu saja aspek yang terpenuhi maka pembangunan tersebut akan semakin baik, dan jika tambah satu lagi aspek yang bisa dipenuhi maka secara otomatis pembangunan ekonomi itu akan semakin membaik lagi dan begitu seterusnya. Dan pada akhirnya ketika semua aspek terpenuhi maka pembangunan ekonomi akan menjadi sempurna dan akan memberikan sumbangsih lebih kemajuan perekonomian suatu negara. (baca juga : instrumen kebijakan moneter , Ruang Lingkup Ekonomi Moneter)

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Publik