Sponsors Link

5 Jenis Usaha Ekonomi Yang Dikelola Oleh Kelompok

Dari semua keputusan yang Anda ambil ketika memulai bisnis, mungkin yang paling penting yang berkaitan dengan pajak adalah jenis struktur hukum yang Anda pilih untuk perusahaan Andaseperti badan usaha campuran. Keputusan ini tidak hanya berdampak pada seberapa banyak Anda membayar pajak, tetapi akan memengaruhi jumlah dokumen yang harus dilakukan oleh bisnis Anda, tanggung jawab pribadi yang Anda hadapi dan kemampuan Anda untuk mengumpulkan uang. Bentuk-bentuk bisnis yang paling umum adalah kepemilikan perseorangan, kemitraan, korporasi.

ads

Perkembangan yang lebih baru untuk bentuk-bentuk bisnis ini adalah perseroan terbatas dan kemitraan kewajiban terbatas. Karena setiap bentuk bisnis dilengkapi dengan konsekuensi pajak yang berbeda, Anda akan ingin membuat pilihan Anda dengan bijak dan memilih struktur yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Jika Anda memutuskan untuk memulai bisnis Anda sebagai kepemilikan perseorangan tetapi kemudian memutuskan untuk mengambil mitra, Anda dapat mengatur ulang sebagai kemitraan atau entitas lain.

Jenis Badan Usaha 

Berikut beberapa jenis kepemilikan dari badan usaha:

1. Kepemilikan Tunggal

Struktur paling sederhana adalah kepemilikan perseorangan, yang biasanya hanya melibatkan satu individu yang memiliki dan mengoperasikan perusahaan. Jika Anda berniat bekerja sendiri, struktur ini mungkin adalah cara yang tepat. Aspek pajak dari kepemilikan perseorangan menarik karena pengeluaran dan penghasilan Anda dari bisnis disertakan pada pengembalian pajak penghasilan pribadi Anda. Pemerintah  mengizinkan Anda untuk membayar pajak perkiraan dalam empat jumlah yang sama sepanjang tahun. Dengan kepemilikan tunggal, penghasilan bisnis Anda dikenakan pajak sekali saja, tidak seperti struktur bisnis lainnya. Kelebihan besar lainnya adalah Anda akan memiliki kendali penuh atas bisnis Anda. Anda membuat semua keputusan.

Namun, ada beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan. Memilih struktur bisnis kepemilikan tunggal berarti Anda secara pribadi bertanggung jawab atas kewajiban perusahaan Anda. Akibatnya, Anda menempatkan aset Anda dalam bahaya, dan mereka dapat disita untuk memenuhi utang bisnis atau klaim hukum yang diajukan terhadap Anda. Mengumpulkan uang untuk kepemilikan perseorangan juga bisa sulit seperti badan usaha milik swasta. Bank dan sumber pembiayaan lainnya mungkin enggan untuk memberikan pinjaman bisnis kepada pemilik tunggal. Dalam banyak kasus, Anda harus bergantung pada sumber pembiayaan Anda, seperti tabungan, pinjaman rumah, atau pinjaman keluarga.

2. Kemitraan

Jika bisnis Anda akan dimiliki dan dioperasikan oleh beberapa individu, Anda perlu melihat struktur bisnis Anda sebagai sebuah kemitraan. Kemitraan datang dalam dua varietas: kemitraan umum dan kemitraan terbatas. Dalam kemitraan umum, mitra mengelola perusahaan dan memikul tanggung jawab atas utang kemitraan dan kewajiban lainnya. Kemitraan terbatas memiliki mitra umum dan terbatas. Mitra umum memiliki dan mengoperasikan bisnis dan bertanggung jawab atas kemitraan, sementara mitra terbatas hanya berfungsi sebagai investor, mereka tidak memiliki kendali atas perusahaan dan tidak tunduk pada kewajiban yang sama dengan mitra umum.

Kecuali Anda berharap memiliki banyak investor pasif, kemitraan terbatas umumnya bukan pilihan terbaik untuk bisnis baru karena semua pengarsipan dan kompleksitas administrasi yang diperlukan. Jika Anda memiliki dua atau lebih mitra yang ingin terlibat aktif, kemitraan umum akan lebih mudah terbentuk. Salah satu keuntungan utama kemitraan adalah perlakuan pajak yang dinikmati. Suatu kemitraan tidak membayar pajak atas penghasilannya tetapi “melewati” setiap keuntungan atau kerugian kepada masing-masing mitra.

Tanggung jawab pribadi adalah masalah utama jika Anda menggunakan kemitraan umum untuk menyusun bisnis Anda. Seperti halnya pemilik tunggal, mitra umum secara pribadi bertanggung jawab atas kewajiban dan utang kemitraan. Setiap mitra umum dapat bertindak atas nama kemitraan, mengambil pinjaman dan membuat keputusan yang akan mempengaruhi dan mengikat semua mitra (jika perjanjian kemitraan memungkinkan). Perlu diingat bahwa kemitraan juga lebih mahal untuk didirikan daripada kepemilikan tunggal karena mereka membutuhkan lebih banyak layanan hukum dan akuntansi.

Sponsors Link

3. Korporasi

Struktur perusahaan lebih kompleks dan mahal daripada kebanyakan struktur bisnis lainnya. Korporasi adalah badan hukum independen, terpisah dari pemiliknya, dan dengan demikian, ia harus mematuhi lebih banyak peraturan dan persyaratan pajak. Manfaat terbesar bagi pemilik bisnis yang memutuskan untuk bergabung adalah perlindungan tanggung jawab yang dia terima. Utang korporasi tidak dianggap sebagai pemiliknya, jadi jika Anda mengatur bisnis Anda sebagai korporasi, Anda tidak menempatkan aset pribadi Anda dalam bahaya. Sebuah perusahaan juga dapat mempertahankan sebagian dari labanya tanpa membayar pajak kepada pemiliknya.

Kelebihan lainnya adalah kemampuan perusahaan untuk mengumpulkan uang. Sebuah perusahaan dapat menjual saham, baik yang umum maupun yang disukai, untuk mengumpulkan dana. Korporasi juga terus berlanjut tanpa batas, bahkan jika salah satu pemegang saham meninggal, menjual saham atau menjadi cacat. Struktur perusahaan, bagaimanapun, hadir dengan sejumlah kerugian. Yang utama adalah biaya yang lebih tinggi. Korporasi dibentuk di bawah hukum masing-masing negara dengan seperangkat peraturannya sendiri. Anda mungkin membutuhkan bantuan dari pengacara untuk memandu Anda. Selain itu, karena sebuah perusahaan harus mengikuti aturan dan peraturan yang lebih kompleks daripada kemitraan atau kepemilikan tunggal, itu membutuhkan lebih banyak layanan akuntansi dan persiapan pajak.

Jenis Usaha Ekonomi Yang Dikelola Oleh Kelompok

Berikut jabaran dari jenis usaha ekonomi yang dikelola oleh kelompok, yaitu :

1. BUMN

Badan usaha milik negara seperti jenis-jenis badan usaha adalah badan usaha yang modalnya terdiri dari pendanaan negara. Ini dapat berupa persero maupun perum.

2. Firma

Ini merupakan usaha ekonomi yang terdiri dari sedikitnya 2 sekutu aktif. setiap anggota memiliki hak dalam masalah yang ada di dalam firma tersebut dan biasanya mereka adalah orang yang saling mengenal.

3. Persekutuan Komanditer

Ini adalah CV yang didirikan setidkanya oleh 2 orang yang aktif dalam menyetorkan modal mereka. Ada 2 jenis sekutu di dalam CV yaitu aktif dan pasif.

4. Perseroan Terbatas

Ini merupakan badan usaha yang menggunakan saham sebagai modal. Saham adalah bukti adanya penyetoran modal dan status kepemilikan.

5. Koperasi

Koperasi adalah badan usaha yang sengaja dibangun agar bisa memakmurkan dan membantu para anggotanya. Ini biasanya badan usaha yang menggunakan asas kekeluargaan.

Jika Anda berencana untuk beroperasi di beberapa daerah, Anda harus menentukan bagaimana negara akan memperlakukan LLC yang dibentuk di negara bagian lain. Jika Anda memutuskan struktur LLC, pastikan untuk menggunakan layanan dari akuntan yang berpengalaman yang akrab dengan berbagai aturan dan peraturan LLC. Perkembangan terakhir lainnya adalah kemitraan kewajiban terbatas (LLP). Dengan LLP, mitra umum memiliki kewajiban terbatas.

Sponsors Link

Misalnya, mitra bertanggung jawab atas malapraktik mereka sendiri dan bukan dari mitra mereka. Formulir hukum ini berfungsi dengan baik bagi mereka yang terlibat dalam praktik profesional, seperti dokter. Bahkan setelah Anda menetap di struktur bisnis, ingatlah bahwa keadaan yang membuat satu jenis organisasi bisnis menguntungkan selalu tunduk pada perubahan dalam hukum. Masuk akal untuk menilai kembali bentuk bisnis Anda dari waktu ke waktu untuk memastikan Anda menggunakan salah satu yang memberikan manfaat paling banyak.

, , ,
Oleh :
Kategori : Badan Usaha