Sponsors Link

4 Tujuan Ekonomi Kreatif Bagi Pelaku Ekonomi

Bidang industri merupakan salah satu bidang yang benar-benar diperhatikan dan dikembangkan oleh pemerintah. Alasan utamanya adalah karena industri merupakan penyumbang pemasukan negara terbesar. Jadi banyak upaya yang diberlakukan untuk mengembangkan bidang industri ini sendiri. Seperti konsep ekonomi kreatif. (baca juga : penyebab kegagalan usaha , tujuan kerjasama ekonomi antar negara)

Howskin mendefinisikan ekonomi kreatif sebagai kegiatan ekonomi yang mengharapkan input dan outputnya berupa gagasan. Gagasan menjadi penting daripada modal karena orang dengan gagasan yang baik akan mendapatkan hasil yang luar biasa. Gagasan yang dimaksud adalah gagasan yang orisinal dan bisa mendapatkan proteksi atau perlindungan. Selaian itu Ekonomi kreatif merupakan sebuah upaya untuk mengembangkan dan menggali kreatifitas para pelaku ekonomi terutama pihak yang melakukan usaha sendiri dan memiliki perusahaan. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai tujuan ekonomi kreatif. Adapun beberapa tujuan yang didapat dengan adanya ekonomi kreatif ini, antara lain : (Baca juga : pengertian motif ekonomi)

1. Memberikan konttibusi ekonomi yang signifikan

Kehadiran ekonomi kreatif bertujuan untuk emmberikan kontribusi kepada negraa tentunya pada bidang ekonomi. Kontribusi yang diberikan berupa sebuah kemajuan dan pekembangan dimana bidang ekonomi bisa memberikan tambahan pemasukan bagi negara. Bukan hanya memberikan tambahan pemasukan negara, ekonmomi kreatifpun akan menjadi alat bagi negera atau pemerintah untuk menerapkan kebijakan yang sesuai dengan tambahan sesuatu yang baru dan tentunya inovatif sehingga roda perputaran perekomian akan menjadi lebih cepat dan baik pula. Dengan ini memang terlihat negara membutuhkan sebuah ekonomi kreatif yang akan membantunya dalam  menghadapi segala permasalah di zaman globalisasi ini. Tentunya dengan kehadiran ekonomi kreatif inilah pemerintah menemukan sebuah jalan barau untuk memajukan bidang ekonomi. (baca juga : kebutuhan dasar manusia , kelebihan dan kekurangan ekonomi campuran)

2. Menciptakan iklim bisnis yang kondusif dan positif

Bukan untuk menciptakan persaingan yang tidak sehat, monopoli atau kebijakan seenaknya sendiri, namun kehadiran ekonomi kreatif adalah untuk memberikan dan menciptakan iklim bisnis yang baik dan kondusif, dimana semua pihak bersaing dengan sehat yakni dengan mengembangkan bisnisnya dengan sentuhan  kreatifitas dan inovasi yang baik. maka dengan hal ini persaingan yang terjadi akan berbuah manis dan menghasilkan manfaat yang luar biasa. Iklim bisnis yang kondusif dan positif ini berdampak positif kepada kemajuan perekonomian karena ada banyak dampak positif dari iklim ini akan menjadikan perekonomian suatu negara kuat dan berkualitas dengan balutan kreatifitas dan inovasi serta bisa bersaing dengan pihak lain. (Baca juga : Peran Pasar dalam Perekonomian Masyarakat , teori perilaku konsumen)

3. Menciptakan masyarakat yang kreatif dan inovatif

Tujuan utama adanya ekonomi kreatif adalah menciptakan dan membentuk mental kreatif dan inovatif pada diri masyarakat. Kita tahu sendiri bahwasannya masyarakat merupakan penopang perekonomian negara. Ketika masyarakat memiliki daya saing yang tinggi dan kreatif maka akan membantu negara atau pemerintah dalam upaya mengambangkan perekonomiannya. Bukan hanya itu ketika rakyatnya produktif dan pendapatan per kapita naik maka negarapun akan mendapatkan dampak baiknya yakni mendapat perhatian dari banyak pihak karena dianggap negara maju dan berkembang dari sisi perekonomian. (Baca juga : pengertian masyarakat ekonomi asean , fungsi produksi dalam perusahaan)


4. Memberikan dampak sosial yang positif

Bukan berarti ketika membahas ekonomi tidak ada hubungan dengan yang lainnya, namun ketika perekonomian mengalami sebuah peristiwa maka akan berdampak pula pada sosial masyarakat. Tingkat sosial masyarakat biasanya ditentukan dari tingkat perekonomiannya. Semakin tinggi perekonomian mereka maka tingkat status sosialpun akan membaik. Hal ini bisa didapat dengan memanfaatkan kehadiran ekonomi kreatif. Inilah salah satu tujuan yang dmiliki oleh ekonomi kreatif yakni memberikan dampak sosial yang positif bagi seluruh masyarakat di suatu negara. (Baca juga : pengaruh ekonomi terhadap pendidikan – fungsi ekonomi dalam keluarga)

5. Menggali dan mengembangkan potensi segala yang dimiliki oleh suatu negara

Setiap negara tentunya memiliki potensinya masing-masing, namun saat ini yang banyak kita lihat masih banyak negara yang belum mampu menggalai dan mengambangkan potesi yang dimiliki. Contohnya negara kita, bangsa Indonesia. Sebenarnya masih banyak potensi yang belum di gali dengan baik, seperti sumber daya alam, sumber daya manusia dan semua yang dimiliki. Bayangkan jika semua potensi di Indonesia di gali dan dikemabngkan maka Indonesia akan menajdi negara besar di dunia ini. Cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan hal tersebut adalah dengan ekonomi kreatif. (Baca juga : tujuan mempelajari ilmu ekonomi – manfaat internet untuk ekonomi)

6. Mengurangi tingkat kemiskinan dang jumlah pengangguran

Kemiskinan dan pengangguran merupakan masalah yang masih belum bisa tuntas diatasi. Namun sebenarnya ada cara efektif untuk mengurangi dan bahkan menghilangkannya yakni membuka lapangan pekerjaan serta memberikan bekal kreatifitas bagi para masyarakat. dengan bekal ini masyarakat akan mmapu membuka usaha sendiri yakni menjadi wirausaha, selain itu dengan berwirausaha bukan hanya dia sendiri yang diuntungkan namun pengangguran yang ada disekitarnya akan mendapatkan pekerjaan baru. Bukan hanya menjadi wirausaha namun ekomomi kreatif akan memberikan mindset bahwasannya untuk selalu bekerja keras untuk mendapatkan uang. Inilah tujuan ekonomi kreatif ingin mengurangi pengangguran dan kemiskinan  yang ada dengan bantuannya. (baca juga : faktor produksi tenaga kerja – manfaat ekonomi perikanan)

Demikian penjelasan mengenai tujuan ekonomi kreatif, dimana konsep ini hadir untuk membantu masyarakat dan pemerintah sebagai pelaku ekonomi dalam melaksanakan tugasnya di bidang perekonomian. Artikel terkait : manfaat ekonomi kreatif

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi