Sponsors Link

11 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Agar Sukses

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kemajuan zaman, pernahkah terfikir oleh kalian untuk membuka sebuah bisnis yang benar-benar akan anda rintis dari awal atau dari nol? Ataukah anda adalah seseorang yang masih merasa ragu akan memulai jenis bisnis apa yang kemungkinan bisa berkembang dan minim kerugian? Jangan khawatir, karena semua orang tentunya memiliki masalahnya masing-masing. Ada banyak peluang usaha yang bisa anda kembangkan. Menjalankan sebuah bisnis baik secara offline maupun online. Namun, jika anda hanya memiliki modal yang minim, maka di sarankan untuk mencoba sebuah bisnis online.

ads

Mengapa demikian? Karena untuk memulai sebuah bisnis offline, tentunya anda harus mendapatkan sebuah lokasi dan tempat untuk menjadi sebuah wadah bisnis anda, bukan? Dan bagi anda yang tidak memiliki tempat tentunya harus menyewa dan mencari alternatif lain. Namun, jika anda membuka sebuah bisnis online maka sebuah toko atau wadahuntuk menampung bisnis tidak terlalu di wajibkan, karena anda hanya perlu menuangkan segala ide usaha dan produk maupun jasa yang anda miliki di sebuah website online tersebut. Berikut kami sajikan beberapa langkah awal memulai bisnis online dari nol tersebut :

1.Tentukan Jenis Jasa Maupun Produk Yang Akan Anda Jual

Sebelum memulai sebuah bisnis online, maka anda harus menentukan apa yang akan anda tawarkan, bisa berupa jasa, bisa berupa produk atau bahkan kedua-duanya. Walaupun anda mendapatkan sebuah ide dan tema untuk bisnis online anda, tentunya sudah ada beberapa pesaing di luar sana yang memiliki ide yang sama. Salah satu yang bisa anda coba adalah ide bisnis makanan online. Karena makanan selalu di minati dan bekembang mengikuti trend dan anda juga bisa mengembangkan kreatifitas anda dalam menciptakan suatu produk makanan baru.

2. Tawarkan Jasa dan Keahlian

Walaupun jenis produk anda mungkin tidak terlalu menarik dan unik, namun anda bisa memiliki nilai jual jika bisa menawarkan sederetan keahlian yang bisa menjadi poin plus. Seperti cara memulai bisnis makanan, maka setidaknya anda harus berengalaman dalam bidang kuliner atau memiliki background yang mumpuni. Seperti ketika anda memberikan pelayanan tentang perawatan kulit maka jika anda memiliki background sarjana maka akan membantu dalam mempromosikan jasa di website online yang anda kelola.

3. Daftarkan dan Buat Nama Domain Anda

Sperti beberapa nama bisnis online yang sudah sukses sebelumnya, pilihlah nama domain yang menarik dan singkat hingga orang-orang akan mudah mengingat dan mengetahuinya. Anda bisa menguji dan mencari beberapa nama domain yang masih tersedia dan bisa di pakai dengan cara mengunjungi situs web yang memberikan jasa registrasi domain terpercaya. Daftarkan segera sebuah nama domain yang menarik perhatian anda.

Sponsors Link

4. Carilah Web Hosting Terpercaya

Walaupun anda bisa menggunakan layanan web hosting yang bersifat gratisan, namun jika anda menginginkan bisnis jangka panjang dan serius dalam mengelola bisnis online tersebut maka anda juga harus mencari dan mempertimbangkan untuk menyewa layanan web hosting terpercaya dan berbayar hingga menyediakan semua fasilitas layanan yang anda butuhkan dan ini juga prinsip yang sama dalam cara memulai bisnis startup.

5. Pembuatan Toko Online

Apapun gaya anda anda tetap harus mengekpresikan hal tersebut kedalam situs web online yang akan anda jadikan bisnis online awal anda. Sentuhan professional harus tetap ada agar prinsip-prinsip bisnis terpenuhi dan orang-orang tetap percaya akan kevaliditas jasa maupun produk yang anda tawarkan walaupun tema dari situs web online yang anda pakai memiliki tema nyentrik, elegan, funny atau klasik. Pastika desain dari situs toko online anda tetap pas dan sesuai dengan jenis produk maupun layanan jasa yang anda tawarkan.

6. Rekening Penjualan Bisnis Online

Anda di haruskan memiliki rekening sendiri untuk di gunakan dalam bisnis online ini, semakin bayak fitur pembayaran yang anda janjikan maka semakin nyaman para pelanggan untuk melakukan akses dengan bisnis anda. Gunakan juga beberapa pembayaran lain selain rekening bank lokal seperti paypal, bitcoin atau beberapa pembayaran bank vertual lainnya yang di gandrungi dan memungkin untuk anda akses.

Sponsors Link

7. Optimalkan Sosialisasi

Membuat bisnis anda di kenal dan di ketahui di mana mana adalah kuci keberhasilan tentang apapun kreasi bisnis online yang anda pilih. Manfaatkan beberapa layanan media sosial yang sering menjadi tempat favorit dalam promosi seperti facebook, instagram, twitter ataupun path. Lakukan promosi secara optimal juga di berbagai web gratisan lainnya.

8. Affliasi

Ada banyak sekali webmaster terkemuka yang mengandalkan program affliasi untuk membantu menambah jumlah pemasaran produk mereka. Biasanya bergabung mejadi seorang member pada program affliasi ini gratis tanpa bayaran. Nah, ini adalah peluang dimana anda bisa membantu memasarkan dan mendapatkan komisi, atau anda juga bisa menggunakan fasilitas tersebut untuk membantu menjualkan layanan maupun produk bisnis online yang anda tawarkan.

9. Situs Layanan Iklan 

Ada banyak situs iklan yang akan membagi penghasilannya kepada pemilik web online, dengan memasang salah satu iklan atau beberapa iklan di toko online atau website bisnis online anda tentunya akan menambah pundi-pundi uang anda dalam berbisnis online. Para pemilik web master terkemuka selalu menggunakan jaringan layanan ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan selain dari pelayanan jasa maupun produk bisnis mereka sendiri.

10. Jual Produk Digital

Selain menyediakan jasa pelayanan maupun menjual produk lain yang berbentuk fisik. Anda tentunya bisa menjual produk digital yang sekarang ini lebih di gemari karena lebih praktis dan simpel. Ada banyak jenis produk yang bisa anda tawarkan mulai dari e-book, video learning, layanan jasa perbaikan atau maintenance website dan jual beli tema.

11. Optimalkan dan Targetkan Omset

Anda harus memiliki target pendapatan, walaupun pada awalnya hanya akan sedikit atau bahkan belum menghasilkan sama sekali. Namun sangat penting dalam mengoptimalkan target agar anda tetap terpicu dan berusaha lebih giat dalam mengoptimalkan bisnis online yang anda kelola tersebut. Sesuatu yang tidak memiliki target dan dasar akan mudah goyah dan seperti sebuah bangunan tanpa pondasi. Jika anda telah memiliki target maka kejarlah target tersebut dengan lebih gigih kedepannya.

Tips :

  • Tingkat kesulita dalam membangun sebuah bisnis online sebenarnya sangat tergantung dari seberapa optimal anda melakukan riset dan kuatnya fondasi yang telah anda bangun dari awal sebelum menjalankan bisnis tersebut. akan lebih mudah jika anda tidak melupakan poin penting dan esensial dalam menjalankan sebuah bisnis online tersebut.
  • Gunakanlah metode dan sistem bisnis yang sebelumnya telah terbukti ampuh dan mudah di jalankan.
  • Layanan tagihan adalah salah satu poin yang wajib anda perhatikan. Tentunya para pembeli memerlukan pelayanan yang berbeda dan menjadi tugas anda dalam menyediakan pelayanan yang seoptimal mungkin agar mereka merasa nyaman dan tidak terbebani.

Demikianlah kiat dan cara agar anda bisa memulai bisnis online bahkan dari nol sekalipun. Berusaha tetap berjuan dan memberikan pelayanan terbaik adalah kunci sukse di setiap memulai bisnis apapun.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis