Sponsors Link

9 Cara Bisnis Ikan Laut Konsumsi Terjitu

Anda pastinya tau bahwa ikan segar yang akan di jadikan salah satu konsumsi umum masyarakat ini adalah lauk yang di gemari setelah ayam dan daging. Banyak pembeli yang akan membutuhkan kebutuhan ikan harian baik itu ikan laut maupun ikan air tawar. Kebutuhan akan kedua jenis habitat ikan ini terbilang cukup seimbang. Inilah mengapa tidak jarang banyak sekali kita jumpai pedagang maupun pebisnis ikan laut dan ikan tawar konsumsi di pasaran. Walaupun di tengah ramainya pesaing, namun selalu ada pedagang ikan laut baru yang selalu bermunculan.

ads

Namun, jika anda adalah salah satu pebisnis ikan laut yang terbilang masih pemula dan baru, tentunya anda sangat membutuhkan beberapa cara dan tips jitu agar nantinya bisnis anda laku dan bisa bersaing dengan para pesaing yang lainnya. Karena tana anduan yang jelas dan pasti akan sulit bersaing dengan pesaing yang sudah tak terhitung lagi jumlahnya tersebut. Nah, jangan kawatir, berikut akan kami sajikan cara bisnis ikan laut konsumsi yang bisa anda jadikan panduan dalam memulai bisnis tersebut :

1. Mencari Ikan Di Grosir Pantai

Anda bisa mencari pemasok bisnis ikan laut konsumsi anda dengan mencari langsung para pedagang di pantai atau di pinggir laut yang nantinya akan memberikan kisaran harga yang lebih ekonomis dan murah. Biasanya para pedagang ikan yang berjuaan ikan di pinggir pantai akan menawarkan harga yang bisa membuat anda ebih untung nantinya jika menjualnya kembali sebagai lahan bisnis anda. Biasakan membeli dalam jumlah yang relatif lebih banyak pada penjual yang terpercaya agar harganya makin terjangkau.

2. Memilih Jenis Ikan Air Laut

Ketika ada sedang mencari tau tentang cara bisnis ikan laut konsumsi maka hal yang tidak boleh anda lupakan adalah tentang mengetahui dan memilih jenis ikan laut yang sering di beli atau banyak di gemari di pasaran. Karena dengan mengetahui jenis ikan laut yang sering laku maka anda sudah menerapkan cara memulai bisnis ikan laut yang baik. Seperti halnya beberapa ikan laut yang sering kita jumpai dan memiliki tingkat kebutuhan tinggi di pasar, yaitu : tongkol, ikan sarden maupun ikan tuna.

3. Persiapan Tempat Penyimpanan Ikan

Setelah beberapa hal pokok tentang cara bisnis ikan laut konsumsi telah di lakukan dengan benar maka kita juga harus lanjut ke langkah berikutnya yaitu tentang menyyiapkan wadah atau tempat untuk menyimpan ikan laut tersebut. Anda tentunya membutuhkan sebuah wadah khusus berupa kulkas agar nantinya bisa membantu dalam proses penyimpanan ikan laut supaya tetap terlihat segar. Namun anda bisa juga menggunakan wadah penyimpanan lainnya yang di gunakan beserta dengan beberapa balok es yang biasanya menjadi tempat penyimpanan ikan segar. Kotak penyimpanan ini sebenarnya juga lebih ekonomis dan mudah di bawa kemana saja selama anda melakukan transaksi bisnis anda.

ads

4. Menentukan Lokasi, Lapak atau Tempat

Usahakan anda menetapkan sebuah lapak atau melakukan perdagangan bisnis ikan laut anda di sebuah tempat yang strategis, tidak jauh dari pasaran dan lebih mudah di jangkau oleh kebanyakan orang. Jangkauan pembeli untuk bisnis ikan laut konsumsi anda tentunya akan lebih luas dengan menggunakan strategi ini. Karena sekarangg ini tidak jarang anda akan menemukan beberapa pengecer dan penjual ikan laut yang menggunakan mobil atau yang membuka sebuah lapak di pinggir jalan. Jangan terlalu memaksakan dalam penetapan tempat, yang penting lokasi tersebut nantinya bisa menunjang bisnis anda.

5. Ketahui Semua Hal Tentang Ikan Laut

Sebelum berbisnis ikan laut tentunya anda juga harus memiliki beberapa pengetahuan umum tentang hal penting berdagang ikan laut. Tentunya anda juga harus sedikit melakukan riset dan mengetahui apa saja yang harus anda jaga selama melakukan bisnis ikan laut. Seperti tingkat kesegaran, jenis dari ikan laut tersebut dan penentuan harga pasar. Karena sejatinya ikan laut dan ikan air tawar akan memiliki harga jual yang berbeda maka anda harus mengetahui terlebih dahulu harga pasar tiap tiap ikan agar nantinya tidak mengalami keugian.

6. Melakukan Promosi

Seperti halnya beberapa bisnis yang menguntungkan di desa, anda juga harus melakukan berbagai upaya promosi agar usaha ikan laut anda bisa di kenal dan di minati masyarakat luas. Bisa saja anda menggunakan beberapa promosi menarik seperti trik menarik minat pembeli dengan mengandalkan penambahan sejumlah item jika mereka membeli beberapa jenis ikan tertentu dalam jumlah tertentu. Karena melakukan trik seperti ini akan lebih mudah menarik minat para calon pembeli nantinya.

7. Melakukan Penjualan Keliling

Bisnis ikan laut konsumsi akan terasa lebih efisien dan sederhana dengan melakukan proses penjualan kembali dengan menjajakannya secara keliling di kompleks yang ramai penduduk dengan menggunakan beberapa alat transportasi andalan seperti mobil maupun sepeda motor. Agar keuntungan yang di dapat lebih banyak maka anda bisa menggunakan trik di atas yanitu membelinya langsung dari nelayan dan kembali menjajakannya di lingkungan yang ramai penduduk. Namun, anda juga memiliki tuntutan pada proses ini seperti anda yang harus menjual ke konsumen dengan waktu yang tidak boleh terlalu lama karena akan mempengaruhi kesegaran dan ikan akan lebih mudah membusuk jika memakan waktu terlalu lama. Anda bahkan bisa bekerja sama dengan beberapa pedagang dan pengusaha terkait seperti seorang pengusaha rumah makan dan katering seperti halnya beberapa bisnis kuliner modal kecil.

8. Merambah Bisnis Ikan Laut Beku

Tidak ada salahnya anda juga merambah ke usaha ikan laut beku dimana akan lebih minim resiko akan pembusukan ikan segar. Karena ikan olahan juga merupakan salah satu usaha yang memiliki nilai jual yang tinggi yang mampu menembus pasar di berbagai negara maju. Pengelolaan indurstri ikanlaut beku adalah salah satu usaha sederhana yang merupakan bagian dari usaha ikan laut yang sedang populer di beberapa negara. Produk ini di namai froozen food atau ikan laut beku yang akan lebih mudah di distribusikan dan lebih awet tentunya. Jika di bandingkan dengan harga jual ikan segar yang hanya membutuhkan beberapa hari untuk bertahan tetap segar ikan laut beku lebih tinggi harga jualnya.

Sponsors Link

9. Mempelajari Cara Mempertahankan Kesegaran Ikan

Ada 2 cara umum yang di lakukan agar ikan laut tersebut tetap bertahan dengan kesegaran yang baik. Cara pertama adalah dengan membiarkan ikan – ikan laut agar tetap bisa hidup selama terjadinya proses pengangkutan. Cara yang kedua adalah dengan tetap mempertahankan kesegaran ikan laut walaupun mereka telah mati. Untuk melancarkan cara yang pertama, maka anda memerlukan tempat khusus yang bisa menampung kandungan oksigen yang cukup di dalam air dan anda juga harus memperhatikan beberapa hal seperti pH air, suhu dan makanan di dalam wadah selama pengangkutan. Jika tidak mengalami proses ini biasanya ikan yang telah anda beli akan segera mati.

 

 

 

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis