Sponsors Link

Inilah 5 Kelebihan Deposito Berjangka untuk Investasi Menguntungkan

Deposito berjangka merupakan suatu produk dari bank yang berjenis tabungan dimana penarikannya hanya dapat dilakukan pada masa tertentu yang sebelumnya telah disepakati oleh nasabah dengan bank. Jika semisal nasabah ingin mencairkan uangnya sebelum tanggal jatuh tempo, maka si nasabah akan dikenakan penalti. Biasanya sanksi yang dikenakan bank kepada nasabah yang tidak menepati waktu penarikan adalah denda sesuai syarat yang berlaku. Saat ini, deposito berjangka sudah menjadi pilihan umum bagi masyarakat Indonesia. Fungsinya dinilai lebih kompleks dibanding rekening tabungan, ia bisa menjadi simpanan keuangan untuk jangka panjang.

Hal menarik jika menggunakan deposito berjangka adalah semakin lama Anda menyimpan dana di dalam deposito, maka nantinya bunga yang akan Anda dapatkan pun makin banyak pula. Untuk mengajukan kepemilikan deposito berjangka prosesnya tidak lah terlalu rumit, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengisi formulir aplikasi pembukuan rekening deposito yang telah disediakan. Lalu, tunjukan identitas diri beserta dokumen penting seperti KTP, SIM, passport, fotokopi badan usaha. Dan yang terakhir menyerahkan setoran untuk proses pembukuan rekening.

Selain itu, deposito berjangka juga mempunyai berbagai macam kelebihan bagi nasabah. Kelebihan ini diyakini yang membuat salah satu bentuk investasi ini semakin ramai diminati. Lantas, apa saja kelebihan deposito berjangka? silakan simak pembahasan di bawah :

Kelebihan Deposito Berjangka

1.Disiplin Dalam Menabung

Dengan menggunakan deposito berjangka tentunya Anda akan dipaksa untuk lebih disiplin dalam hal menabung. Sebab, fiturnya yang hanya bisa diambil dalam jangka waktu tertentu menjadikan Anda lebih sering menyisihkan uang dan menghemat. Tidak akan ada lagi persoalan uang habis untuk keperluan tidak jelas karena Anda tak dapat bebas mengambil dana yang tersedia. Walaupun sebenarnya deposito masih bisa dicairkan sebelum tanggal jatuh tempo, akan tetapi pastinya membuat Anda berpikir dua kali lantaran ada penalti yang nantinya dikenakan. Untuk itu, menggunakan deposito berjangka sangat efektif bagi Anda yang sering menguras tabungan setiap waktu.

2.Suku Bunga Tinggi

Tingkat suku bunga yang ditawarkan oleh deposito berjangka relatif lebih tinggi dibandingkan dengan jenis tabungan atau pun investasi lainnya. Jika dalam bank menawarkan suku bunga sekitar 4%, maka pada deposito berjangka bunganya bisa mencapai 6,25%.

3.Bisa Perpanjang Otomatis

Jika Anda menggunakan deposito berjangka maka saat memasuki tanggal jatuh tempo bisa dilakukan perpanjangan otomatis. Hal tersebut karena deposito berjangka memakai fitur Automatic Roll Over (ARO). Umumnya fitur ini akan ditanyakan pada waktu membuka rekening deposito, Anda bisa memilih untuk menggunakannya atau tidak. Nantinya deposito akan diperpanjang secara otomatis dengan jumlah suku bunga yang sama, sementara keuntungannya bisa langsung dicairkan. Hal ini tentunya semakin mempermudah Anda melakukan transaksi dengan deposito berjangka.

4.Administrasi Mudah

Keuntungan deposito berikutnya adalah proses administrasi mudah. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini Anda tidak mesti membuka rekening deposito dengan mengunjungi bank terlebih dulu. Sudah banyak penyedia deposito yang dapat melakukan pendaftaran secara online, dimana pembuatan akun hanya memakan waktu beberapa menit saja. Segala aktivitas transaksi juga dapat dipantau melalui smartphone, jadi setiap urusan keuangan Anda akan diberitahu melalui notifikasi via sms atau email di smartphone tersebut.

5.Keamanan Terjamin

Sama seperti halnya rekening bank, menggunakan deposito berjangka juga sangat aman dalam urusan keamanan. Tidak akan ada masalah seperti perampokan atau pun kehilangan uang, sebab uang Anda akan disimpan dengan baik. Jika hal buruk terjadi seperti kebangkrutan bank, maka deposito Anda akan tetap aman karena telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jadi, tidak perlu khawatir lagi untuk membuka rekening deposito berjangka sebab telah terjamin keamanannya.

, ,
Oleh :
Kategori : Investasi