Sponsors Link

4 Jenis Laporan Keuangan Pada Perseroan Terbatas

Mengetahui jenis laporan keuangan pada persereon terbatas adalah hal yang sangat penting, apalagi jika anda ingin memulai dan membangun sebuah bisnis. Laporan keuangan sendiria dalah poin penting yang amat sangat berperan dalam kadaan sebuah bisnis. Karena, di dalamnya akan kita temui data dan informasi masalah finan sial dari perusahaan tersebut dan bisa mengetahui bagaimana kemungkinan kehidupan dari perseroan tersebut dikemudian hari. Dan, dengan adanya jenis laporan keuangan pada perseroan terbatas ini seperti jenis laporan keuangan bank syariah kita bisa mengembalikan susunan strategi bisnis yang akan dilakukan nantinya. Berikut 4 jenis laporan keuangan pada perseroan terbatas:

1. Laporan Laba Rugi

Ini meurpakan jenis laporan keuangan yang akan menjabarkan secara umum atau terperinci akan adanya pemasukan dan pengeluaran secara keseluruhan. Hingga nantinya bisa disimpulkan berapa banyak mendapatkan laba atau keuntungan beserta kekurangan atau yang biasa dinamai sebagai kerugian. Ini merupakan informasi yang digunakan untuk menentukan kapasitas keuangan dari perseroan terbatas tersebut. Namun, ini adalah laporan yang nantinya harus mendapatkan beragam aspek agar bisa menghasilkan laporan yang paling baik.

Menurut standar keuangan yang ada di Indonesia, sebuah laporan laba rugi paling baik adalah laporan yang memang sudah mencangkup di dalam nya berupa : aspek laba rugi, aspek pendapatan, beban pajak, hak minoritas dan beban pinjaman. Ini juga mencangkup perbandingan dari hasil laporan dari periode satu hingga periode lainnya yang nantinya akan menggambarkan bagaimana kondisi keuangan laba rugi perusahaan tersebut. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode ekuitas yang akan mengacu pada keuntungan, pendapatajn, kerugian dan biaya yang akan terjadi di setiap jenis aktifitas atau transaksi yang dilakukan. Dan tentunya ini juga mencangkup masalah hak minoritas yang biasanya akan dipergunakan oleh pemilik saham kecil.

2. Laporan Perubahan Modal

Seperti tujuan laporan keuangan, lapoaran perubahan modal ini juga akan memperlihatkan gambaran akan perubahan modal yang sudah didapati oleh perseroan terbatas tersebut dalam kala atau periode tertentu. Tentunya, ini tidak hanya jenis laporan yang mengungkapkan biaya atau informasi jumlah perubahan modal saja, disini anda juga bisa mendapati alasan tentang bagaimana perubahan modal tersebut terjadi. Ini merupakan salah satu jenis laporan keuangan yang digunakan untuk peninjauan bagaimana keadaan modal dan bagaimana cara menghitung jumlah laba maupun rugi yang terjadi dalam periode satu tahun atau tahun-tahun sebelumnya. Ini juga akan menggambarkan bagaimana pengambilan dana yang dilakukan oleh pemilik dana dalam preriode waktu tertentu. Inilah mengapa sangat penting dalam penyusunan laporan keuangan PT di prhitungkan laporan laba rugi.

3. Laporan Neraca

Seperti jenis laporan keuangan lainnya, laporan neraca ini juga memiliki peranan penting dalam info finansial sebuah perseroan terbatas. Ini dinamai dengan istilah balance sheet. Dimana laporan tersebut menggambarkan bagaimana kondisi dari posisi keuangan bisnis, beserta informasi penting di dalamnya. Informasi yang disediakan ini bahkan bisa diketahui dan dilacak sesuai dnegan tanggal dan pelaporan tertentu. Jadi, dengan menggunakan laporan neraca maka nantinya anda bisa melihat bagaimana jumlah keseluruhan dari semua aset atau harta beserta beberapa kewajiban yang perlu dibayarkan seperti piutang dan modal perusahaan.

Untuk membedakan jenis laporan neraca dengan yang lainnya, maka kita terlebih dahulu harus mengenali masalah poin penting dan pendiri dari laporan neraca tersebut. Bahkan, jika ditinjau secara umum, maka laporan neraca ini menggunakan 3 jenis aspek yakni ekuitas, aset serta liabilitas. Hingga nantinya ketiga dari unsur penting laporan neraca ini nantinya akan menghubungkan persamaan dari bentuk akutansi yakni : liabilitas dengan ekuitas sama dengan aset.

4. Laporan Arus Kas

Jenis laporan terakhir adalah laporan yang dinamakan dnegan istilah cash flow atau arus kas. Ini adalah jenis laporan yang memang dipakai untuk menggambarkan bagaimana aliran dana masuk dan juga aliran dana keluar dari arus kas perseroan terbatas tersebut. Ini juga bisa mengindentifikasikan bagaimana nantinya indikator dari jumlah keseluruhan arus kas yang ada di dalam manajemen perseroan terbatas tersebut. Laporan ini juga yang nantinya menjadi bukti pertanggung jawaban selama satu periode masalah arus kas yang ada dan arus kas keluar.

Demikianlah 4 jenis laporan keuangan pada perseroan terbatas yang sangat baik untuk diketahui dan dipelajari. karena nantinya semua jenis laporan keuangan ini lah yang menjadi bahan pertimbangan serat acuan agar anda bisa mengambil keputusan yang tepat untuk mengembangkan dan menjalankan sebuah bisnis. Karena tanpa laporan keuangan , amka pengelolaan akan menjadi sulit dan juga ini bisa menjadi bukti tanggung jawab kepda pihak ketiga yang menanam modal investasi. Jadi, anda akan lebih faham bagaimana cara melakukan perhitungan dalam arus finansial kedepannya.

 

, , ,
Oleh :
Kategori : Badan Usaha