Sponsors Link

2 Jenis Lembaga Keuangan Yang Terdapat Dalam Perekonomian Di Indonesia

Jika kita membahas tentang jenis lembaga keuangan yang terdapat dalam perekonomian maka akan ada lebih dari 2 jenis. Karena, lembaga keuangan ini sendiri adalah kumpulan dari badan usaha yang bergerak di bidang keuangan dan nantinya akan menyertakan fasilitas layanan simpan pinjam kepada para nasabah, phak asuransi dan memberikan beragam jenis tabungan. Berikut penjelasan terhadap jenis lembaga keuangan yang terdapat dalam perekonomian.

ads

1. Lembaga Keuangan Bank

Ini merupakan lembaga keuangan yang nantinya memberikan pelayanan seputar pengelolaan keuangan langsung terhadap masyarakat.  Ini merupakan salah satu lembaga keuangan yang tidak hanya memiliki tugas untuk menyalurkan dan menghimoun dana, tapi juga untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat dan akan memberikan pelayanan seputra perbankan seperti jasa tukar dan terima atau kirim uang.

Jenis-Jenis Lembaga Keuangan Bank

Sedangkan lembaga keuangan bank ini sendiri seperti ciri-ciri lembaga keuangan syariah, terdiri dari beberapa jenis, yaitu :

  • Bank Sentral : Ini adalah lembaga keuangan bank yang di pegang oleh BI atau bank Indonesia. Ini memiliki fungsi utama yakni memaksimalkan dan menjaga nilai rupiah terhadap mata uang asing. Ini juga memiliki fungsi untuk mengawasi bank-bank yang ada di indoneisa, mengatur kebijakan moneter dan devisa.
  • Bank Umum : Ini merupakan pembagian jenis dari lembaga keuangan bank yang akan memberikan pelayanan jasa dalam pembayaran dan bank pengkreditan rakyat yang berfungsi sebagai sarana untuk menerima simpanan yang dibentuk dalam deposito yang memiliki jangka waktu.
  • Bank Perkreditan Rakyat (BPR) : Ini merupakan jenis bank yang nantinya hanya akan menerima jenis deposito yang juga berjangka dan juga laynan tabungan dalam bentuk lain dimana nanti dana tersebut akan disalurkan kepada program BPR. Sedangkan BPR sendiri adalah bank yang memang memiliki tugas memberikan pelaynan pada masyarakat menengah ke bawah.

2. Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB)

Ini merupakan bdan usaha keuangan yang menggunakan kegiatan atau aktifitas di dalam bidang keuangan namun bukan jenis bank dan menggunakan dana serta menghimpun dana untuk investasi. LKBB ini akan melakukan tndakan berikut :

  • Melakukan penghimpunan dana dan juga mengeluarkan surat pernyataan dalam waktu atau sementara.
  • Memberikan pinjaman kredit skala menengah
  • Memberikan peminjaman modal yang bersifat berwaktu atau sementara
  • menjadi penghubung antara hukum dan pihak perusahaan di Indonesia
  • memberikan nasehat keuangan dan menyalurkan pencarian tenaga kerja keuangan
  • melakukan beragam usaha atau aktifitas dalam bidang keuangan

Jenis-jenis Lembaga Keuangan Bukan Bank

Adapun beberapa jenis lembaga keunagan bukan bank yang ada di indonesia adalah :

  • Lembaga yang membiayai pembiayaan pembangunan ini adalah jenis lembaga keuangan yang nantinya akan menggunakan kemampuan dan berfungsi sebagai penyaluran dana untuk sarana pembangunan tanpa mengambil langsung uang dari masyarakat.
  • Perusahaan asuransi : Ini merupakan lembaga yang akan memberikan pelayanan jaminan atas resiko dan penggantian yang mungkin bisa terjadi pada klien mereka termasuk di dalamnya pelaynan kesehatan, kematian atau kehilangan dan kerusakan harta pribadi. Semua orang yang menggunakan program asuransi ini nantinya bisa menggunakan klaim asuransi sesuia dengan perjanjian dan pernyataan premi dan harus melakukan pembayaran secara berkala. Dan tentunya, ada banyak sekali jenis asuransi yang berguna dan memiliki pernanannya masing-masing
  • Koperasi Simpan Pinjam : Nah ini merupakan salah satu lembaga keuangan yang akan memberikan pinjaman setlah anggotanya juga melakukan simpanan dan bunga yang dibebankan bersifat sedikit atau rendah. Ini merupakan salah satu lembaga keuangan yang nantinya akan mendidik supa para anggotanya bisa lebih hemat dan bisa menabung untuk menyisihkan sebagian dari hasil pencaharian mereka secara rutin. Tentunya, dengan adanya koperasi simpan pinjam ini, maka setiap anggota akan lebih mudah jika ingin melakukan peminjaman. Tanpa harus ribet lagi jika hanya ingin meminjam dalam pinjaman rendah dan bunga yang terjangkau.
  • Pengadaian : Ini merupakan salah satu lembaga keuangan non bank milik pemerintah. Di sini, kamu bisa mengadaikand an mendapat pinjaman dalam masa peminjaman pendek dengan memberikan benda atau barang berharga yang akan digadaikan. Tentunya nanti besar pinjaman akan mnyesuaikan dnegan nominal harga barang yang digadaikan tersebut. Ini merupakan lembaga yang akan memiliki tujuan untuk memudahkan masyarakat mendapat pinjaman tanpa harus melakukan beragam prosedur yang rumit.
  • Lembaga Dana Pensiun : Ini juga lembaga keuangan yang dimiliki oleh pemerintah. Dimana lembaga ini nantinya akan memberikan kesejahteraan bagi karyawan tetap yang telah memasuki usia tidka produktif atau lansia dan dilakukan pemutusan kontrak kerja atau pensiun. Dimana dana ini nantinya akan digunakan sebagai bekal untuk menghadapi hari tua.

Nah demikianlah jenis lembaga keuangan dalam perekonomian di Indonesia yang termasuk diantaranya lembaga keuangan bank dan non bank. Dimana setiap masing-masing lembaga ini memiliki pembagian dan tugas masing-masing.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Badan Usaha