Sponsors Link

5 Manfaat Ekonomi Internasional Bagi Suatu Negara

Ekonomi internasional adalah suatu kegiatan ekonomi yang terbentuk karena adanya dampak yang berkaitan dengan perbedaan dan keterbatasan sumber daya produksi dan bergesernya selera dan kebutuhan masyarakat yang terus berubah-ubah. Atau dengan kata lain ekonomi internasional merupakan suatu kebijakan yang ditempuh oleh suatu negara karena adanya kesadaran akan keterbatasan sumber daya yang dimiliki oleh dalam negeri dalam hal mencukupi kebutuhan dalam negeri, sehingga negara tersebut harus bergantung pada negara lain yang memiliki ketersediaan bahan baku yang melimpah dan produk-produk yang sesuai dengan permintaan pasar dalam negeri. Wujud dari ekonomi dalam negeri meliputi adanya keterbukaan perdagangan dunia, masuknya investasi asing, bantuan keuangan dunia, dan migrasi.

ads

Terbentuknya ekonomi internasional pada hakikatnya akan membawa perubahan yang besar bagi suatu negara, selain karena memicu adanya faktor dibukanya pasar ekspor dan import yang seluas-luasnya yang berdampak pada perubahan sosial dan teknologi, juga berdampak pada meningkatnya daya saing dalam kegiatan ekonomi suatu negara.

Faktor-Faktor Terbentuknya Ekonomi Internasional

Suatu negara akan berupaya untuk menuju kemakmuran dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan tujuan adanya pengakuan dunia dan demi majunya negara tersebut. Ekonomi internasional merupakan langkah awal untuk mewujudkan tujuan negara tersebut, selain itu terbentuk ekonomi internasional memiliki beragam faktor yang melatarbelakangi lahirnya kebijakan tersebut, antara lain.

  • Munculnya perubahan harga pasar.
  • Ketimpangan dalam memperoleh keuntungan dan pendapatan.
  • Adanya faktor permintaan dan penawaran yang tidak seimbang.
  • Keterbatasan sumber daya yang dimiliki.
  • Perbedaan kemajuan teknologi.
  • Peredaan dalam modernisasi kegiatan produksi barang dan jasa.

Manfaat Ekonomi Internasional

 Ekonomi internasional akan menciptakan adanya kerjasama ekonomi antar negara yang ditandai dengan banyaknya investasi asing yang masuk dan meningkatnya kegiatan ekspor import. Manfaat ekonomi internasional akan memberikan banyak perubahan bagi negara untuk menuju sebuah peradaban baru yang lebih baik dalam kegiatan ekonomi, teknologi dan sosial. Berikut manfaat-manfaat yang diperoleh dengan adanya ekonomi internasional, yaitu.

1. Banyaknya ketersediaan lapangan pekerjaan

Salah satu wujud dari ekonomi internasional adalah adanya perdagangan internasional. Ketika suatu negara memiliki keterbatasan dalam menjalankan kegiatan produksi di dalam negeri itu sendiri, maka untuk memenuhi kebutuhan akan permintaan yang terus meningkat dari masyarakat, negara membutuhkan sebuah langkah yang mampu menyeimbangkan kondisi seperti ini. Langkah yang tepat untuk solusi tersebut adalah dengan membuka perdagangan internasional.

Perdagangan internasional merupakan gerbang utama dalam melakukan aktivitas ekspor import. Permintaan tingginya ekspor akan berdampak pada tuntutan meningkatnya kinerja pelaku usaha dalam kegiatan produksi, di satu sisi harus menyiapkan ketersediaan produk dan di sisi lain mereka harus meningkatkan kualitas produk secara terus menerus agar memberikan kepuasan kepada konsumen. Ekspor yang meningkat akan memberikan banyak keuntungan yang tidak hanya dirasakan oleh negara atau perusahaan saja, namun masyarakat pada umumnya akan merasakan dampak positif secara langsung.

Sponsors Link

Ketersediaan lapangan kerja akan meningkat seiring tingginya permintaan ekspor, karena salah satu faktor yang menentukan tingkat kelancaran kegiatan produksi yang terus meningkat adalah sangat bergantung pada adanya jumlah tenaga kerja yang cukup disamping adanya kebutuhan akan ketersediaan bahan baku.  (baca juga : manfaat ekspor impor)

2. Untuk memenuhi kebutuhan terhadap barang dan jasa

Faktor sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang dimiliki oleh suatu negara merupakan faktor penting yang akan menentukan terhadap jenis produk barang dan jasa yang akan dihasilkan oleh negara tersebut. Karena dua faktor tersebut maka akan menimbulkan adanya kendala yang akan menjadi penyebab adanya keterbatasan produksi yang dimiliki oleh negara, bahkan terdapat sebuah negara yang 40% kebutuhan konsumsi dalam negerinya hanya bisa terpenuhi dengan mengandalkan kegiatan import, hal ini karena keterbatasan jumlah prasarana yang dimiliki oleh negara itu.

(baca juga : peran pemerintah sebagai pelaku ekonomi)

Kebutuhan akan ketersediaan barang dan jasa bagi masyarakat, saat ini memiliki kecenderungan yang berubah-ubah karena adanya faktor kemajuan teknologi yang berdampak pada perubahan perilaku. Kemajuan teknologi tersebut akan memaksa para pelaku usaha untuk melakukan percepatan dalam inovasi terhadap kegiatan produksi barang dan jasa yang disesuaikan untuk memenuhi selera dan permintaan masyarakat saat ini. Kebutuhan dan permintaan yang terus berubah kemudian menuntut adanya ketersediaan bahan baku dalam menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka, yang mana bahan baku tersebut belum tentu bisa diproduksi oleh dalam negeri. Sehingga solusi untuk mengatasi kelangkaan bahan baku negara harus mengandalkan pada kegiatan perdagangan internasional dalam hal untuk memenuhi kebutuhan pasokan bahan baku.

(baca juga : kebutuhan dasar manusia)

3. Harga barang dan jasa akan lebih murah

Kelangkaan produk di pasar akan membawa dampak buruk bagai kestabilan harga pasar. Umumnya terjadinya kelangkaan produk bisa terjadi karena sedikitnya pelaku usaha dalam satu jenis industri tertentu sehingga berakibat pada rendahnya tingkat produksi, selain itu langkanya bahan baku juga akan menjadi kendala dalam menurunnya kegiatan produksi. Dengan kondisi pasar yang seperti maka ketika banyak permintaan dari masyarakat yang terus meningkat, akan mengakibatkan adanya ketidakseimbangan antara jumlah produk yang dihasilkan dengan jumlah permintaan yang ada, sehingga akan memicu perubahan harga yang lebih cenderung menjadi semakin mahal.

baca juga : hukum permintaan dan penawaran)

ads

Ketika harga semakin mahal dan mulai tidak terkendali, kemungkinan potensi untuk terjadinya inflasi akan semakin tinggi. Inflasi akan memicu banyak perubahan pada tatanan kehidupan sosial, dimana harga yang semakin naik akan berakibat pada meningkatnya biaya hidup, modal kegiatan produksi juga semakin tinggi, dan tuntutan upah juga akan meningkat. Untuk menghindari bahaya ini, diperlukan langkah untuk menyeimbangkan antara permintaan dan ketersediaan produk, yaitu dengan memperbanyak jumlah produksi, namun ketika negara memiliki keterbatasan dalam hal ini maka solusi terbaiknya adalah dengan menambah kuota impor terhadap barang yang sesuai dengan permintaan masyarakat. Manfaat import selain untuk memenuhi permintaan produk juga akan menjaga tingkat harga di pasar agar tetap stabil dan murah.

(baca juga : penyebab terjadinya inflasi)

4. Menambah sumber pendapatan negara

Manfaat ekonomi internasional dengan adanya dibukanya pasar perdagangan dunia memberikan dampak positif untuk potensi meningkatkan kegiatan ekspor. Indonesia negara yang kaya akan hasil buminya yang berupa energi dan agroindustri, maka akan menjadi negara yang sangat diuntungkan dengan adanya kekayaan alam tersebut yaitu menempatkan negara sebagai pemasok sumber-sumber bahan baku untuk beberapa negara yang memiliki keterbatasan dalam sumber daya alam, seperti Amerika dan China.

(baca juga : tujuan kerjasama ekonomi antar negara)

Ekspor yang semakin meningkatkan akan menjadi media terciptanya peluang bagi negara dalam memperkenalkan brand dalam negeri agar lebih terkenal dan memperluas pasar produk. Bagi pelaku usaha kegiatan ekspor berpengaruh pada semakin besarnya keuntungan yang di dapat sehingga berguna untuk meningkatkan produktivitas dan inovasi-inovasi baru. Bagi negara dengan meningkatnya kegiatan ekspor akan menambah pemasukan bagi negara dalam bentuk devisa. Devisa yang terus bertambah akan bermanfaat bagi percepatan pembangunan, pembayaran hutang luar negeri, dan semakin meningkatnya pertumbuhan ekonomi.

(baca juga : fungsi devisa)

5. Meningkatkan perkembangan teknologi

Teknologi umumnya diciptakan oleh negara maju yang mana di negara tersebut terdapat sarana dan prasarana lengkap untuk menunjang dalam semua kegiatan baik itu untuk research and development atau penemuan baru di bidang Informasi Teknologi (IT). Bagi negara berkembang  yang tidak bisa mengikuti perkembangan dari negara maju, akan menempatkan mereka hanya sebagai penikmat teknologi. Dengan adanya ekonomi internasional, akan menjadi faktor utama dalam membuka adanya pemerataan tersebarnya ilmu pengetahuan dan teknologi, dimana teknologi tersebut tidak hanya di nikmati oleh negara berkembang saja, melainkan dapat dipelajari dan akhirnya mampu mengembangkan untuk diterapkan dalam berbahagia aspek kehidupan manusia yang berdampak pada memberikan kemudahan dalam kecepatan informasi.

(baca juga : manfaat internet untuk ekonomi)

Pentingnya Teknologi Dalam Ekonomi

Meratanya ilmu pengetahuan dan teknologi akan menciptakan para ahli di bidang tersebut, para ahli tersebut tidak hanya dari negara maju saja dan bahkan negara berkembang juga memiliki para ahli dengan kemampuan yang sama dengan negara maju. Lahirnya para ahli ini akan memberikan ruang dan kesempatan yang luas bagi negara berkembang dalam kaitannya pengembangan ilmu dan penerapan. Tujuan dari pemerataan teknologi ini pada akhirnya akan mendorong suatu negara berkembang untuk bisa berperan dalam menghasilkan teknologi baru sehingga bisa bersaing dengan negara maju, selain itu juga untuk mengurangi ketergantungan terhadap perkembangan ilmu teknologi negara maju.

Ekonomi internasional adalah pintu dunia, dengan menerapkan kebijakan ini akan mempermudah mewujudkan perdagangan dengan semua negara dan negara bebas menentukan untuk melakukan kerjasama ekonomi dengan negara lain yang bertujuan untuk mempercepat pembangunan dan pertumbuhan ekonomi negara. Selain itu masyarakat juga diuntungkan dengan adanya kebijakan ini, dimana berdampak pada semakin luasnya lapangan pekerjaan sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

(baca juga : manfaat kerjasama ekonomi antar negara)

Hadirnya teknologi yang sekarang dirasakan oleh banyak kalangan masyarakat adalah salah satu bentuk suksesnya ekonomi internasional yang diterapkan oleh suatu negara. Semua manusia di dunia saat ini bisa merasakan dan menikmati teknologi yang sama, baik itu negara maju maupun negara berkembang. Semua bisa menggunakannya untuk tujuan dalam mempermudah semua aktivitas baik itu untuk kegiatan sehari-hari, kegiatan industri, maupun akses informasi. Adanya teknologi membawa begitu banyak perubahan bagi perkembangan dan majunya suatu negara dan membawa tatanan kehidupan baru.

(baca juga : manfaat ekonomi kreatif)

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Makro