Sponsors Link

5 Manfaat Pasar Valuta Asing Bagi Negara

Pasar valuta asing merupakan salah satu jenis pasar yang memiliki pengaruh cukup besar terhadap perkembangan ekonomi dunia. Pasalnya, dalam pasar valuta asing atau yang biasa disingkat dengan kata valas kita bisa dengan mudah menjual atau membeli mata uang suatu Negara terhadap mata uang Negara lainnya (pasangan mata uang/pair). Pasar valuta asing ini melibatkan pasar-pasar uang utama di dunia selama 24 jam secara berkesinambungan. Ada dua macam kurs valuta asing. Yang pertama, kurs jual, yakni apabila bank atau lembaga keuangan mengeluarkan atau menjual uang asing. Yang kedua kurs beli, yakni apabila bank atau lembaga keuangan membeli atau menerima uang asing.

ads

Dua jenis kurs ini bisa di bilang memiliki dampak yang cukup besar terhadap pertumbuhan ekonomi dalam suatu Negara. Karenanya, kita harus benar-benar paham terhadap dua macam kurs ini. Kurs sendiri merupakan perbandingan daya beli antara mata uang suatu Negara terhadap Negara lain. Nilai kurs ini dapat berubah-ubah setiap waktu, bergantung pada permintaan dan penawaran yang terjadi pada pasar valuta asing itu sendiri.

Baca juga : Fungsi Pasar Valuta Asing

Pasar valuta asing memiliki beberapa fungsi seperti mentransfer daya beli mata uang antarnegara, menyediakan kredit bagi perdagangan luar negeri, memperlancar perdagangan internasional, dan juga yang lainnya. Lalu, apa saja manfaat dari adanya pasar valuta asing? Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat di peroleh dari adanya pasar valuta asing ini :

1.) Memperlancar Transaksi Antarnegara

Salah satu manfaat dari adanya pasar valuta asing adalah bisa terciptanya suatu kelancaran atau kemudahan dalam melakukan transaksi antarnegara. Semisal jika kita ingin membeli barang dari Amerika, maka tentu kita harus melakukan pembayaran dengan mata uang dollar Amerika. Dan disini lah pasar valuta asing dapat memberikan manfaatnya. Dalam pasar valuta asing, orang Indonesia dapat dengan mudah memperoleh mata uang dollar Amerika. Dengan begitu transaksi antarnegara dengan mata uang yang berbeda akan dapat di lakukan dengan mudah dan lancar.

2.) Memberikan Lapangan Pekerjaan Baru

Tidak bisa dipungkiri bahwasannya pasar valuta asing juga dapat meningkatkan kegiatan ekspor dan impor antarnegara. Hal ini tentu dapat menggiatkan dunia usaha sehingga bisa membuka lapangan kerja baru serta menyerap tenaga kerja (mengurangi pengangguran). Hal ini tentu akan sangat efektif untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.


3.) Meningkatkan Cadangan Devisa Negara

Tipisnya cadangan valuta asing suatu Negara dapat menimbulkan kesulitan ekonomi bagi Negara yang bersangkutan. Pasalnya, jika sewaktu-waktu suatau Negara perlu meng-impor suatu barang dari luar negeri, maka tentu Negara tersebut memerlukan mata uang asing untuk melakukan transaksinya. Dan disinilah pasar valuta asing memberikan peranannya. Pasar valuta asing tidak hanya membantu memperlancar transaksi dua arah antarnegara, tapi juga mampu membantu meningkatkan cadangan devisa dengan memberikan cadangan mata uang asing pada suatu Negara.

4.) Memperlancar Pembangunan Nasional

Dengan dimudahkan serta dilancarkannya transaksi dua arah antarnegara, maka kegiatan transaksi Internasional akan terus meningkat. Hal ini akan sangat membantu untuk mendorong dan memperlancar pembanggunan nasional. Selain itu, pasar valuta asing juga bisa secara efektif menyerap tenaga kerja sehingga bisa dengan mudah memperbaiki serta memajukan kondisi suatu Negara.

5.) Memungkinkan Terjadinya Kliring Internasional

Kliring internasional merupakan suatu aktivitas yang berjalan sejak terjadinya kesepakatan antara dua negara atau lebih untuk bertransaksi hingga selesainya pelaksanaan kesepakatan antarnegara tersebut. Klring sangat dibutuhkan karena kecepatan dalam duni perdagangan lebih cepat disbanding waktu yang dibutuhkan untuk melengkapi pelaksanaan aset transaksi. Pasar valuta asing dapat mempermudah pemindahan dana dari satu Negara ke Negara lain sehingga kliring internasional pun dapat terjadi.


Demikian tadi beberapa manfaat dari adanya pasar valuta asing. Untuk pelaku dalam  pasar valuta asing sendiri terdiri dari berbagai kalangan. Beberapa pelaku dalam pasar valuta asing adalah seperti bank devisa (Milik pemerintah dan swasta), exchange broker (makelar valuta asing), Money changers (penukar uang resmi), dan masih banyak lagi. Lalu apa saja jenis transaksi yang bisa terjadi dalam pasar valuta asing? Berikut ini adalah beberapa jenis transaksi yang dapat terjadi dalam pasar valuta asing.

  • Transaksi Spot

Salah satu jenis transaksi yang bisa kita temukan dalam pasar valuta asing adalah transaksi spot. Transaksi spot sendiri merupakan jenis transaksi yang melibatkan dua jenis mata uang berbeda dengan nilai yang telah disepakati. Transaksi spot biasanya bisa selesai dalam waktu dua hari kerja setelah tanggal transaksi. Kurs dalam transaksi spot ditentukan oleh penawaran dan permintaan terhadap mata uang asing di pasar antar bank. Transaksi spot ini di dasarkan pada suatu kontrak yang telah disepakati oleh dua belah pihak yang akan melakukan transaksi. Salah satu pihak akan menawarkan sejumlah mata uang kepada penerima atau pembeli dengan nilai kurs spot yang telah disepakati pada saat itu juga.

  • Transaksi Forward

Jenis transaksi lain yang juga bisa kita temukan dalam pasar valuta asing adalah transaksi forward. Transaksi forward sendiri merupakan jenis transaksi yang terjadi antara dua belah pihak yang meliputi mata uang dari dua Negara yang berbeda. Transaksi forward ini biasa dilakukan di luar bursa (over the counter). Berbeda dengan transaksi spot, transaksi forward ini pada umumnya memiliki waktu jatuh tempo yang lebih panjang berkisar antara 2 X 24 jam hingga satu tahun. Transaksi forward ini di dasarkan pada suatu nilai tertentu dan kesepakatan antara pihak-pihak yang bertransaksi dapat di ubah oleh pihak-pihak yang bertransaksi melalui suatu kesepakatan yang baru.

  • Transaksi Swap

Jenis transaksi lain yang juga dapat kita temukan dalam pasar valuta asing adalah transaksi swap. Transaksi swap sendiri merupakan jenis transaksi karena adanya suatu kontrak pembelian atau penjualan mata uang asing dengan kurs yang di sepakati hari ini sesuai dengan spot rate lalu dikombinasikan dengan melakukan penjualan atau pembelian mata uang asing dengan nilai kurs forward. Dalam transaksi swap ini sebenarnya terjadi dua jenis transaksi sekaligus yakni transaksi spot dan transaksi forward.

Dalam pasar valuta asing kita memang bisa menemukan banyak keuntungan dan juga manfaat. Namun tak bisa dipungkiri juga jika pasar valuta asing ini masih memiliki kelemahan seperti resiko kurs pertukaran yang muncul akibat naik-turunnya nilai tukar –kurs- valuta asing. Selain itu, masih ada beberapa kelemahan lain yang dapat kita temukan dalam pasar valuta asing.

, , ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Makro