Sponsors Link

6 Contoh Industri Jasa yang Sebaiknya Kita Ketahui

Industri terbagi dalam dua bidang, yaitu industri barang dan industri jasa. Tidak seperti industri barang yang terlihat proses produksi dan produk hasil olahannya, industri jasa tidak menghasilkan barang apapun. Industri jasa mencakup segala profesi yang menyediakan pelayanan, tidak dapat dilihat namun dapat dirasakan manfaatnya. Jadi seseorang yang mendirikan dan bekerja dalam industri jasa hanya melakukan sebuah tugas untuk melayani kebutuhan konsumen. Berikut ini merupakan beberapa contoh yang termasuk dalam industri jasa.

1. Bidang Keuangan

Dalam industri jasa bidang keuangan, produk yang dihasilkan adalah jasa dalam menyimpan, menyediakan dan mengolah uang dari konsumen yang menjadi nasabahnya. Beberapa contoh dari industri ini adalah asuransi, bank, dan bursa efek.

2. Bidang Transportasi, Utilitas dan Infrastruktur

Di bidang ini, jasa yang dihasilkan cukup banyak. Misalnya dalam hal transportasi, kita mendapatkan kemudahan dan fasilitas yang nyaman saat ingin pergi ke luar kota atau ke luar negeri dengan naik pesawat terbang. Selain itu, tersedianya sumber energi yang siap pakai dan layanan jaringan internet yang stabil dan merata juga termasuk dalam industri jasa bidang ini.

3. Bidang Property dan Real Estate

Bidang ini sebenarnya masih terlihat wujud produknya, namun yang ditekankan sebagai industri jasa adalah layanan dalam mendapatkan tempat tinggal layak huni dengan segala fasilitas yang memanjakan. Contoh perusahaan yang termasuk industri jasa ini adalah Agung Podomoro Land tbk dan Lippo Karawaci tbk.

4. Bidang Perdagangan

Industri jasa bidang perdagangan meliputi kegiatan penyediaan ruang untuk berbagai produsen memasarkan produknya. Secara umum terlihat seperti industri tersebut yang menjual berbagai produk, padahal kenyataannya adalah mereka hanya memfasilitasi agar produk dapat sampai ke tangan konsumen. Contoh yang termasuk bidang ini adalah Matahari Department Store tbk dan Ramayana Lestari Sentosa tbk.

5. Bidang Medis dan Penginapan

Hal yang paling mudah dilihat dari industri jasa adalah layanan jasa yang jelas dan langsung dapat dirasakan segera. Dalam hal ini industri jasa bidang medis meliputi kegiatan di rumah sakit atau pusat pelayanan kesehatan. Ahli medis menyediakan tenaga dan menggunakan keahliannya untuk mengobati pasien sehingga mereka dapat sembuh dari sakit. Sementara itu, untuk bidang penginapan salah satu contohnya adalah hotel, dimana kita mendapatkan penginapan sementara dan berbagai fasilitas pendukung lainnya.

6. Bidang Investasi dan Media

Bidang investasi dan media dicontohkan dengan adanya perusahaan Surya Citra Media tbk, Rimo Catur Lestari tbk dan Visi Media Asia tbk. Penanaman modal dalam perusahaan tersebut memberikan keuntungan secara finansial dalam waktu tertentu. Selain itu, konten hiburan dan sajian informasi dari media tersebut sangat dibutuhkan oleh msyarakat.

Itulah contoh industri jasa yang dapat kita amati di sekitar, yang tentu saja fasilitas dan kemudahan yang kita peroleh menjadi produk yang dihasilkan industri tersebut. Tidak terlihat namun dapat kita merasakan dan menikmatinya.

, ,
Oleh :
Kategori : Badan Usaha