Sponsors Link

Contoh Industri Barang dalam Kehidupan Sehari-hari

Industri adalah istilah untuk menggambarkan kegiatan mengolah bahan baku baik berupa barang mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang dapat memberikan manfaat dan bernilai ekonomis. Kegiatan industri bersifat produktif, dan hasil produksinya memiliki daya jual sehingga dapat menguntungkan secara finansial. Pembagian industri sendiri sangat kompleks, apalagi saat ini perkembangan zaman terus meningkat sehingga bermunculan industri-industri baru. Semakin tinggi dan maju peradaban suatu daerah, maka jenis industri pun akan semakin beragam.

Industri sendiri dapat digolongkan menjadi beberapa kelompok, dan secara umum pengelompokan tersebut didasarkan pada bahan baku, tenaga kerja, modal yang tersedia, pangsa pasar dan penggunaan teknologi dalam proses produksi. Jika kebutuhan masyarakat semakin banyak, maka jenis industri juga akan bertambah banyak. Karena itu, perkembangan industri sangat ditentukan oleh kondisi sosial di masyarakat dan peradaban yang terus berkembang. Secara garis besar, industri terbagi atas dua bagian, yaitu industri barang dan industri jasa.

Pengertian Industri Barang dan Contohnya

Industri barang merupakan industri atau usaha yang mengolah bahan mentah atau bahan baku menjadi barang setengah jadi maupun barang jadi, dengan tujuan komersial dan barang tersebut dapat memberikan manfaat. Terkadang, bahan yang diolah merupakan barang setengah jadi yang diproses menjadi barang jadi. Intinya, kegiatan industri ini berfokus pada menghasilkan barang yang dapat dipegang, dilihat dan dirasakan manfaatnya oleh orang lain.

Beberapa contoh dari industri barang antara lain sebagai berikut.

  • Industri tekstil. Industri ini meliputi produksi berbagai jenis kain dengan bahan yang berbeda, yang nantinya akan dijadikan berbagai model pakaian.
  • Industri barang medis. Produk yang dihasilkan industri ini dapat berupa obat-obatan, alat medis dan bahan yang sering digunakan oleh petugas kesehatan.
  • Industri pertanian. Beberapa contoh produk yang dihasilkan dari industri ini adalah pupuk, pestisida, dan produk lainnya untuk mengusir hama pertanian.
  • Industri aksesoris. Barang yang dihasilkan seperti sepatu, tas, tali pinggang dan lain sebagainya.
  • Industri alat transportasi. Industri ini biasanya cukup besar untuk menghasilkan berbagai alat transportasi seperti mobil, sepeda, sepeda motor dan lainnya.
  • Industri pertambangan. Industri ini mengolah bahan mentah yang didapat dari alam seperti emas, baja, dan barang tambang lainnya.
  • Industri kayu. Industri ini memanfaatkan pohon-pohon dan menjadikan kayunya berbagai benda seperti kursi, kertas, bahan bangunan, dan lain-lain.
  • Industri elektronik. Hasil produksi industri ini berupa barang elektronik yang sudah jadi maupun masih setengah jadi. Contohnya adalah kabel, televisi, lemari es, dan lainnya.

Contoh di atas hanya beberapa saja, dan tentunya masih banyak lagi contoh industri barang lainnya yang bisa ditemukan di sekitar tempat tinggal kita. Kegiatan industri barang ini sangat diperlukan demi kelangsungan hidup masyarakat, dan akan terus bertambah seiring perkembangan teknologi.

, ,
Oleh :
Kategori : Badan Usaha