Sponsors Link

7 Cara Bisnis Online di Facebook Agar Sukses

Memulai sebuah bisnis online? Kenapa tidak. Ada banyak platform yang bisa anda jadikan ladang bisnis online, mulai dari web gratisan hingga web berbayar. Bahkan untuk menggunakan web gratisan hingga layanan sosial media tetap merupakan salah satu cara memulai bisnis online dari nol yang menguntungkan. Tidak melulu harus langsung terjun ke dunia bisnis yang menggunakan web berbayar yang tiap bulannya harus mengeluarkan biaya untuk sewa domain. Anda bisa kok memulai sebuah bisnis online hanya dengan menggunakan media sosial.

ads

Salah satu media sosial yang sering di gunakan dalam berbisnis online adalah facebook. Dimana seseorang akan lebih mudah dalam melakukan promosi dan membuat sebuah page promosi. Di zaman yang sudah serba canggih ini, ada banyak hal yang bisa anda lakukan dengan sebuah halaman sosial media, bahkan dalam hal berbisnis online. Karena petumbuhan pengguna facebook kian melejit dari tahun ke tahunnya. Penasaran bagaimana cara melakukan bisnis online di facebook? Yuk simak ulasannya berikut ini :

1. Perbanyak Jumlah Teman

Jika anda ingin menjadikan bisnis online di facebook sebagai salah satu ide bisnis jangka panjang, maka anda harus terlebih dahulu menambah jumlah teman di profil facebook anda. Facebook memang membatasi jumlah pertemanan hingga mencapai jumlah 5000 orang per akun, namun anda bisa menggunakan fitur follow dan membuat postingan anda menjadi publik, hingga bisa tetap diakses orang lain walaupun tidak merupakan salah satu dai list pertemanan facebook anda. Semakin banyak teman dan followers yang anda miliki maka akan semakin banyak yang bisa melihat postingan tentang jasa dan produk bisnis online yang anda promosikan tersebut.

2. Update Status

Ya, anda memang di tuntut untuk lebih sering dan rajin mengupdate status yang berkaitan dengan promosi barang maupun jasa bisnis online yang sedang anda geluti tersebut. Anda memiliki target di mana semua orang atau teman-teman di facebook dapat mengetahui dan berminat dalam menggunakan maupun membeli produk dan jasa yang anda tawarkan bukan? Maka lebih seringlah dalam mengupdate status anda tersebut. Oang orang akan lebih tau dan tertarik jika anda lebih kreatif dalam mengupdate status anda. Tidak perlu meng copy-paste status yang sama setiap menitnya, ini malah dianggap spam dan orang-orang akan mulai berhenti mengikuti anda loh! Tapi pandai-pandailah memilih waktu yang tepat dalam melakukan promosi, misalnya ketika jam istirahat makan siang, waktu santai di sore hari atau di kala malam yang sebagian besar dipakai oleh masyarakat untuk ber-online ria.

3. Lirik Grup Yang Berkaitan Dengan Bisnis Online Anda

Melalui sistem pencarian, maka anda bisa melakukan pencarian bebarapa grup yang memiliki memper aktif yang tentunya sehubungan dengan jenis dan tema dari bisnis online yang sedang anda tawarkan. Ada 2 langkah yang disarankan dalam melakukan pengoptimalan group ini, yaitu dengan mencoba memposting jasa maupun produk bisnis online anda secara berkala kedalam group dan lihat bagaimana responnya. Cara kedua adalah dengan mencari lapak serupa yang di posting kedalam group dan lihat yang mengomentari maupun memberikan like. Add mereka satu persatu, karena mereka akan menjadi calon pembeli yang potensial nantinya.

Sponsors Link

4. Buat FansPage Bisnis Online Anda

Selain melakukan update status dan mensharenya di dalam beberapa grup yang berkaitan. Melakukan pembuatan fanspage juga bisa anda pertimbangkan. Ada banyak jasa yang menwarkan jual beli like untuk sebuah facebook fanspage untuk menaikan ranting fanspage anda. namun, masih ada beberapa cara lain seperti mengundang teman-teman facebook anda untuk membantu memberikan like fanspage anda tersebut. Jangan lupa untuk melakukan pengelolaan yang baik, jawablah semua pertanyaan baik itu berupa komentar maupun pesan private dengan secepat mungkin. Orang-orang cenderung lebih suka menggunakan jasa sebuah bisnis yang pelayanannya baik dan fast respon.

5. Tingkatkan Edge Rank Anda

Salah satu ciri-ciri usaha yang potensial adalah usaha yang banyak mendapatkan peanggan dan diminati banyak orang. Sedangkan jika anda menggunakan facebook sebagai wadah berbisnis online, maka setidaknya anda harus menaikan edgerank profil facebook anda terlebih dahulu. Postingan anda akan ada di newsfeed atau beranda sebagian besar teman-teman facebook anda walaupun telah lama di posting atau bukan status baru. Cara untuk menaikan edgerank adalah :

ads
  • Rutin memposting status hingga sebagian teman akan sadar dan mengetahui tentang profil facebook anda, banyaknya kunjungan ke profil akan otomatis menaikan level edgerank.
  • Setakan link maupun foto dan video di setiap postingan anda. Daripada anda hanya memposting status bisnis online yang hanya berupa tulisan, lebih baik anda menyertakan video, gambar maupun lin terkait, tentunya ini akan menambah minat dari para pembaca untuk mengetahui lebih lanjut isi dari postingan anda.
  • usahakan postingan anda menarik hingga mendapatkan banyak komen, like bahkan share. Setiap ada yang menglike maupun mengomen dan menshare status yang telah anda buat beberapa waktu yang lalu, maka akan tetap muncul di “beranda” facebook teman anda.

6. Spam Like

Walaupun mungkin tergolong sedikit menggangu” namun ini diperlukan dalam melakukan bisnis online di facebook. Anda tentunya mebutuhkan banyak like agar postingan anda tetap berada di halaman utama beranda facebook teman-teman facebook anda. Tidak terlalu sulit untuk mendapatkan like, ada banyak fasilitas gratisan yang menawarkan fasilitas boom like, namun anda juga harus berhati-hati terhadap pencuian data akun atau bahkan terkena hack. Cara lainnya adalah dengan memberikan spam like pada orang lain hingga mereka juga tertarik untuk memberikan hal yang sama.

7. Strategi Penjualan

Jika anda mampu dan ahli dalam melakukan promosi maka anda akan mampu juga menarik minat para calon pembeli. Berikan beberapa buti real dari servis, jasa maupun produk bisnis yang anda tawarkan. Seperti memberikan foto-foto barang asli, memberikan testimoni pelanggan sebelumnya dan memberikan promo menarik. Jangan hanya memberikan kata-kata manis ala penjual yang menyertakan beberapa testimoni palsu dan bahkan sebagian gambar yang di comot dari web gratisan. Memang tidak ada larangan, namun membuat pembeli lebih yakin dan percaya dengan memberikan bukti nyata itu juga merupakan salah satu kajian dari ciri-ciri bisnis beretika.

Jika anda sedang melakukan bisnis online di facebook dengan cara menjual sebuah produk, maka berikut beberapa tips yang patut anda pertimbangkan :

  • Berikan keyakinan penuh pada pelanggan maupun calon pelanggan akan bisnis anda merupakan salah satu yang tepercaya sekaligus berkualitas.
  • Berikan rasa aman dan keyakinan agar para pembeli tidak takut maupun ragu dalam bertransaksi dengan cara mengunggah bukti penjualan atau resi pengiriman.
  • Perhatikan juga masalah lamanya pengiriman dan pengemasan produk agar lebih rapi dan lebih cepat.
  • Usahakan produk yang anda tawarkan merupakan salah satu produk yang memang memiliki banyak penggemar

Kesuksesan sebuah bisnis tidak hanya tergantung dari uniknya sebuah produk, namun ada berbagai aspek lain yang mempengaruhi seperti pelayanan, kosekuaensi dan keamanan. jangan pernah ragu dalam berusaha dan tetap mengembangkan bisnis online di facebook anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Bisnis Online