Modal Ventura: Pengertian – Ciri dan jenisnya

Kali ini kita akan membahas tentang modal ventura dari pengertian sampai kelebihan dan kekurangan dari modal ventura.

Lebih jelasnya mari kita simak penjelasan berikut.

Pengertian Modal Ventura

Pengertian Secara Umum

Secara umum modal ventura adalah suatu kegiatan investasi dana atau modal yang akan menjadi rekan pengusaha swasta atau mitra bisnis dalam periode tertentu.

Pengertian Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian modal ventura dari para ahli:

  • Hasanuddin Rahman
    Menurut Hasanuddin Rahman, pengertian modal ventura adalah penanaman modal kepada suatu perusahaan dimana penanaman modal tersebut mengandung risiko.
  • Martono
    Menurut Martono, pengertian modal ventura adalah modal yang ditanamkan pada usaha yang memiliki risiko, dimana tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan berupa bunga atau dividen
  • Dahlan Siamat
    Menurut Dahlan Siamat, pengertian modal ventura adalah modal yang ditanamkan pada usaha yang mengandung risiko, baik dalam penyertaan modal saham, obligasi konversi, maupun pinjaman yang dapat dikonversi menjadi saham.
  • Amelia Widhesti
    Menurut Amelia Widhesti, pengertian modal ventura adalah suatu pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal pada suatu perusahaan pasangan usaha yang ingin mengembangkan usahanya dalam jangka waktu tertentu.
  • Munir Fuady
    Menurut Munir Fuady, modal ventura adalah suatu pembiayaan oleh investor dalam bentuk penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan untuk jangka waktu tertentu, dimana setelah jangka waktu tersebut lewat, pihak investor akan melakukan divestasi atas saham-sahamnya.
  • Neil Cross
    Menurut Neil Cross, modal ventura adalah suatu pembiayaan yang mengandung risiko, Biasanya dilakukan dalam bentuk partisipasi modal terhadap perusahaan-perusahaan rintisan yang mempunyai potensi berkembang yang tinggi.

Sejarah Modal Ventura

Sejarah modal ventura secara internasional

Perkembangan sejarah modal ventura dalam arti modern di mulai pada akhir dasawarsa 1960-an di Amerika Serikat, tepatnya di negara bagian California telah dikembangkan sistem pembiayaan lewat modal ventura.

Jauh sebelum itu sebenarnya pembiayaan semacam modal ventura juga telah ada di Amerika.

Pada tahun 1946, George Doproit, seorang guru besar dari Universitas Harvard di kota Boston Amerika telah berhasil menghimpun dana yang menjadi Source of Fund.

Gunanya adalah untuk membiayai dan mengembangkan penemuan-penemuan baru bagi para ilmuwan, dan membiayai para intrepreneur kecil yang mempunyai ide-ide terobosan tetapi kekurangan dana.

Pada tahun 1958, di Amerika telah diundang kan Small Business Invesrment Company, untuk mendorong pengusaha-pengusaha kecil yang bergerak di bidang modal ventura dengan fasilitas pinjaman lunak dan keringan pajak.

Bisnis modal ventura mulai menemukan jati dirinya dan berkembang sampai ketahapan modern, seperti yang dipraktekkan saat ini adalah tidak terlepas dari kisah sukses yang legendaris dari perusahaan Apple Computer, yang memang dibesarkan lewat pembiayaan modal ventura.

Semangat perkembangan modal ventra, yang sangat sarat dengan bakat, petualangan, penemuan ilmu dan teknologi dipadu dengan unsur-unsur pemberian bantuan keuangan yang bersifat humanistis.

Kemudian berkembang juga di negara-negara lain di luar Amerika, seperti negara-negara di Eropa, Asia, dan Australia. Di Jepang, bisnis model modal ventura juga berkembang cukup pesat.

  • Tahun 1963 telah mulai berdiri perusahaan modal ventura, yaitu di kota Tokyo, Osaka, dan Nagoya. 
  • Tahun 1972 berdiri pula suatu badan yaitu Kyoto Enterprise Development, yang bertujuan membantu perusahaan modal ventura. Yang pada tahun 1975 digantikan oleh Venture Enterprice Centre yang didirikan oleh pemerintah Jepang.
  • Tahun 1973, Nomura, yang merupakan perusahaan sekuritas terbesar di Jepang, membentuk perusahaan modal ventura yang disebut JAFCO (The Japan Associated Finance Co. Ltd).

Di Taiwan, pertumbuhan bisnis modal ventura juga terbilang cukup pesat. Perusahaan modal ventura di Taiwan telah ikut memberikan andil terhadap pertumbuhan dan perkembangan industri elektronika.

Antara lain dengan memanfaatkan Venture Capital Fund yang disediakan oleh perusahaan Amerika, Wang Computer.

Di Korea Selatan, bisnis modal ventura juga berkembang dengan pesat. Pada tanggal 28 April 1981 di Korea Selatan telah berdiri perusahaan modal ventura yaitu Korea Technology Development Corporation.

Dengan pemegang saham pemerintah Korea Selatan sebanyak 31 % dan pihak swasta sebanyak 69 %.

Untuk kegiatan modal ventura di Korea Selatan telah diberikan insentif pajak.

Bahkan telah pula diberlakukan Small Business Financial Support Act, yang mirip atau mencontoh dari Small Business Suport Act dari Amerika.

Di India, bisnis modal ventura juga sudah berkembang cukup pesat. Bahkan pemerintah India mendirikan perusahaan modal ventura di beberapa negara bagian di India.

Dan yang paling sukses di antaranya adalah Maharastra State Venture Capital Company dari Bombay.

Karena adanya perusahaan modal ventura inilah, banyak ilmuwan India yang bekerja di luar negeri terdorong untuk pulang kembali ke India untuk bekerja di India.

Sejarah modal ventura secara nasional

Perkembangan modal ventura di Indonesia sarat dengan unsur idealisme, yaitu idealisme untuk memperkecil perbedaan antara pengusaha berpendapatan besar dan pengusaha berpendapatan kecil.

Sejarah perkembangan modal ventura di Indonesia dapat dibagi dalam tiga periode, yaitu:

  • Modal Ventura dalam Periode Informalistik.

Periode informalistik ini sudah lama ada dalam masyarakat Indonesia.

Hal ini terlihat dalam masyarakat Indonesia, baik masyarakat asli atau keturunan seperti China dan India, yang sudah terbiasa saling membantu antar sesama anggota keluarga dalam arti luas.

Misalnya, seseorang yang mempunyai modal, kemudian membantu bisnis kerabatnya dengan jalan memberikan bantuan modal, dengan kesepakatan bahwa hasil dari bisnis yang bersangkutan akan dibagi di antara mereka.

Kesepakatan seperti itu sudah meresap dalam masyarakat Indonesia, yang mirip dengan kesepakatan bisnis modal ventura.

  • Modal Ventura dalam Periode Formatif.

Dalam masa formatif ini, bisnis modal ventura sudah mulai memperlihatkan bentuknya, sudah mulai melembaga, terencana dan dengan target tertentu.

Sering disebutkan bahwa ragam modal ventura pada masa formatif inilah yang merupakan prototipe dari perusahaan modal ventura di Indonesia.

Sejarah lahirnya modal ventura di Indonesia tidak bisa dipisahkan dengan kelahiran suatu badan usaha milik negara, yang bernama P.T. Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Bahana), yang didirikan pada tahun 1973.

Dengan modal dipegang oleh Departemen Keuangan dan Bank Indonesia. Pendirian P.T. Bahana ini ditujukan untuk membantu perusahaan berskala kecil dan menengah di Indonesia.

Perusahaan itu kebanyakan bergerak dalam bidang industri manufaktur, pengolahan perikanan, pengolahan hasil-hasil pertanian, industri jasa, dan sebagainya.

  • Modal Ventura dalam Periode Legalistik.

Masa perkembangan modal ventura yang legalistik ini ditandai dengan dikeluarkannya peraturan yang mengatur tentang lembaga pembiayaan, termasuk modal ventura ini.

Yaitu dengan keluarnya Keputusan Presiden RI Nomor : 61 tahun 1988 tentang Lembaga Pembiayaan, di mana dalam pasal 2 disebutkan.

Bahwa modal ventura merupakan salah satu kegiatan dari lembaga pembiayaan.

Keputusan Presiden Nomor : 61 tahun 1988 kemudian diejawantahkan lebih lanjut dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 1251. KMK.013/1988 tentang Ketentuan dan Tata ara Pelaksanaan Lembaga Pembiayaan.

Dalam pasal 4 peraturan ini antara lain ditentukan bahwa masa divestasi terhadap saham dari perusahaan modal ventura dari perusahaan pasangan usaha maksimum 10 tahun.

Ciri-ciri Modal Ventura

Berikut adalah beberapa ciri ciri dari modal ventura:

1. Pembiayaan Modal Ventura Bersifat Equity

Bentuk pembiayaan yang dilakukan oleh perusahaan modal ventura ialah dengan penyertaan modal langsung terhadap perusahaan pasangan usaha.

2. Modal Ventura Bersifat Investasi Jangka Panjang

Perusahaan Modal Ventura tak mentargetkan memperoleh keuntungan dengan menjual sahamnya dalam jangka pendek, tapi mengharapkan capital gain sesudah jangka waktu tertentu.

3. Modal Ventura Bersifat Risk Capital

Modal Ventura beresiko tinggi karena pembiayaannya tak disertai dengan jaminan misalnya dengan kredit perbankan.

Tapi, risiko tinggi itu diimbangi dengan harapan mendapatkan return yang lebih besar.

4. Modal Ventura Bersifat Sementara

Walaupun pembiayaan modal ventura berupa penyertaan saham, tapi ada prinsipnya tetap bersifat sementara yakni contohnya ketentuan jangka waktu penyertaan modal ventura di Indonesia maksimum 10 tahun.

5. Keuntungan Berupa Capital Gain dan Deviden

Target Keuntungan yang diharapakan diperoleh perusahaan modal ventura ialah capital gain atau apresiasi nilai saham di samping deviden.

Tujuan Modal Ventura

PT. Bahana Business Development Indonesia adalah perusahaan modal ventura pertama di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa tujuan dari modal ventura:

  • Menumbuhkan dan kembangkan kemampuan UMKM dengan mencari bantuan keuangan tanpa mengabaikan aturan perusahaan yang sehat.
  • Membantu menciptakan situasi bisnis yang sehat bagi UKM untuk tumbuh menjadi bisnis yang andal.
  • Membantu perusahaan yang kekurangan likuiditas.
  • Membantu mendirikan perusahaan baru, di mana risiko kerugian sangat besar.

Manfaat Modal Ventura

Berikut adalah beberapa dari manfaat modah ventura:

  • Dapat meningkatkan efisiensi pemasaran produk.
  • Meningkatkan kepercayaan bank kepada perusahaan rintisan dalam pemberian modal usaha.
  • Meningkatkan likuiditas perusahaan.
  • Membantu memperbaiki kemampuan untuk mendapatkan keuntungan (rentabilitas).

Karakteristik Modal Ventura

Berikut adalah beberapa karakteristik dari modal ventura:

  • Kegiatan yang dilakukan bersifat penyertaan langsung ke suatu perusahaan.
  • Penyertaan dalam perusahaan bersifat jangka panjang dan biasanya diatas tiga tahun.
  • Bisnis yang dimasuki merupakan bisnis yang memiliki resiko tinggi.
  • Keuntungan yang diperoleh berasal dari capital gain, deviden atau bagi hasil tergantung dari penyertaan modalnya di bidang / jenis yang diinginkan.
  • Kegiatannya lebih banyak dilakukan dalam usaha pembentukan usaha baru atau pengembangan suatu usaha.

Landasan Hukum Modal Ventura

Saat ini, modal ventura termasuk lembaga keuangan yang relatif baru. Modal ventura dijelaskan dalam KEPPRES No. 61 tahun 1998 tentang Lembaga Pembiayaan dan juga KEPMENKEU No. 1251 / KMK.013 / 1998 tentang Ketentuan dan Prosedur Pelaksana Lembaga Pembiayaan.

Kedua peraturan ini (KEPPRES dan KEPMENKEU) adalah awal dari sejarah dasar hukum modal ventura di Indonesia.

Selain dua peraturan di atas, modal ventura juga dijelaskan dalam berbagai undang-undang dan peraturan, baik yang sifatnya perdata maupun publik.

1. Hukum Perdata

  • Asas Kebebasan Kontrak

Kontrak modal ventura adalah dokumen hukum utama yang dibuat dan berfungsi secara hukum untuk perusahaan modal ventura dan perusahaan mitra bisnis dengan memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam Pasal 1320 KUH Perdata.

Karena hukum kontrak dibuat secara hukum, kontrak berlaku sebagai hukum untuk perusahaan modal ventura dan perusahaan mitra bisnis (Pasal 1338 ayat (1) KUHPerdata).

  • UU Hukum Perdata

Dasar hukum modal ventura dalam bentuk undang-undang di bidang hukum perdata adalah KUHPerdata.

2. Hukum Publik

Undang-undang tersebut meliputi; Hukum, peraturan pemerintah, KEPPRES, dan keputusan menteri.

  • UU Bidang Hukum Publik
    Dasar hukum utama modal ventura adalah:
    • UU No. 5 tahun 1960 tentang Ketentuan Agraria Dasar dan peraturan pelaksanaan
    • UU No. 3 tahun 1983 tentang Pendaftaran Wajib Perusahaan dan peraturan pelaksanaan
    • UU No. 12 tahun 1985
    • UU No. 7 tahun 1991
    • UU No. 8 tahun 1991 dan peraturan pelaksanaannya.
  • Peraturan tentang Lembaga Pembiayaan
    Peraturan mengenai lembaga keuangan yang mengatur bisnis modal ventura, yaitu:
    • Peraturan Pemerintah No. 18 tahun 1973 tentang Pembentukan PT. Bahana Business Development Indonesia (sebagai perusahaan modal ventura pertama diIndonesia
    • KEPPRES No. 61 tahun 1988 tentang Lembaga Pembiayaan (telah diubah menjadi Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2009 tentang Lembaga Pembiayaan)
    • KEPKEMENKEU No. 1251 / KMK.013 / 1988 tentang Penetapan dan Prosedur Pelaksanaan Lembaga Pembiayaan, diubah dan disempurnakan dengan Keputusan Menteri Keuangan No. 468 tahun 1995.

Mekanisme Modal Ventura

mekanisme modal ventura

Mekanisme pembiayaan modal ventura yang diterapkan disetiap negara lazimnya terdiri dari dua jenis, yaitu:

  • Modal ventura yang langsung dikelola oleh manajemen PMV yang membentuk/mendirikan perusahaan tersebut atau disebut single tier approach.
  • Modal ventura yang pengelolaannya diserahkan pada perusahaan manajemen investasi yang profesional atau disebut two tier approach.

Pembiayaan Dalam Modal Ventura

Sebagai suatu jenis perusahaan pembiayaan, maka pembiayaan modal ventura sangat tergantung pada tahapan operasional dan dari jenis-jenis pembiayaan tersebut.

1. Berdasarkan cara penghimpunan dana

  • Leverage venture capital Leverage venture capital
    Adalah Modal ventura yang bersumber dari suatu PMV dengan sebagian besar penghimpunan dananya dalam bentuk pinjaman dari berbagai macam pihak.
  • Equity venture capital Equity venture capital
    Adalah modal ventura yang bersumber dari dari PMV dengan sebagian besar penghimpunan dananya dalam bentuk modal sendiri dalam berbagai bentuk.

2. Berdasarkan kepemilikan

  • Private ‘Venture-Capital’ Company Private ‘Venture-Capital’ Company
    Merupakan PMV yang belum go public atau belum menjual sahamnya melalui bursa efek.
  • Public ‘Venture-Capital’ Company Public ‘Venture-Capital’ Company
    Merupakan PMV yang telah go public atau telah menjual sahamnya melalui bursa efek.
  • Bank Affiliate ‘Venture-Capital’ Company Bank Affiliate ‘Venture-Capital’ Company
    Merupakan PMV yang didirikan oleh bank-bank yang mengalami surplus dana atau memang mempunyai misi khusus dalam hal modal ventura.
  • Conglomerate ‘Venture-Capital’ Company Conglomerate ‘Venture-Capital’ Company
    Merupakan PMV yang didirikan atau dimiliki oleh sejumlah perusahaan besar, yang banyak terdapat di negara industri.

Jenis-jenis modal ventura

Berikut adalah jenis jenis dari modal ventura:

  • Eguity Financing

Eguity Financing adalah jenis pembiayaan langsung yang dilakukan perusahaan modal ventura dengan melakukan pemberian dana secara langsung kepada perusahaan pasangan usaha serta mengambil bagian dari jumlah saham milik perusahaan pasangan usaha.

  • Semi Equity Financial

Semi Equity Financial ialah jenis pembiayaan dengan cara membeli obligasi konversi yang dibuat oleh perusahaan pasangan usaha.

  • Mendirikan Usaha Baru

Perusahaan modal ventura bekerjasama dengan perusahaan pasangan dalam mendirikan suatu usaha yang benar-benar baru.

  • Bagi Hasil

Bagi hasil ialah jenis pembiayaan pada usaha kecil yang belum punya badan hukum atau yang telah berbadan hukum, dimana kedua belah pihak mendapatkan bagian dari keuntungan yang dihasilkan usaha itu.

Sumber Dana dalam Modal Ventura

Sumber Dana modal ventura berasal dari beberapa sumber yaitu:

  • Investor Perseorangan

Alternatif sumber modal ventura adalah dari investor individu. Menarik investor perseorangan untuk mengikutsertakan dananya ke dalam suatu usaha modal ventura tidaklah mudah.

Hal ini disebabkan bisnis modal ventura memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis investasi lainnya.

  • Saham

Modal ventura di Indonesia masuk ke dalam suatu entitas usaha melalui instrumen pembiayaan saham dengan harapan memperoleh keuntungan dari dividen, benefit lain atas kepemilikan entitas tersebut.

Serta capital gain pada saat melakukan exit untuk sebagian atau seluruh kepemilikan melalui mekanisme Initial Public Offering (IPO) yang dilanjutkan dengan pasar sekunderdan private selling ke investor potensial lainnya.

  • Obligasi Konversi

Modal ventura masuk ke dalam suatu entitas usaha melalui instrumen pembiayaan obligasi konversi dalam upaya memberikan waktu yang lebih banyak sebelum benar-benar memiliki suatu entitas usaha.

Selain itu juga berguna untuk berjaga-jaga agar pembiayaannya masih mempunyai alternatif mekanisme exit melalui pelunasan pinjaman.

  • Bagi Hasil

Instrumen pembiayaan bagi hasil murni sesungguhnya sangat dekat dengan pembiayaan berbasis syariah.

Namun, kenyataannya yang terjadi Indonesia adalah penerapan bagi hasil trtap atau bagi hasil minimum dari outstanding pembiayaan yang mengadopsi pola perbankan dengan flat rate atau effective rate-nya karena berbagai kendala yang dihadapi.

Cara Pembiayaan Modal Ventura

Berikut adalah beberapa cara pembiayaan modal ventura:

  • Pembiayaan Langsung

PMV dapat membiayai langsung PPU yang sudah/akan berbentuk badan hukum.

PMV pun dapat berperan aktif dengan menempatkan wakilnya sebagai anggota direksi maupun komisaris dalam perusahaan tersebut.

  • Pembiayaan Langsung dengan franchise

Pola ini hampir sama dengan pola pembiayaan langsung. Bedanya adalah dalam hal pengawasan yang dilakukan oleh PMV ataupun jasa profesional dapat dialihkan kepada franchisor.

Dalam pola ini, PMV lebih berfungsi sebagai penyedia dana/modal kepada PPU.Biasanya franchisor akan mendapatkan fee dari PPU.

  • Inti-Plasma

Cara kerja pola ini Adalah perusahaan ini membina beberapa perusahaan plasma dalam suatu wadah usaha.

Setiap perusahaan plasma harus mendukung usaha perusahaan inti.

  • Pola Payung

Pola ini merupakan bentuk pembiayaan yang diberikan kepada suatu perusahaan yang dimiliki oleh beberapa orang.

Masing-masing pemilik mempunyai usaha yang saling menunjang satu sama lainnya sehingga nilai lebih yang didapat menjadi lebih baik.

  • Kemitraan

Pola ini harus melibatkan perusahaan besar yang akan membeli produk barang dan jasa yang dihasilkan dari perusahaan mitra binaan.

Pola ini didahului dengan keja sama antar perusahaan besar dengan PMV melakukan pembiayaan kepada PPU ataupun sebaliknya.

Kelebihan dan Kekurangan Modal Ventura

Disetiap kegiatan pasti ada kekurangan maupun kelebihan, Berikut adalah kelebihan dan kekurangan modal ventura.

Kelebihan Modal Ventura

  • Sumber dana bagi perusahaan baru.
  • Adanya penyertaan manajemen.
  • Keperdulian yang tinggi dari perusahaan modal Ventura.
  • Dengan adanya penyertaan modal, perusahaan pasangan usaha dapat mencari bantuan modal dalam bentuk lain.
  • Modal Ventura menaikkan pamor perusahaan pasangan usaha dan perusahaan modal ventura itu sendiri.
  • Perusahaan Pasangan Usaha mendapat mitra baru yang dimiliki perusahaan modal ventura.
  • Mendukung usaha kecil yg berpotensi berkembang dan memperluas kesempatan kerja.

Kekurangan Modal Ventura

  • Jangka waktu pembiayaan yang relatif panjang.
  • Terlalu selektifnya perusahaan modal ventura dalam mencari perusahaan pasangan usaha.
  • Kontrol manajemen perusahaan pasangan usaha dapat diambil alih oleh perusahaan modal ventura apabila menunjukan gejala kegagalan.