Sponsors Link

7 Tips Memulai Bisnis Rental Mobil – Jitu dan Mudah di Terapkan

Pembangunan infrastruktur jalan merupakan salah satu indikasi kebutuhan kendaraan bermotor mengalami peningkatan yang luar biasa. Beberapa faktor pemicu hal tersebut diantaranya kondisi kendaraan umum yang kurang memadai, serta kemudahan kredit baik mobil maupun motor. Meskipun ada banyak kemudahan bagi masyarakat untuk memiliki kendaraan pribadi berupa mobil, namun biaya perawatan dan pajak kendaraan yang terbilang tinggi membuat sebagian besar masyarakat memilih untuk tidak menggunakan mobil. Lantas bagaimana solusinya? Tentu saja rental mobil.

Bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar, namun keuntungannya cukup menjanjikan mengingat banyaknya permintaan. Apalagi pada hari-hari tertentu seperti menjelang Hari Raya Idul Fitri maupun hari besar lainnya, dimana orang-orang lebih suka pergi berlibur walaupun hanya keliling kota seharian penuh daripada berdiam diri di rumah. Tak tanggung-tanggung, harga sewa per mobil untuk hari libur bisa mencapai dua kali lipat dari hari biasa.

Apakah anda tertarik? Sebelum memutuskan untuk memulai bisnis tersebut, ada baiknya jika anda membaca pembahasan berikut mengenai 7 tips memulai bisnis rental mobil. Mari kita simak bersama!

  1. Menentukan Prospek dan Target Pasar

Hal pertama yang perlu anda lakukan ialah menentukan prospek dan target pasar. Jadi sebelum anda membuka bisnis rental mobil, pastikan bahwa nantinya akan ada banyak orang yang mencari dan membutuhkan usaha anda. Selain itu, anda juga harus mengelompokkan dan menetapkan target pasar yang diinginkan. Hal tersebut akan sangat penting untuk menentukan strategi pemasaran. Kecuali jika persaingan di lokasi anda belum terlalu ketat, anda dapat menjadikan semua pihak sebagai target pasar.

  1. Pemilihan Lokasi Usaha

Pemilihan lokasi usaha merupakan salah satu strategi pemasaran yang terbilang ampuh. Apabila anda memilih lokasi usaha di tempat yang strategis, maka secara otomatis bisnis anda akan mudah dikenali karena banyak dilewati orang atau istilahnya direct marketing. Selain itu lokasi usaha yang strategis artinya memiliki akses mudah dijangkau, terutama oleh konsumen yang hendak menyewa mobil.

  1. Teknik Promosi

Tidak ada bisnis yang tidak membutuhkan pemasaran, karena efektivitas strategi pemasaran akan berpengaruh pada besar penjualan. Hal tersebut juga berlaku pada bisnis rental mobil, walaupun lokasinya dapat dibilang strategis. Mengapa demikian? Jawabannya tentu agar dapat memperkenalkan bisnis anda kepada lebih banyak orang dan memperluas pasar.

Terdapat dua macam teknik promosi yang dapat anda lakukan, yaitu secara offline dan online. Secara offline, anda dapat melakukan promosi dengan cara membagikan brosur dan memperkenalkan dari mulut ke mulut. Sedangkan secara online, anda dapat memanfaatkan internet melalui penggunaan media sosial untuk mempromosikan bisnis anda.

  1. Melakukan Investasi

Sebagai pengusaha rental mobil, sangat mungkin bagi anda melakukan investasi dengan cara memilih jenis mobil yang diminati oleh konsumen, bekerjasama dengan mitra bisnis untuk menyewa mobil, serta memanfaatkan asuransi untuk perlindungan mobil dan usaha anda. Dalam berinvestasi, pastikan anda bijak dan profesional, tidak memberikan perlakuan spesial kepada siapapun.

  1. Menjalin Relasi

Tujuan utama bisnis ialah menjalin relasi, baik dengan konsumen, investor, maupun masyarakat sekitar. Semakin banyak pihak yang memiliki hubungan baik dengan bisnis anda maka akan semakin besar peluang anda mencapai kesuksesan melalui bisnis tersebut. Cara mudah dalam menjalin relasi ialah bergabung pada komunitas dan asosisasi bisnis rental mobil di wilayah anda. Dengan demikian, anda akan memperoleh banyak informasi penting dan saling berbagi pengalaman antar pebisnis dalam bidang yang sama. Selain itu anda juga dapat menjalin relasi dengan masyarakat sekitar dengan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan masyarakat.

  1. Antisipasi Tindak Kriminal

Hal paling penting yang perlu anda waspadai ialah kemunculan orang-orang tidak bertanggungjawab. Mereka biasanya melakukan tindakan kriminal seperti penipuan dan pencurian mobil dengan modus memberikan dokumen palsu. Disinilah anda perlu waspada. Pastikan anda memiliki pengetahuan dan pemahaman untuk membedakan dokumen yang asli dan palsu sebagai tindakan antisipasi melalui rangkaian prosedur tertentu. Misalnya dengan cara menghubungi orang-orang yang tertera pada dokumen.

  1. Menentukan Harga

Anda tidak boleh sembarangan dalam menentukan harga sewa mobil. Penentuan harga sewa akan mempengaruhi besarnya permintaan jasa yang anda tawarkan. Penentuan harga perlu disesuaikan dengan harga sewa di pasar, termasuk apabila anda mengharapkan adanya kenaikan harga pada musim liburan. Oleh sebab itu, ada baiknya jika anda melakukan riset dan survey mengenai berapa harga sewa untuk masing-masing jenis mobil sebelu menentukan harga sewa. Anda juga dapat memberikan fasilitas seperti memberikan kupon potongan harga hingga penggunaan kartu member sebagai strategi penawaran.

Apakah anda tertarik memulai bisnis rental mobil? Jika ya, semoga artikel ini membantu memberikan gambaran kepada anda mengenai bisnis rental mobil. Apabila anda memiliki tips lainnya, silahkan berbagi di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

, , , , , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis