Sponsors Link

15 Cara Memulai Bisnis Online Shop Bagi Pemula

Sering kali masalah modal menjadi sebuah kendala utama ketika seseorang ingin memulai sebuah bisnis dan berjualan. Apalagi untuk seorang pemula yng tentunya masih di landa ketakutan akan memulai sebuah bisnis yang akan memakan dana yang cukup besar. Namun jika ada yang lebih murah dan lebih mudah untuk di kerjakan kenapa tidak? Ya, dengan seiring majunya teknologi dan berkembangnya zaman, sekarang ini bisnis tak melulu harus mengeluarkan banyak dana dan harus memiliki toko atau tempat yang nyata dan utuh.

ads

Jawaban dari permasalahan tersebut adalah bisnis online shop. Anda hanya perlu mempelajari cara memulai bisnis online dari nol yang ramah dan cukup mudah bahkan untuk para pemula. Bahkan anda tidak di beratkan untuk memiliki sebuah tempat untuk berbisnis jika mencoba berbisnis online ini. Selain lebih fleksibel, anda juga bisa belajar menjadi seorang pebisnis tanpa pengeluaran banyak modal yang tentunya akan terasa berat di awal usaha. Penasaran bagaimana caranya? Namun, sebelum memulainya, ada beberapa persyaratan atau peralatan pelengkap yang sebaiknya anda siapkan terlebih dahulu yaitu :

  • Laptop atau Komputer : Walaupun anda belum memilikinya secara pribadi, anda bisa meminjam atau menggunakan fasilitas umum seperti warnet agar bisa membuat sebuah akun media sosial atau toko online sebagai sarana atau toko visual anda nantinya. Pelajari juga tips terampuh berbisnis online di facebook ini.
  • Kuota : Ketersediaan kuota dan lancarnya koneksi internet adalah hal yang di utamakan dan dibutuhkan dalam memulai sebuah usaha online shop.
  • Pembuatan Website : Memang akan memakan biaya dalam pembuatan sebuah website yang menggunakan domain berbayar, namun untuk permulaan anda bisa menggunakan domain gratis seperti wordpress dan blogspot sebagai penunjang dari bisnis toko online shop anda.
  • Memiliki Pengetahuan Internet Marketing : Anda di wajibkan mengetahui pola penjualan produk secara online dan memberikan beragam promosi menarik agar para pelanggan tergerak dan menyukai produk anda. Karena berjualan secara online akan jauh berbeda dengan berjualan offline yang akan membuat anda bertatap muka langsung dengan para pembeli.

Mungkin bagi para pemula di butuhkan beberapa waktu untuk bisa memahami dan menguasai teknik dan trik dalam internet marketing atau berjualan secara online tersebut, namun jika anda rajin mencari tau dan mau mencoba maka semua akan terasa lebih mudah. Berikut kami sajikan panduan dan cara agar bisa memulai bisnis online shop bagi para pemula :

  • Siapkan Segala Fasilitas’

Seperti yang telah di jabarkan diatas, bahwa ada beberapa kelengkapan penunjang yang harus anda siapkan. Seperti ketersediaan jaringan dan kuota dan juga PC maupun laptop sebagai sarana dan prasarana anda dalam mebuat sebuah toko visual atau website online shop milik anda tersebut.

  • Tentukan Tema dan Barang yang Akan Anda Jual

Ada banyak ide bisnis yang bisa menjadi fondasi dasar dari bisnis online shop anda, salah satunya adalah ide bisnis makanan online. Tentukan terlebih dahulu di sektor apa anda akan mengeluarkan produk dan menjualnya, bisa di kuliner, fashion dan perawatan.

  • Uji dan Segmentasi Pasar

Cobalah untuk melakukan riset sebelum anda terjun membuat sebuah online shop milik anda sendiri. Bedakan apa yang menjadi ciri khas di berbagai online shop yang mengusung tema sejenis dengan yang akan anda buat. Jika anda sedang berusaha memasarkan produk hand made, maka usahakan bahwa produk anda tersebut memang unik dan kreatif. Jualah dengan beragam harga yang berbeda dan lihat seberapa banyak mereka bisa membayar dan seberapa besar minat konsumen untuk membeli produk anda. Anda juga bisa melakukan riset terhadap tingkat kepuasan konsumen yang sudah membeli produk online shop anda.

Sponsors Link

  • Memulai Dengan Media Sosial

Ada banyak media sosial yang bisa anda gunakan dalam berpromosi dan mengembangkan onle shop anda. Facebook, instagram maupun twitter adalah beberapa jenis medsos yang sering di pakai dan memiliki banyak pengguna saat ini. Buat akun media sosial dan targetkan teman hingga target pasaran anda di dapatkan.

  • Jangan Spam Notif

Walaupun halaman media sosial anda bisa menjadi media promosi yang bagus, namun hindari untuk melakukan spamming ya! Gunakanlah dengan bijaksana, kadang para online shop akan mentag beberapa orang secara acak dan kemungkinan tidak semua dari mereka yang menyukai ide ini. Gunakanlah fitur update status di facebook dan jangan mengupdate status secara sering.

Sponsors Link

  • Buatlah Katalog

Anda bisa mengembangkan Ide bisnis anti mainstream anda dengan mengembangkan online shop dan membuatkan katalog agar para pembeli lebih mudah mencari produk yang mereka inginkan. Manfaatkan beberapa web gratis dan media sosial untuk memajang katalog produk anda dengan memajang foto produk yang menarik, detail tentang produk tersebut dan manfaat dari produk. Dengan memberikan kemudahan berupa katalog tersebut anda bisa memberikan kemudahan bagi para pembeli dalam mengetahui jenis, harga dan bagaimana kondisi produk online shop yang anda tawarkan. bahkan anda bisa memantau bagaimana traffic dari pengunjung halaman bisnis online shop tersebut.

  • Kelengkapan Informasi

Karena para pembeli tidak bisa melihat dan mengetahui secara langsung kondisi barang yang anda tawarkan, maka anda harus memberikan informasi selengkap mungkin, agar mereka bisa mengetahui dan menghilangkan keraguan yang mungkin menjadi salah satu faktor mereka tidak menggunakan jasa online shop anda. Jika anda mendapatkan beberapa testimoni jangan rragu untuk menampilkannya, ini akan membangun dan menambah kepercayaan para calon pembeli. Usahakan untuk selalu kooperatif jika mereka mengalami kendala atau menyakan beberapa detai tentang produk yang anda jual. Semakin bagus dan handal pelayanan anda maka mereka akan semakin nyaman dan lbih mempertimbangkan dalam menggunakan jasa online shop anda tentunya.

  • Chat Service

Sebagai wadah dan tempat untuk menghubungkan anda dengan mudah ke calon pembeli, maka anda bisa menambahkan fitur “chat”. Biasanya beberapa website online shop akan memasang fitur ini agar para pelanggan bisa langsung berkomunikasi jika anda sedang online. Sediakan juga kontak anda yang bisa mereka akses apabila ada beberapa pertanyaan yang memang membutuhkan jawaban dan layanan dari anda. Ingat bahwa pelanggan adalah raja, ya!

  • Tingkatkan Pelayanan

Salah satu ciri-ciri usaha yang potensial adalah usaha yang banyak mendapat respon dan pelanggan. dan untuk mendapatkan hal tersebut anda tentunya harus lebih peka dan memberikan pelayanan terbaik agar para pembeli tetap mempercayakan usaha online shop anda dan tentunya sebuah pelayanan yang prima akan menarik perhatian pembeli lainnya. Lakukanlah Pelayanana seramah dan seinformatif mungkin agar anda bisa menarik minat para calon pembeli.

Beberapa cara dalam memulai sebuah bisnis online shop untuk pemula diatas tentunya bisa langsung anda praktekan sekarang tanpa haarus menunggu lagi. Anda harus lebih jeli melihat bagaimana permintaan pasar, persaingan harga dengan para kompetitor dan meningkatkan kualitas pelayanan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Bisnis Online