Sponsors Link

22 Ciri-Ciri Negara Maju Yang Harus Diketahui dan Dipelajari

Istilah “negara maju” sangat subyektif tetapi umumnya berarti negara maju dalam hal infrastruktur, industrialisasi, pendapatan per kapita dan standar hidup. Istilah berikut banyak lainnya yang telah digunakan untuk mengklasifikasikan negara. Ini termasuk klasifikasi “dunia-dunia atau dunia-ketiga” yang secara politis tidak benar ke klasifikasi yang paling benar secara politis “lebih maju atau kurang berkembang”. Mungkin yang terbaik adalah menggunakan “negara maju” dalam kaitannya dengan yang lain seperti ciri-ciri negara berkembang.

ads

Ciri-Ciri Negara Maju

Berikut kita akan membahas ciri-ciri negara maju:

1. Pembangunan Negara

Pembangunan mengacu pada negara-negara berkembang yang bekerja dengan cara mereka menapaki tangga kinerja ekonomi, standar hidup, keberlanjutan dan persamaan yang membedakan mereka dari apa yang disebut negara-negara maju seperti ciri-ciri negara maju dibidang ekonomi.

2. Pertumbuhan ekonomi

Sebuah negara maju akan menjadi salah satu yang memiliki tingkat tinggi kemajuan dan proyeksi pertumbuhan yang signifikan dari faktor-faktor tersebut. Secara tradisional fokusnya adalah pada kemajuan ekonomi negara-negara untuk menentukan tingkat perkembangan mereka. Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita adalah indikator historis untuk mengukur pembangunan ekonomi. Meskipun saat ini tingkat industrialisasi negara dan keseimbangan operasi komersialnya juga dipertimbangkan.

3. Perbedaan Di Bidang Akademik

Harus diklarifikasi bahwa ada perbedaan dalam bidang akademik yang merupakan kriteria terbaik untuk menetapkan tingkat perkembangan setiap kota. Namun, analis, bersama dengan agensi internasional utama, menyetujui penerapan metrik global untuk menentukan bagaimana mengembangkan suatu negara.

4. Perkembangan Politik

Jadi, di samping perkembangan ekonomi, para ahli teori sepakat untuk memasukkan aspek-aspek lain untuk dipertimbangkan. Di satu sisi, situasi politik, dibatasi oleh stabilitas pemerintah, tingkat korupsi dan tidak adanya konflik bersenjata dan kekerasan, di antara komponen-komponen lainnya. Di sisi lain, konteks sosial dievaluasi menurut statistik klasik, seperti harapan hidup saat lahir atau jumlah tahun rata-rata sekolah penduduk.

5. Pembangunan ekonomi

Ekonomi dianggap aspek yang dikembangkan ketika memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi dan keamanan finansial yang tinggi. Di antara faktor-faktor yang paling diterima untuk menentukan kekuatan ekonomi suatu negara adalah PDB per kapita , yang mewakili total pendapatan bruto suatu perekonomian dibagi dengan jumlah penduduk negara tersebut.

6. Industrialisasi dan Perdagangan Luar Negeri

Tingkat industrialisasi negara akan lebih tinggi karena kurang bergantung pada aktivitas pertanian untuk bertahan hidup. Negara-negara yang dapat menghasilkan nilai tambah yang lebih besar atas sumber daya alam dan bahan baku mereka akan mencapai tingkat industrialisasi yang lebih tinggi, dan karenanya pembangunan seperti dampak pasar bebas.

7. Sektor Impor dan Ekspor

Neraca perdagangan mewakili perbedaan antara impor dan ekspor masing-masing negara. Ini memberi kitainformasi tentang arus komersial masing-masing. Suatu negara akan lebih berkembang sejauh ini memiliki neraca perdagangan yang seimbang atau menguntungkan. Ini akan terjadi ketika tingkat ekspor sama dengan atau lebih tinggi (surplus) pada tingkat impor. Kalau tidak, kita akan memiliki defisit, yaitu, kita mengimpor lebih dari apa yang diekspor. Di sisi lain, perlu untuk mengamati perdagangan dan perjanjian keuangan di mana setiap negara adalah anggotanya.

8. Stabilitas Politik

Indeks lain yang dapat diandalkan, yang dikembangkan oleh Bank Dunia, adalah IGM (Global Governance Indicator). Elaborasi mencakup data stabilitas politik, tidak adanya kekerasan dan konflik bersenjata, keefektifan pemerintah, rasa hormat dan kualitas hukum, transparansi dan kemungkinan dialog di pihak warga.

9. Tingkat Pemerintahan

Perkiraan IGM didasarkan pada skala antara -2,5 dan +2,5 poin. Negara-negara yang mendekati +2,5 menunjukkan tingkat pemerintahan yang tinggi, faktor yang menentukan tingkat perkembangan mereka. Di sisi lain, mereka yang di bawah 0 tidak akan memiliki pemerintah dengan proyeksi yang baik atau mereka akan mampu mencapai perkembangan penuh.

10. Kesehatan 

Sejak tahun 1990, Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) telah mengembangkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Laporan terkenal ini mempertimbangkan 3 dimensi kehidupan manusia : kesehatan, pendidikan dan penghasilan di mana ini menghasilkan indeks yang memusatkan negara-negara maju di posisi pertama.

11. Pendidikan

Mengenai pendidikan, jumlah rata-rata tahun sekolah yang dimiliki oleh warga negara ditetapkan, untuk mencerminkan kemampuan mereka untuk menggabungkan pengetahuan dan pengetahuan. Penghasilan dihitung berdasarkan PDB per kapita.

Sponsors Link

12. Kemitraan sosial

Selama beberapa tahun, IPM menganggap nilai-nilai lain untuk memahami perkembangan manusia secara integral. Tingkat kesetaraan antara kelas sosial yang berbeda dan antara dua jenis kelamin diukur.

13. Kesamaan dan Kesejahteraan Gender

Persentase perempuan yang diberdayakan dalam masyarakat juga diselidiki dan tingkat kemiskinan di kalangan penduduk dianalisis, dengan mempertimbangkan dimensi ganda mereka. Menurut laporan terbaru yang diterbitkan oleh PBB, lima negara dengan indeks pembangunan manusia tertinggi adalah: Norwegia, Australia, Swiss, Jerman dan Denmark. Di Asia tempat pertama diduduki Singapura, di Amerika kehormatan adalah Kanada, sedangkan di Afrika Kepulauan Seychelles menempati posisi pertama.

14.  Korupsi yang Langka

Situasi politik juga merupakan kunci untuk menentukan perkembangan negara. Pertama, pemerintahan yang baik oleh pemerintah harus dianggap sebagai pilar kesejahteraan politik negara. Kita juga harus menganalisis tingkat korupsi di negara tersebut, di berbagai tingkat pemerintahan. Meningkatnya korupsi telah merusak tata kelola masyarakat dan meningkatkan krisis representasi demokratis di beberapa daerah saat ini. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya ketidakpercayaan di antara warga negara dari negara-negara dengan kasus korupsi tinggi. Semakin rendah level ini, semakin cepat perkembangan masyarakat.

15.  Lingkungan bersih

Negara-negara maju telah menjadi pemimpin di tingkat ekonomi dan industri, tetapi juga dalam hal pencemaran lingkungan. Meskipun ekonomi yang paling maju adalah yang paling mencemari dalam beberapa dekade terakhir, kesepakatan dalam komunitas internasional dan tekanan dari berbagai kelompok aktivis telah mengubah situasi. Gagasan untuk hidup di dunia yang berkelanjutan bukan lagi mimpi untuk menjadi kenyataan.

Pertama di Kyoto, Jepang, pada tahun 1993, dan kemudian di Paris, Perancis, pada tahun 2016. Di kedua puncak lingkungan global, para pemimpin dari hampir setiap negara di dunia sepakat bahwa kemajuan masyarakat mereka hanya akan mungkin terjadi bersama-sama dengan lingkungan bebas polusi. Beberapa tujuan ditetapkan untuk memperkuat penggunaan energi bersih dan untuk mengurangi emisi gas beracun.

16. Pendapatan Nasional Bruto Per Kapita yang Tinggi

Pendapatan per kapita yang tinggi dihitung sebagai output ekonomi suatu negara dibagi dengan penduduknya. Perlu dicatat bahwa di beberapa negara jumlah ini sangat dipengaruhi oleh sejumlah kecil individu yang memiliki kekayaan yang signifikan.

17. Peningkatan Kualitas Kesehatan

Akses ke perawatan kesehatan modern. Sering diukur dengan harapan hidup rata-rata dan tingkat kematian balita.
pendidikan Akses ke Pendidikan. Sering diukur sebagai persentase penduduk yang menyelesaikan jumlah minimum tahun sekolah.

18. Industrialisasi

Negara industri adalah negara dengan sektor manufaktur besar. Secara historis, pengembangan dan industrialisasi di mana hampir sama.

Sponsors Link

19. Ekonomi Layanan

Perekonomian jasa adalah output bangsa jasa . Misalnya, perjalanan, restoran, perangkat lunak, dan layanan bisnis . Negara-negara maju mengalami pergeseran di mana layanan meningkat penting untuk output ekonomi. Ekonomi pengetahuan adalah pengembangan berharga pengetahuan seperti proses, prosedur, metode, desain, formulasi dan perangkat lunak. Ini termasuk output kreatif seperti kampanye iklan yang menghasilkan perasaan untuk sebuah merek. Ada kemungkinan bahwa negara-negara yang sangat maju di masa depan sebagian besar akan beralih ke layanan dan pengetahuan ekonomi dan produksi industri akan dipandang sebagai bagian yang lebih kecil dari output ekonomi dunia.

20. Infrastruktur

Infrastruktur lunak seperti lembaga publik dan infrastruktur keras seperti jembatan. Infrastruktur membuat suatu negara lebih produktif , efisien, stabil dan menarik bagi tenaga kerja dan modal. Dengan demikian, ini adalah salah satu keuntungan utama yang dimiliki negara-negara maju terhadap negara berkembang.

21. Stabilitas

Kondisi lain untuk kemakmuran ekonomi adalah stabilitas politik, ekonomi dan sosial. Ini termasuk keamanan fisik dan informasi sehingga orang merasa mereka tinggal di tempat yang aman. Keamanan ekonomi seperti kesehatan umum dan sistem pensiun melindungi orang dan memberi mereka ruang untuk mengejar pengetahuan dan eksperimen yang diperlukan untuk berinovasi.

22. Kualitas hidup

Ketika dunia menjadi lebih makmur secara ekonomi, persaingan antar bangsa bergeser ke arah kebahagiaan orang-orang. Jika semuanya sama, sebuah negara dengan udara bersih dianggap lebih maju daripada negara dengan udara yang tercemar. Ini biasanya ditangkap sebagai pengukuran yang dikenal sebagai kualitas hidup yang didasarkan pada permintaan populasi jika mereka bahagia. Kualitas hidup adalah keuntungan ekonomi dalam ekonomi pengetahuan di mana persaingan global untuk bakat bisa sangat ketat.

, ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Makro