Sponsors Link

11 Cara Promosi Yang Baik dan Benar

Pernahkah anda melihat beberapa iklan promosi untuk jasa maupun produk tertentu? Ya, menggunakan promosi adalah salah satu cara dalam mengembangkan dan memberikan pengenalan produk maupun jasa sebuah usaha yang bisa di kenalkan kepada masyarakat luas. Bukankah hal pertama yang akan kita lakukan setelah membuka sebuah usaha atau bisnis adalah mempromosikannya? Tidak salah jika seseorang akan meminta bantuan para penyedia layanan promosi professional agar usaha mereka bisa di promosikan dengan baik dan benar. Karena dengan adanya promosi akan memudahkan pengenalan dan masyarakat akan lebih tau tentang apa kegunaan dan manfaat dari produk maupun layanan jasa yang mereka promosikan tersebut.

ads

Namun sebelum berusaha dan beralih meminta bantuan jasa promosi yang ternama, pernahkah anda memikirkan faktor apa saja yang berperan dalam melakukan sebuah promosi yang baik? Cara promosi yang baik memang memerlukan beberap faktor penting seperti pengaturan kata dan pengambilan gambar atau foto pendukung. Dan jika memang anda tertarik untuk mengetahui dan melakukan sebuah promosi yang benar agar anda tidak lagi memerlukan layanan atau beralih meminta bantuan orang lain. Maka berikut telah kami rangkum beberapa faktor penting dalam cara promosi yang baik  berikut ini :

1. Pemilihan Kata-Kata

Pemilihan kata-kata adalah salah satu hal terpenting dalam promosi. Siapa juga yang bakalan tertarik atau mengerti dengan apa yang anda promosikan jika anda tidak menggunakan kata-kata yang bagus dan baik? Tentunya ini kan menjadi sebuah usaha yang gagal. Cara membuat warung ramai pembeli salah satunya adalah dengan menggunakan promosi yang mudah di mengerti dan menarik pembeli bukan? Tentunya hal pertama yang harus terlebih dahulu yang anda perbaiki dalam cara promosi yang baik adalah penggunaan dari kata-kata dan kalimat yang relevan dan menarik bagi calon pembeli atau pengguna jasa anda.

2. Penggunaan Gambar Menarik

Salah satu pasangan yang di gankan dalam promosi menggunakan kata-kata yang baik adalah penggunaan dari gambar yang menarik. Orang-orang akan lebih berminat melirik iklan promosi yang di sediakan lengkap dengan gambar yang relevan dan menarik. Karena semua orang akan lebih mudah mengingat jika di beri bantuan gambar dari pada hanya di bungkus dengan kata-kata saja. Jadi cobalah melakukan promosi yang baik dengan bantuan gambar menarik untuk memikat calon pembeli dan pengguna jasa yang di tawarkan.

3. Pembagian Sampel Produk

Pernah dengar tentang sebuah produk gratis yang di bagikan agar nantinya masyarakat bisa tau apa yang anda promosikan? Ya, ini adalah salah satu strategi efektif untuk promosi. Bahkan cara promosi jasa make up juga akan melakukan hal yang sama. Dimana para penjual jasa akan dengan senang hati memberikan sebuah pelayanan gratis agar para pelanggannya bisa mengetahui kualitas dari jasa yang mereka tawarkan tersebut. Apalagi jika mereka terkesan dengan jasa tersebut, tentunya dengan senang hati mereka akan terus kembali dan bahkan mengajak orang lainnya utuk mencoba jasa mapun produk anda.

4. Menjadi Sponsor 

Memang terlihat merugikan pada awalnya, namun sebuah event yang didukung oleh sponsor biasanya event besar yang akan menghadirkan banyak orang. Disinilah peranan anda sebagai salah satu sponsor yang akan memasarkan dan mempromosikan produk maupun jasa secara tidak langsung. Nama maupun logo sponsor yang bisa di bbaca banyak orang tersebut akan mengundang simpati dan rasa penasaran hingga akhirnya banyak yang akan mencari tau tentang usaha anda.

ads

5. Layanan Media Online

Saat ini ada banyak cara promosi online yang diminati banyak orang. Kecanggihan teknologi telah membuat masyarakat hanya ingin hal yang mudah dan simpel. Penggunaan media online adalah salah satunya. Dimana mereka tidak lagi harus repot-repot membeli majalah maupun koran untuk melihat beragam berita dan promo menarik. Berbagai media online yang kerap dipakai untuk berinteraksi seperti laman facebook, twitter, instagram dan path adalah beberapa yang sangat sering dipakai waktu ini. Lakukanlah promosi sedemikian mungkin dengan kata-kata yang menarik agar orang lain tertarik dengan usaha anda.

6. Penggunaan Komisi

Bukankah kita akan lebih tertarik dan percaya jika di tawari sesuatu oleh orang terdekat dibandingkan oleh orang asing? Jadi, cobalah menitikkan ke pada target-target kelompok tertentu dan icar beberaa orang yang berpengaruh. Berikan beberapa komisi kepada mereka untuk melakukan promosi di lingkungannya. Ini akan lebih efektif daripada anda harus terjun langsung melakukan promosi.

7. Selebaran

Memberikan selebaran gratis, ini juga pas untuk melakukan promosi bukan? Anda juga bisa melakukan promosi dengan membagikan selebaran promosi atau menempelkannya di tempat-tempat tertentu, asal jangan menggangu usaha dan pekerjaan orang lain, ya! Walaupun beberapa orang yang mendapatkan selebaran promosi akan membuangnya, namun tidak sedikit juga yang akan berusaha mencari tau apalagi jika isi dari selebaran tersebut adalah sesuatu yang mereka butuhkan.

8. Barang Promosi

Selain memberikan produk berupa tester, anda juga bisa memberikan beberapa barang promosi menarik dan bermanfaat seperti kaos maupun kalender yang akan mencantumkan nama dan informasi tentang usaha anda. Karena kedua benda tersebut akan bermanfaat dan sering di gunakan oleh para penduduk. Jadi tidak ada salahnya anda melakukan pembagian barang promosi agar promosi usaha yang anda lakukan bisa berjalan dengan lancar dan mengalami perkembangan yang signifikan.

9. Beriklan Di Blog atau Website

Anda bisa menggunakan website resmi atau blog milik usaha anda sendiri atau menumpang pada blog maupun website orang lain. Tidak ada salahnya anda menumpang berpromosi asal tidak memenuhi ruang komentar dan malah terdeteksi menjadi spam. Lakukanlah dengan baik dan secara sopan agar tidak ada yang merasa terganggu dengan promosi anda.

10. Menjadi Member Forum

Akan ada banyak orang dengan keinginan dan kebutuhan berbeda yang berkumpul dan bergabung di sebuah forum. Inilah salah satu keuntungan dimana anda bisa berpromosi dan memiliki beberapa orang yang akan secara tidak langsung melihat dan bebrapa diantaranya akan tertarik dengan promosi yang anda berikan. Jadilah anggota forum yang baik dan tidak melanggar peraturan tertentu yang di tetapkan di dalam forum tersebut.

Sponsors Link

11. Voucher dan Diskon

Tahukah kamu bahwa metode voucher dan diskon sangat ampuh dalam “mengundang” para pelanggan? Ya, beberapa tawaran menarik akan tetap mengundang minat mereka agar mereka tetap melakukan pembelian dan berlangganan pada anda. Cobalah lakukan beberapa inovasi terhadap tawaran diskon maupun voucher yang bisa anda berikan kepada pelanggan tersebut. Semakin kreatif maka semakin tertarik mereka akan produk anda tentunya.

Nah, demikianlah 11 cara promosi yang baik dan benar yang telah kami rangkum dan tentunya bisa anda terapkan sendiri untuk mempromosikan usaha anda. Tidak terlalu sulit bukan? Sekaligus anda bisa belajar mempromosikan usaha anda sendiri tanpa harus di bantu oleh bantuan jasa profesional lainnya.

 

 

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis