Sponsors Link

12 Usaha Agrabisnis Peternakan Paling Laku Saat Ini

Ada banyak jenis usaha yang bisa menjadi penghasilan sampingan bagi anda. Salah satunya adalah usaha agrabisnis peternakan. Usaha jenis ini sudah banyak dipraktekkan dan merupakan ide bisnis jangka panjang yang bisa anda coba. Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan banyak orang yang menekuni usaha agrabisnis peternakan ini adalah karena penghasilannya yang cukup besar.

ads

Jika anda tertarik untuk mencoba usaha agrabisnis peternakan ini, ada beberapa contoh usaha agrabisnis peternakan yang bisa anda jadikan inspirasi. Ada beberapa usaha yang dimulai dengan membutuhkan keahlian khusus namun ada pula beberapa usaha yang dimulai tanpa memerlukan keahilan khusus dan masing-masing contoh memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Dan berikut adalah contoh usaha agrabisnis peternakan yang bisa anda jadikan inspirasi:

  1. Ternak Burung

Usaha agrabisnis peternakan yang pertama adalah ternak burung. Untuk memulainya, anda tidak perlu keahlian khusus seperti yang dimiliki oleh peternak lainnya. Anda hanya perlu tahu kondisi yang dirasakan burung serta hanya perlu rajin memberikan makan.

Dalam segi ekonomi, ternak burung termasuk usaha agrabisnis yang stabil karena harga jual maupun belinya yang cenderung stabil. Beberapa jenis burung yang bisa anda ternak adalah murai batu, burung kace, dan burung love bird. Tidak semua burung dapat anda ternak karena beberapa diantaranya membutuhkan surat izin khusus dari pemerintah seperti jika anda ingin ternak burung Beo dan Jalak Bali.

  1. Ternak Ayam Petelur

Telur adalah salah satu bahan makanan sekaligus sumber protein yang tingkat kebutuhannya semakin tinggi. Bahkan, jika telur dijadikan produk olahan, harganya bisa menjadi lebih tinggi daripada saat masih berupa telur. Inilah kenapa mencoba usaha agrabisnis peternakan ayam petelur sangat menggiurkan.

Sama seperti ternak burung, ternak ayam petelur sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja karena tidak diperlukan keahlian khusus. Hanya saja, jika anda ingin memulainya, anda harus membangun peternakan ayam petelur jauh dari pemukiman warga karena ternak ayam petelur dapat menghasilkan bau yang tidak sedap.

Walaupun permintaan telur ayam cukup tinggi, nyatanya keuntungan yang didapatkan dari menjual satu butir telur tidak terlalu besar. Oleh karena itu diperlukan cara mengatur keuangan agar tidak boros agar usaha agrabisnis peternakan anda dapat bertahan lama.

  1. Ternak Ayam Negri

Sama seperti ternak ayam petelur, ternak ayam negri atau ayam pedaging juga termasuk usaha agrabisnis peternakan yang cukup menggiurkan untuk dijalankan. Pasalnya, kebutuhan akan daging ayam selalu ada dan peluang untuk terus bertambah sangat besar.

Ternak ayam negri termasuk jenis usaha yang banyak dilirik oleh pengusaha muda. Tidak hanya itu, bahkan ternak ayam negri termasuk jenis usaha mikro kecil dan menengah. Hanya saja, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, diperlukan cara pengelolaan yang benar agar terhindar dari kerugian yang bisa terjadi kapan saja.

  1. Ternak Ayam Kampung

Ternak ayam kampung tidak jauh berbeda dengan ternak ayam negri. Hal ini karena ayam kampung merupakan ayam yang dimanfaatkan dagingnya sama seperti ayam negri. Yang membedakan hanya waktu panennya saja yang lebih lama jika dibandingkan ternak ayam negri. Selain itu, pasar ayam kampung juga lebih kecil daripada pasar ayam negri karena hanya beberapa orang saja yang menjual ayam kampung. Jadi, jika anda ingin beternak ayam kampung, ada baiknya anda juga menjual ayam bangkok yang memiliki pasar yang lebih luas daripada ayam kampung itu sendiri.

  1. Ternak Jangkrik

Usaha agrabisnis peternakan selanjutnya adalah ternak jangkrik yang peminatnya juga cukup banyak. Sebelumnya tidak ada yang menyangka bahwa ternak jangkrik bisa menjadi usaha agrabisnis yang menggiurkan. Tapi nyatanya, ternak jangkrik memiliki pasarnya sendiri.

Sponsors Link

Salah satu pasar dari ternak jangkrik adalah peternak burung yang menjadikan jangkrik sebagai pakan burung. Tidak hanya peternak burung, orang yang memiliki hobi memelihara burung juga membutuhkan jangkrik sebagai makanan burung peliharaannya. Bahkan jika mendekati event kontes burung, permintaan jangkrik juga bisa naik beberapa kali lipat banyaknya.

Salah satu penyebab usaha selalu gagal di peternakan jangkrik adalah karena peternaknya tidak tahu apa fungsi dari jangkrik tersebut. Padahal jangkrik adalah salah satu hewan atau serangga yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

  1. Ternak Ikan Lele

Ternak ikan lele termasuk usaha agrabisnis peternakan yang biasa dilirik oleh pengusaha muda. Selain mudah, waktu panen ikan lele pun termasuk singkat: 3 bulan. Bahkan, jika pengelolaannya dilakukan dengan benar, panen lele bisa lebih cepat lagi.

ads

Tidak jauh berbeda dengan cara bisnis properti rumah, ternak lele termasuk jenis usaha yang semakin banyak dicari orang. Pasalnya permintaan akan ikan lele semakin bertambah setiap waktu. Bahkan di Yogyakarta, sebuah media online mangatakan bahwa peternak ikan lele lokal sana tidak bisa memenuhi permintaan ikan lele di Yogyakarta saking banyaknya permintaan. Sebagai solusinya, mereka memenuhi kebutuhan ikan lele dari peternak ikan lele diluar daerah.

  1. Ternak Cacing

Usaha agrabisnis peternakan ternak cacing termasuk yang cukup besar penghasilannya. Salah satu faktornya adalah karena cacing biasanya merupakan komoditas yang cukup berharga di luar negeri sana seperti Jepang dan Belanda. Inilah yang menjadikan penghasilan yang didapatkan dari ternak cacing cukup besar. Terlebih jika anda tahu cara mengatur keuangan bulanan yang bisa menjadikan keuangan anda semakin terkontrol.

  1. Ternak Ikan Nila

Usaha agrabisnis peternakan selanjutnya adalah ternak ikan nila. Jika anda sudah menjalankannya, anda tidak akan lagi dipusingkan dimana akan menjualnya karena ikan nila termasuk jenis ikan yang cukup banyak peminatnya walaupun ketika sudah masuk pasar harganya bisa menjadi cukup mahal. Salah satu target pasar untuk menjual ikan nila yang bisa anda masuki adalah restoran serta hotel.

  1. Ternak Bebek

Dapat dikatakan bahwa ternak bebek termasuk jenis usaha agrabisnis peternakan yang paling menguntungkan. Karena jika anda sudah terjun kedalamnya, anda bisa menjual daging bebek ataupun menjual telurnya untuk dijadikan telur asin. Bahkan, jika anda menerapkan salah satu fungsi manajeman menurut para ahli didalam ternak bebek ini, mungkin penghasilan anda bisa bertambah lagi.

Salah satu faktor yang menjadikan ternak bebek sangat berpotensi untuk sukses adalah karena harga daging bebek yang masih cukup mahal jika dibandingkan dengan daging ayam ataupun daging ikan. Bahkan makanan yang terbuat dari olahan daging bebek bisa mencapai harga yang lebih mahal lagi.

  1. Ternak Kelinci

Ternak kelinci berbeda dengan cara memulai bisnis garam beryodium. Hanya saja, ternak kelinci merupakan jenis usaha agrabisnis peternakan yang cukup populer karena kelinci tidak hanya untuk dikonsumsi tapi juga bisa untuk dipelihara. Walaupun sama-sama kelinci, namun harga kelinci yang digunakan untuk konsumsi cenderung lebih murah jika dibandingkan kelinci yang digunakan untuk peliharaan. Bahkan harga kelinci untuk peliharaan terkadang bisa lebih mahal jika dibandingkan dengan hewan peliharaan kecil yang lainnya.

  1. Ternak Belatung

Mungkin anda tidak menyangka bahwa belatung termasuk binatang yang bisa diternak dan bisa menjadi usaha agrabisnis peternakan. Pasalnya, bagi banyak orang, belatung adalah hewan yang cukup menjijikan karena selalu berada di tempat-tempat yang menjijikan. Namun penilaian itu bertolak belakang dengan dunia medis. Belatung kini banyak diternak karena sudah manjadi salah satu obat mujarab untuk penyakit diabetes. Namun walaupun begitu, belatung tidak langsung dikonsumsi secara bulat-bulat melainkan melalui sebuah proses dimana belatung diekstrak dan dicampur dengan bahan-bahan lainnnya untuk kemudian dimasukkan kedalam pil.

Sponsors Link

Jika anda tertarik untuk mencoba ternak belatung, ada baiknya ada mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan belatung sebagai salah satu cara mengatasi kegagalan dalam berwirausaha. Karena dengan semakin banyaknya pengetahuan yang anda miliki, semakin besar pula kemungkinan anda untuk sukses di usaha agrabisnis peternakan ini.

  1. Ternak Lebah Madu

Sama seperti bebek, ternak lebah madu termasuk jenis usaha agrabisnis peternakan dengan keuntungan yang cukup besar. Karena selain dapat menghasilkan madu, lebah madu juga bisa dijadikan sebagai sarana terapi kesehatan.

Satu hal yang harus anda perhatikan sebelum memulai ternak lebah madu ini adalah suhu lingkungan. Suhu sangat berpengaruh terhadap lebah ataupun kualitas dari madu yang dihasilkan. Suhu lingkungan adalah satu hal yang sangat penting dan harus terus dijaga. Bahkan suhu lingkungan ini termasuk cara memulai bisnis makanan yang sangat dianjurkan agar makanan yang anda buat tetap dalam kualitas terbaiknya.

Itulah 12 usaha agrabisnis peternakan yang bisa anda jadikan inspirasi untuk memulai usaha ini. Walaupun beberapa diantaranya cukup merepotkan untuk dikerjakan, dengan kegigihan dan keuletan, semuanya akan teratasi dengan sendirinya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Peluang Bisnis