Sponsors Link

13 Komponen Pendapatan Nasional Terlengkap

Pendapatan nasional adalah nilai total keluaran akhir suatu negara dari semua barang dan jasa baru yang diproduksi dalam satu tahun. Memahami bagaimana pendapatan nasional diciptakan adalah titik awal untuk makroekonomi .

ads

Identitas pendapatan nasional

Hubungan ini dinyatakan dalam identitas pendapatan nasional , di mana jumlah yang diterima sebagai pendapatan nasional identik dengan jumlah yang dibelanjakan sebagai pengeluaran nasional , yang juga identik dengan apa yang diproduksi sebagai output nasional seperti konsep pendapatan nasional. Di seluruh makroekonomi, istilah pendapatan, output, dan pengeluaran dipertukarkan.

Komponen Pendapatan Nasional

Berikut beberapa komponen pendapatan nasional yang penting:

1. Produk Domestik Bruto (PDB)

GDP adalah total nilai barang dan jasa yang diproduksi di dalam negeri selama satu tahun. Ini dihitung dengan harga pasar dan dikenal sebagai PDB dengan harga pasar. Dernberg mendefinisikan PDB dengan harga pasar sebagai “nilai pasar dari output barang dan jasa akhir yang diproduksi di wilayah domestik suatu negara selama satu tahun akuntansi.”

Ada tiga cara berbeda untuk mengukur GDP:

Metode Produk, Metode Penghasilan, dan Metode Pengeluaran. Ketiga metode penghitungan PDB ini menghasilkan hasil yang sama karena Produk Nasional = Pendapatan Nasional = Pengeluaran Nasional.

2. GDP dengan Biaya Faktor

PDB pada biaya faktor adalah jumlah dari nilai bersih yang ditambahkan oleh semua produsen di dalam negeri seperti contoh gnp dan gdp. Karena nilai tambah bersih didistribusikan sebagai pendapatan kepada pemilik faktor-faktor produksi, GDP adalah jumlah dari pendapatan faktor domestik dan konsumsi modal tetap (atau depresiasi).

Jadi GDP dengan Biaya Faktor = Nilai bersih ditambahkan + Depresiasi.

PDB dengan biaya faktor meliputi:

  • Kompensasi Karyawan yaitu, upah, gaji, dll.
  • Surplus Operasi yang merupakan keuntungan bisnis dari kedua perusahaan yang tergabung dan tidak terkait,
  • Pendapatan Campuran dari Wiraswasta.

Secara konseptual, GDP pada biaya faktor dan GDP pada harga pasar harus identik. Ini karena biaya faktor (pembayaran untuk faktor) barang yang diproduksi harus sama dengan nilai akhir barang dan jasa dengan harga pasar. Namun, nilai pasar barang dan jasa berbeda dari pendapatan faktor produksi. Dalam PDB dengan harga pasar termasuk pajak tidak langsung dan dikeluarkan dari subsidi oleh pemerintah. Oleh karena itu, untuk mencapai PDB dengan biaya faktor, pajak tidak langsung dikurangi dan subsidi ditambahkan ke PDB dengan harga pasar. Dengan demikian, PDB pada Faktor Biaya = PDB pada Harga Pasar – Pajak Tidak Langsung + Subsidi.

3. Produk Domestik Bersih (NDP)

NDP adalah nilai output ekonomi bersih sepanjang tahun. Beberapa peralatan modal negara habis dipakai atau menjadi usang setiap tahun selama proses produksi. Nilai dari konsumsi modal ini adalah beberapa persentase dari investasi bruto yang dikurangkan dari PDB. Jadi Produk Domestik Neto = PDB dengan Biaya Faktor – Penyusutan.

4. Nominal dan GDP Riil

Ketika GDP diukur berdasarkan harga saat ini, itu disebut GDP pada harga saat ini atau PDB nominal. Di sisi lain, ketika PDB dihitung berdasarkan harga tetap dalam beberapa tahun, itu disebut PDB dengan harga konstan atau GDP riil.

GDP Nominal adalah nilai barang dan jasa yang diproduksi dalam setahun dan diukur dalam bentuk rupee (uang) pada harga saat ini (pasar). Dalam membandingkan satu tahun dengan yang lain, kita dihadapkan pada masalah bahwa rupee bukan merupakan ukuran daya beli yang stabil. PDB dapat meningkat banyak dalam setahun, bukan karena ekonomi telah berkembang pesat tetapi karena kenaikan harga (atau inflasi).

5. Deflator PDB

Deflator PDB adalah indeks perubahan harga barang dan jasa yang termasuk dalam PDB. Ini adalah indeks harga yang dihitung dengan membagi PDB nominal pada tahun tertentu oleh GDP riil untuk tahun yang sama dan mengalikannya dengan 100. Jadi,

GDP Deflator = Nominal (atau Harga Saat Ini) GDP / Real (atau Harga Konstan) GDP x 100

6. Produk Nasional Bruto (GNP)

GNP adalah ukuran total arus barang dan jasa dengan nilai pasar yang dihasilkan dari produksi saat ini selama setahun di suatu negara, termasuk pendapatan bersih dari luar negeri. GNP mencakup empat jenis barang dan jasa akhir:

  • Barang dan jasa konsumen untuk memenuhi keinginan langsung masyarakat;
  • Investasi domestik bruto dalam negeri barang modal yang terdiri dari pembentukan modal tetap, konstruksi tempat tinggal dan persediaan barang jadi dan yang belum selesai;
  • Barang dan jasa yang diproduksi oleh pemerintah; dan
  • Ekspor barang dan jasa bersih, yaitu perbedaan antara nilai ekspor dan impor barang dan jasa, yang dikenal sebagai pendapatan bersih dari luar negeri.

Jika produk-produk tersebut dihitung di setiap tahap, mereka akan termasuk banyak waktu dalam produk nasional. Akibatnya, GNP akan meningkat terlalu banyak. Untuk menghindari penghitungan ganda, karena itu, hanya produk akhir dan bukan barang perantara yang harus diperhitungkan.

Sponsors Link

7. GNP dengan Harga Pasar

Ketika kita mengalikan output total yang dihasilkan dalam satu tahun oleh harga pasar mereka yang lazim selama tahun itu di suatu negara, kita mendapatkan Produk Nasional Bruto dengan harga pasar. Jadi, GNP dengan harga pasar berarti nilai bruto barang dan jasa akhir yang diproduksi setiap tahun di suatu negara ditambah pendapatan bersih dari luar negeri. Ini mencakup nilai bruto output semua item dari (1) hingga (4) yang disebutkan di bawah GNP.

GNP dengan Harga Pasar = PDB pada Harga Pasar + Penghasilan Bersih Yang Diperoleh dari Luar Negeri.

8. GNP dengan Biaya Faktor

PNB pada biaya faktor adalah jumlah dari nilai uang dari pendapatan yang dihasilkan oleh dan bertambahnya berbagai faktor produksi dalam satu tahun di suatu negara. Ini termasuk semua item yang disebutkan di atas di bawah Pendekatan Pendapatan untuk GNP dikurangi pajak tidak langsung.

GNP dengan harga pasar selalu termasuk pajak tidak langsung yang dipungut oleh pemerintah atas barang-barang yang menaikkan harga mereka. Tetapi GNP dengan biaya faktor adalah pendapatan yang diterima oleh faktor-faktor produksi, sebagai imbalan, untuk layanan mereka sendiri. Ini adalah biaya produksi. Jadi, GNP dengan harga pasar selalu lebih tinggi daripada GNP dengan biaya faktor.

9. Net National Product (NNP)

GNP mencakup nilai total output barang konsumsi dan barang investasi. Tetapi proses produksi menggunakan sejumlah modal tetap tertentu. Beberapa peralatan tetap rusak, komponen-komponen lainnya rusak atau hancur, dan yang lainnya menjadi usang karena perubahan teknologi.

10. NNP dengan Harga Pasar 

Produk Nasional Net dengan harga pasar adalah nilai bersih barang dan jasa akhir yang dievaluasi dengan harga pasar selama satu tahun di suatu negara. Jika kita memotong depresiasi dari GNP dengan harga pasar, kita mendapatkan NNP dengan harga pasar. Jadi NNP dengan Harga Pasar = GNP dengan Harga Pasar-Depresiasi.

Sponsors Link

11. NNP dengan Biaya Faktor

Produk Nasional Bersih dengan biaya faktor adalah output bersih yang dievaluasi pada harga faktor. Ini termasuk pendapatan yang diperoleh oleh faktor-faktor produksi melalui partisipasi dalam proses produksi seperti upah dan gaji, sewa, laba, dll. Ini juga disebut Pendapatan Nasional. Ukuran ini berbeda dari NNP dengan harga pasar di mana pajak tidak langsung dikurangi dan subsidi ditambahkan ke NNP dengan harga pasar untuk tiba di NNP dengan biaya faktor. Demikian:

NNP dengan Biaya Faktor = NNP dengan Harga Pasar – Pajak Tidak Langsung + Subsidi.

12. Pendapatan Domestik

Pendapatan yang dihasilkan (atau diperoleh) oleh faktor-faktor produksi dalam negara dari sumber dayanya sendiri disebut pendapatan domestik atau produk domestik. Penghasilan domestik meliputi:

  • Upah dan gaji,
  • Sewa, termasuk sewa rumah yang diperhitungkan,
  • Bunga,
  • Dividen
  • Keuntungan perusahaan yang tidak terdistribusi, termasuk surplus dari usaha publik,
  • Pendapatan campuran yang terdiri dari laba dari perusahaan tidak berhubungan, wiraswasta, kemitraan, dll, dan
  • Pajak langsung.

Karena pendapatan domestik tidak termasuk pendapatan yang diperoleh dari luar negeri, itu juga dapat ditunjukkan sebagai: Pendapatan Domestik = Pendapatan Nasional-Laba Bersih yang diperoleh dari luar negeri. Dengan demikian perbedaan antara pendapatan domestik dan pendapatan nasional adalah pendapatan bersih yang diperoleh dari luar negeri.

13. Pendapatan Pribadi

Pendapatan pribadi adalah pendapatan yang diperoleh oleh individu pribadi dari sumber apa pun, produktif atau sebaliknya, dan pendapatan tetap dari perusahaan. Ini dapat diperoleh dari NNP dengan Biaya Faktor dengan membuat tambahan dan pemotongan tertentu.

 

, , ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Makro