Sponsors Link

Kelebihan dan Kekurangan Yayasan Serta Syarat Berdirinya

Yayasan menurut undang undang no. 16 tahun 2001 pasal 1 ayat 1 memiliki pengertian sebagai badan hukum yang terdiri atas kekayaan yang di pisahkan dan dibentuk dengan tujuan tertentu dalam bidang sosial, kemanusiaan dan agama. Yayasan tidak memiliki anggota di dalamnya namun, dan tidak dapat di klaim kepemilikannya . Namun yayasan memiliki organisasi yang bertugas untuk menjalankan kegiatan yayasan dalam mencapai tujuannya simak juga ciri-ciri yayasan . Untuk menjalankan tugasnya maka yayasan diperbolehkan membentuk badan usaha yang sesuai dengan tujuannya. Yayasan juga diperbolehkan menyertakan badan usaha yang bersifat prospektif dengan ketentuan bahwa seluruh penyertaan tersebut tidak lebih dari 25% dari aset yang dimiliki oleh yayasan.

Pada tahun 2004 undang-undang yang mengatur tentang yayasan no. 16 tahun 2001 pasal 1 ayat 1 dirubah menjadi Undang undang RI No. 28 tahun 2004. Dalam undang-undang yang baru disebutkan bahwa status badan hukum yang diperoleh yayasan haruslah memperoleh pengesahan dari menteri (Pasal 11) seperti juga ciri-ciri firma . Sehingga semua kegiatan yang dilakukan oleh yayasan selama status hukum belum disahkan menjadi tanggung jawab penuh para penggurus yayasan. Yayasan memiliki kedudukan dan tempat di wilayah Republik Indonesia. Sumber kekayaan yayasan yang merupakan aset di dalamnya diperoleh dari sumbangan/bantuan yang tidak mengikat, wakaf , hibah, hibah wasiat dan perolehan lain yang tidak bertentangan dengan AD (Anggaran Dasar) dan atau peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sumber dana tersebut digunakan oleh penggurus untuk menjalankan kegiatan sesuai dengan tujuan pendirian yayasan tersebut.

Sebagai sebuah badan hukum,  yayasan juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut akan di uraikan kelebihan dan kekurangan yayasan serta syarat berdirinya. Simak selengkapnya.

1. Kelebihan Yayasan

Dalam pendiriannya yayasan memiliki tujuan dalam salah satu bidang seperti kemanusiaan, sosial dan keagamaan simak juga bentuk-bentuk yayasan . Keberadaan yayasan tentu sangat memberikan dampak bagi masyarakat. Yayasan dapat menyentuh masyarakat yang luput dari perhatian pemerintah. Sebut saja yayasan yang bergerak di bidang kemanusiaan sangat responsif terhadap kejadian yang meliputi bencana alam, tragedi perang dan beberapa kondisi yang membawa penderitaan bagi masyarakat. Sesuai dengan tujuannya, maka yayasan memiliki kelebihan dalam membantu masyarakat terutama melaui 3 bidang yayasan seperti di bawah ini.

  • Bidang sosial, yayasan yang bergerak pada bidang ini biasanya berfokus pada basis kegiatan sosial. Seperti mendirikan lembaga formal maupun informal, misal panti asuhan, panti jompo, rumah sakit, poliklinik, laboratorium yang bergerak dalam bidang penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi serta berbagai lembaga yang tugasnya membantu masyarakat dalam mengatasi permasalahan sosial yang ada.
  • Bidang kemanusiaan, yayasan ini memiliki tujuan untuk meringankan beban masyarakat yang mencakup permasalahan tentang kemanusiaan. Yayasan dengan bidang kemanusiaan banyak membantu masyarakat pada lokasi bencana alam, pengungsi, tunawisma, gelandangan dan fakur miskin. Bantuan yang diberikan selain dalam bentuk materiil juga yayasan ini memberikan bantuan pelatihan skiil. Sehingga kelak fakir miskin, gelandangan dan tunawisma dapat menggunakan keahlian tersebut untuk mendapatkan penghasilan. Dalam hal lain, yayasan ini juga memberikan perlindungan terhadap konsumen dan lingkungan hidup. Di lain hal untuk membantu mencapai tujuannya biasanya yayasan ini mendirikan rumah duka dan rumah singgah.
  • Bidang keagamaan, yayasan yang bergerak dalam bidang ini memfokuskan kegiatannya pada kegiatan yang berbasis religius. Seperti mendirikan pondok pesantren, madrasah, pengelolaan sarana beribadah, ZIS (Zakat, Infaq dan Shodaqoh), serta kegiatan yang bersifat syiar agama.

Yayasan merupakan badan hukum yang tidak mengejar keuntungan atau profit simak juga transaksi keuangan perusahaan jasa . Dalam yayasan juga tidak ada jual beli saham. Fokus yang menjadi tujuan yayasan adalah membantu masyarakat dalam 3 bidang diatas. Caranya tidak lain adalah dengan melakukan berbagai kegiatan yang memberikan dampak langsung kepada masyarakat yang membutuhkan. Yayasan juga menjadi bentuk rasa kepedulian kepada sesama. Dengan niat inilah maka keberadaan yayasan dalam kehidupan kita akan sangat membantu dan manfaat nyatanya dapat di rasakan bersama.

2. Kekurangan Yayasan

Selain kelebihan tentu juga terdapat hal minus dari sebuah yayasan seperti ciri-ciri administrasi usaha . Seperti yang telah di uraikan sebelumnya bahwa dalam hal sumber pendanaan yang di terima yayasan sangat terbatas hanya pada beberapa bidang. Padahal jika dilihat lagi, bahwa untuk melakukan kegiatan dalam mencapai tujuan dari berdirinya sebuah yayasan,  membutuhkan dana yang tidak sedikit. Dengan terbatasnya dana dana masukan tersebut tentu saja dapat berdampak pada jalannya kegiatan yayasan. Pembatasan ini bisa berdasar karena untuk menghindarkan adanya kepentingan pribadi dari pemberi dana terhadap yayasan. Seperti yang kita tahu bahwa yayasan haruslah mandiri dan bebas dari kepentingan kepentingan yang berbau politik atau tujuan pribadi. Meskipun begitu, pembatasan ini bisa berdampak pada tidak berjalannya Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) yang kemudian dapat menyebabkan sebuah yayasan di bubarkan.

Dalam mengatasi keterbatasan dana yang sebenarnya dibutuhkan oleh yayasan maka pemerintah memberikan keleluasaan bagi sebuah yayasan untuk bisa membuah sebuah badan usaha. Tentunya badan usaha yang di bentuk tersebut haruslah sinkron dengan tujuan dari pendirian yayasan itu sendiri dan buka merupakan ciri-ciri perusahaan abal-abal . Dengan demikian maka yayasan akan memiliki sumber pemasukan dana yang dapat di gunakan oleh para pengurus untuk mendanai kegiatan baik pada bidang sosial, kemanusiaan atau agama.

Yayasan tentu dapat membantu pemerintah dalam mengatasi berbagai masalah terutama dalam bidang sosial, kemanusiaan dan keagamaan. Telah banyak sudah yang memperoleh manfaat dan bantuan dari berbagai yayasan yang telah berdiri seperti juga contoh bumdes yang sudah berhasil . Tentunya memiliki sebuah yayasan akan membuat anda memiliki cara untuk dapat berbagi kepada mereka yang membutuhkan.  Jika anda berniat untuk mendirikan sebuah yayasan maka penuhi dahulu syarat-syaratnya seperti dibawah ini :

  • Pendirian yayasan harus memiliki salah satu tujuan, baik dalam bidang sosial, kemanusiaan dan keagamaan.
  • Yayasan harus memiliki akta notaris yang telah disahkan dan ditanda tangani oleh Kemenkumham atau pejabat terkait.
  • Pendirian yayasan tidak bertentangan dengan susila.
  • Tidak juga bertentangan dengan kepentingan umum.
  • Tidak melanggar peraturan perundang-undangan, dan
  • Memiliki pengurus sekurang kurangnya satu orang.

Kelebihan dan kekurangan yayasan serta syarat berdirinya, tentu dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi anda. Sekaligus mengetahui peran dan fungsi utama yayasan dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan ini diharapkan bahwa yayasan yang telah ada mampu mencapai tujuannya dalam meberi bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Serta dapat memberikan kesadaran lebih banyak orang untuk ikut membantu saudara kita yang membutuhkan melalui yayasan yang bergerak di bidangnya masing-masing. Semoga artikel ini dapat membantu.

, ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi