Sponsors Link

9 Tujuan Mempelajari Ilmu Ekonomi Secara Umum

Ilmu ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu yang berfokus pada pembahasan permasalahan mengenai ekonomi. Secara umum ilmu ekonomi adalah sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajarai segala bentuk cara atau sistem maupun tingkah laku manusia dalam upayanya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Ilmu ekonomi menjadi petunjuk dan bekal bagi para pelaku ekonomi dalam melaksanakan segala kegiatan atau aktivitasnya yang mneyangkut perekonomian. Tentu bukan tanpa sebab manusia mau mempelajari tentang ilmu ekonomi. Pasti ada sebuah tujuan yang mereka lihat lihat dari ilmu ekonomi itu sendiri. (Baca juga : pengertian ilmu ekonomi , Teori Perilaku Konsumen dan Produsen)

Ada beberapa tujuan mempelajari ilmu ekonomi, secara umum ada beberapa tujuan dari mempelajarinya, antara lain :

  1. Mencari tahu pengertian mengenai hubungan yang terjadi diantara peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam perekonomian. (hubungan kausal/hubungan fungsional)

Dengan mempelajari ilmu ekonomi kita bisa mencari tahu apa hubungan antara kejadian atau peristiwa peristiwa perekonomian yang ada. Dengan itu kita sebagai pelaku ekonomi bisa lebih bijak dalam bertindak dan beraktivitas terutama dalam bidang perekonomian. Bukan hanya itu dengan mengetahui makna atau hubungan dari peristiwa-peristiwa perekonomian kita mampu menarik sebuah kesimpulan bahwasannya peristiwa yang terjadi itu memiliki dampak baik atau buruk bagi perekonomian kita .

(Artikel terkait : penyebab terjadinya inflasi , faktor penyebab kelangkaan)

  1. Memenfaatkan segala peristiwa yang terjadi seputar ekonomi untuk dijadikan sebuah landasan dalam mengambil sebuah kebijakan atau keputusan dalam menghadapi segala permasalahan yang ditemui.

Sebuah permasalahan tentunya membutuhkan sebuah penyelesaian, penyelesaian itu didapat dari sebuah upaya atau kebijakan. Dalam dunia perekonomian pasti sebuah kebijakan akan diterapkan ketika suatu permasalahan terjadi. Misalkan saat terjadi inflasi pemerintah menerapkan sebuah kebijakan dimana uang yang beredar di masyarakat diminimalisasaikan. Selain itu ketika banyak pihak yang tidak membayar pajak maka kebijakan juga akan diterapkan pemerintah untuk mengatasi hal tersebut seperti pemberian sanksi dan lainnya. Perlu anda ketahui bahwasanya suatu pemecahan masalah bisa didapat ketika kita memahami peristiwa yang ada dan memanfaatkannya sebagai alat untuk mengatasi segala permasalahan yang ada.

Artikel terkait kebijakan :

  1. Menciptakan suatu kondisi yang kondusif dan baik bagi kemajuan perekonomian.

Dengan mempelajari ilmu ekonomi pastinya semua pelaku ekonomi mampu bersinergi dan bekerjasama dalam upaya menciptkan sebuah kondisi yang baik dan kondusif. Dengan kondisi seperti ini akan menguntungkan bagi semua pihak baik masyarakat dan pemerintah. Bukan hanya itu dengan adanya kondisi yang baik maka akan terbentuk kepercayaan dianatara sesama pelaku ekonomi sehingga tidak akan menimbulkan persaingan tidak sehat. Emmang dalam ekonomi kita harus bersaing namun dengan sehat. Hal ini bisa terjadi dengan dukungan kondisi yang baik dan kondusif tersebut. (Baca juga : contoh tindakan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari)

  1. Menjadikan para pihak yang membaca dan menikmatinya memiliki wawasan yang luas serta tambahan ilmu yang baik.

Bukan hal yang aneh ketika seseorang mempelajari suatu ilmu pengetahuuan maka mereka kan tambah wawasannya. Dalam ilmu ekonomipun seperti itu, ketika seseorang mempalajari ilmu ekonomi maka wawasanmereka akan menjadi semakin lebih luas khususnya dalam bidang ekonomi. Bukan hanya unggul di teori saja namun wawasan ini juga akan berguna ketika di kehidupan nyata atau di kehidupan masyarakatpun bisa digunakan, maka dari itu wawasan yang dimaksud disini adalah bagaimana individu tersebut mampu dan mengerti apa yang harus mereka lakukan ketika mereka berhadapan langsugn dengan kehidupan ekonomi yang nyata. Tentu berbeda dengan hanya membaca dan melihat, merasakan sendiri bukan hal yang mudah dan tentunya perlu pengetahuan dan pengalaman terlebih dahulu. (Baca juga : pengaruh ekonomi terhadap pendidikan ,  Fungsi Ekonomi Pasar Moda)

  1. Melatih seseorang dalam mengembangkan kreatifitasnya untuk berwirausaha dan hidup secara mandiri.

Kita tahu sendiri bahwasannya kemajuan zaman juga menjadikan kehidupan semakin sulit dan ketat jika kita hanya melihat dan bermalas-malasan maka kita akan tertinggal dan tidak mendapatkan apap-apa. Saat ini semua orang dituntut untuk mampu berwirausaha yakni menghasilkan uang dari kinerja sendiri tanpa harus ikut perusahaan dan lainnya. Selain itu pentingnya berwirausaha juga akan menjadi ladang pekerjaan bagi para pengangguran. Maka dari itu jika kita ingin memiliki kemampuan dan keahlian serta kreatifitas guna mendirikan wirausaha maka kita harus mempelajari ilmu ekonomi terlebih dahulu. Dengan mempelajarinya kita tahu bagaiamana kita bisa berwirausaha bagaiamna kita menjalankannya dan lain sebagainya. (Baca juga : manfaat ekonomi kreatif , hirearki kebutuhan Maslow)

  1. Melatih manajemen kehidupan manusia, baik manajemen waktu, manajemen uang dan lainnya.

Dalam hidup ini kita sebagai manusia perlu yang namnya menajemen yakni pengaturan hidup. Bayangkan ketika kita tidak memanajemn kehidupan kita maka akan berantakan. Untuk itulah penting bagi kita mempelajari ilmu ekonomi, karena dengan mempelajarinya kita bisa tahu dan mengerti bagimana cara kita memanejemen kehidupan kita dengan baik dan efektif. Mulai dari manajemn waktu, manajemen uang dan menjeman kbutuhan kita. dengan adanya ilmu ekonomi kita bisa membagi waktu uang dan fikiran untuk hal-hal yang baik. kita tidak akan kekurangan atau salah ketika bertindak karena kita sudah punya landasan manajemn hidup yakkni ilmu ekonomi yang telah kita pelajari. (Baca juga : tindakan ekonomi rasional – pengertian motif ekonomi)

  1. Melatih mengatur dan mengelola perekonomiannya dalam lingkup keluarga.

Keluarga merupakan tempat dan lingkup kehidupan kita yang pertama dan utama. sebelum terjun ke msyarakat kitatentunya harus mematangkan dulu fikiran dan tindakan kita dalam kelauraga. Keluarga bisa menjadi tempat berlatih bagaimana kita mampu mengolah dan mengatur perekonomian yang ada. Untuk bisa melakukan hal tersebut tentunya diperlukan sebuah bekal atau pengetahuan yang bisa kita dapat melalui mempelajri ilmu ekonomi. Dalam ilmu ekonomi kita akan menemukan berbagai cara dan inspirasi bagaimana kita bisa mengautr dan mengolah perekonomian keluarga kita dengan baik dan bermanfaat. (Baca juga : fungsi ekonomi dalam keluarga , Peran Pemerintah Sebagai Pelaku Ekonomi)

  1. Menjadikan manusia sebagai agen perubahan dalam kehidupan masyarakat.

Manusia salah satu makhluk yang bisa mengubah dan menjadi agen perubahan di kehidupan mayarakat tentunya dalam hal perekonomian. Dengan mempelajari ilmu ekonomi manusia akan mampu memiliki ilmu serta pengetahuan dalam dirinya untuk bisa merubah sesuatu yang salah menjadi benar dan sesuatu yang lambat menjadi efektif dan efisien. (Baca juga : pengertian masyarakat ekonomi asean)

  1. Membantu manusia dalam mengenal potensi alam sekitarnya.

Alam menjadi salah satu sahabat manusia dalam hal kelanjutan hidupanya, alam akan menjadi ladang pencarian harta bagi manusia. Namun masih banyak orang yang belum bisa mengenali potensi alam sekitarnya sehingga alam tidak akan bisa menghasilkan sesuatu yang baik bagi manusia. Dengan mempelajari ilmu ekonomi manusia mampu mencari tahu dan menemukan potensi salam yang ada di sekitarnya sehingga mereka mampu emngolahnya dan mendapatkan sebuah hasil yang luar biasa. (Baca juga : kebutuhan dasar manusia ,  Tujuan Kerjasama Ekonomi Antar Negara)

Selain itu juga ada tujuan mempelajari ilmu ekonomi menurut beberapa ahli, antara lain :

Menurut Mas’ud Effensi

Menurut Mas’ud Effensi tujuan kita mempelajari iomu ekonomi sebagai berikut :

  1. Membantu dalam memahami wujud suatu perilaku ekonomi di dunia nyata secara lebih baik.
  2. Memberikan pemahaman mengenai kebaikan dan keterbatasan sebuah kebijkan ekonomi yang ada.
  3. Menjadikan para insan yang mempelajarinya menjadi lebih faham dan ahli dalam bidang ekonomi

(Baca Juga: Cabang Cabang Ilmu Ekonomi , Fungsi Ilmu Ekonomi Regional dalam Perencanaan Pembangunan Wilayah)

Menurut Wonnacott

Tujuan manusia mempelajari ekonomi menurut Wonnacott adalah sebagai berikut :

  1. Mengatasi permasalahan ekonomi berupa ketenagakerjaan, pengangguran, gajai atau upah, hubungan dan kesempatanm kerja.
  2. Menjadikan pemerintah dan masyarakat mampu mengerti dan faham betul dalam mengatasi permsasalahan tingkat harga dan inflasi agar tidak sampai merugikan semua pihak dengan stabilitas harga pasar.
  3. Mengukur tingkat efisiensi pelaku ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya ekonomi yang ada di sekitarnya.
  4. Mencapai kesejahteraan hidup dengan pemerataan pendapatan.
  5. Pertumbuhan ekonomi yang disertai dengan pembangunan yang adil dan merata.

(Baca Juga: fungsi ilmu ekonomi , Karakteristik Ekonomi Liberal)

Itulah penjelasan mengenai tujuan mempelajari ilmu ekonomi, ada banyak sekali tujuan mempelajari ilmu tersebut. Selain itu kita akan mendapatkan sebuah hasil yang luar biasa kektika kita serius mempelajari ilmu ekonomi.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Ekonomi