Sponsors Link

11 Cara Memulai Bisnis Alat Berat Bagi Pemula

Bisnis alat berat kian tumbuh dan berkembang seiring dengan semakin meningkatnya pembangunan dan banyaknya mega proyek yang sedang dalah tahap pembangunan. Dalam mendukung program pemerintah dalam pembangunan sarana dan prasarana tentu bisnis alat berat kian banyak diminati seperti juga ide bisnis antrimainstream . Berbagai proyek pembangunan jalan, rel, jembatan, jalan tol dan waduk tentu membutuhkan bantuan penggunaan alat berat yang tidak sedikit. Sehingga hal ini memberikan peluang yang masih sangat terbuka lebar untuk bisa bergabung dalam bisnis sewa alat berat.

ads

Harga alat berat yang telatif tidak murah tentu membuat beberapa kontraktor lebih memilih menyewa ketimbang membelinya. Dengan begitu maka keuntungan dari proyek yang diperoleh menjadi lebih besar. Selain digunakan dalam proyek pembangunan, alat berat juga banyak digunakan untuk peralatan dalam evakuasi bencana. Alat berat banyak digunakan untuk membantu kinerja tim penyelamat dalam menyelamatkan korban serta mencari korban yang hilang.

Terdapat berbagai macam jenis alat berat yang biasa digunakan seperti crane, axcavator , buldozzer , dump truck, back hoe , forklift, mesin pengeruk tanah , mesin angkat garpu dan masih banyak jenis lainnya.  Selain niatan yang sungguh sungguh, Untuk memulai bisnis ini tentunya modal yang harus digelontorkan tidaklah sedikit. Sehingga anda harus benar benar melakukan persiapan yang mendetail. Untuk bisa sukses dalam usaha ini maka berikut 11 cara memulai bisnis alat berat bagi pemula.

1. Perencanaan yang Jelas

Semua jenis bisnis yang akan ditekuni haruslah di buat dengan rencana yang jelas. Sehingga anda akan bisa menentukan target dan profit yang nantinya akan bisa dicapai. Selain ini perencanaan juga akan bisa memperjelas tujuan yang ingin dicapai. Selain jelas tentunya juga perencanaan harus disusun secara matang. Agar usaha yang akan di lakukan dapat mencapai kesuksesan. Selain perencanaan jangka pendek sebuah usaha juga harus mencakup perencanaan jangka panjang dengan tujuan yang jelas. Karena sebuah usaha akan dikatakan maju jika usaha berkembang menuju skala yang lebih besar. Semakin besar lingkup usaha tentu keuntungan yang akan diperoleh juga semakin besar.

2. Ketesediaan Modal yang Mumpuni

Tidak dapat dipungkiri jika bisnis alat berat membutuhkan modal yang relatif besar seperti cara memulai usaha daur ulang plastik . Hal itu karena harga untuk sebuah alat berat bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta. Dengan demikian tentu modal yang dibutuhkan akan relatif besar. Jika anda terkendala modal anda bisa mengajak rekanan untuk bisa berinvestasi pada usaha anda ini. Tentunya dengan pembagian hasil yang telah disepakati. Meskipun modal yang harus dikeluarkan cukup besar namun, akan berbanding lurus dengn keuntungan yang akan diperoleh saat usaha alat berat anda sudah dikenal banyak orang.

3. Lokasi Usaha yang Strategis

Salah satu kunci sukses dalam sebuah usaha adalah lokasi  usaha yang strategis. Lokasi usaha harus mudah dijangkau baik oleh kendaraan umum ataupun pribadi. Serta usahakan lokasi usaha anda berada di pinggir jalan. Sehingga akses untuk masuk ke lokasi mudah dijangkau. Selain itu keuntungan lokasi usaha yang berada di pinggir jalan akan mudah dilihat orang. Sehingga pihak yang membutuhkan produk anda akan lebih mudah dalam mendatangi usaha anda.

4. Belanja Alat-alat Berat

Setelah modal dan lokasi usaha telah ditentukan tahap selanjutnya adalah membeli produk alat berat. Anda bisa membeli alat alat yang umum digunakan seperti crane, escavator dan mesin penggali tanah. Untuk mesin jenis lainnya anda bisa menyediakan saat ada permintaan dari konsumen. Dengan hanya membeli alat alat yang penting saja anda akan lebih bisa menghemat biaya modal. Sehingga sisa dana bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

5. Jalin Kerjasama dengan Kontraktor

Alat berat bukan merupakan kebutuhan yang dibutuhkan oleh semua orang. Hanya beberapa pihak seperti kontraktor bangunan yang membutuhkannya. Sehingga pangsa pasar usaha ini tidaklah luas. Oleh karenanya untuk lebih memudahkan dalam memperoleh konsumen maka anda bisa mencoba menjalin kerjasama dengn kontraktor ternama. Seperti adhikarya , waskita karya dan wika. Dengan demikian maka saat para kontraktor tersebut mendapatkan proyek yang berlokasi disekitar daerah anda. Maka mereka akan menyeewa alat berat pada anda.

6. Promosi Besar-besaran

Usaha alat berat tidak bisa dikenal konsumen dengan sendirinya. Harus ada langkah dalam memperkenalkan usaha kepada masyarakat secara luas. Salah satu cara memperkenalkan adalah dengan menawarkan  harga dan promo yang menarik. Promo dan harga bisa menjadi daya tarik konsumen. Anda bisa mengambil jalur promosi baik secara offline ataupun online. Menyebarkan brosur, pamflet, membuat iklan di media cetak dan mencetak spanduk yang bisa membuat konsumen tertarik untuk untuk membacanya. Selain itu juga berbagai situs online seperti ide bisnis makanan online yang  menyediakan kolom iklan baris yang bisa anda manfaatkan untuk menjaring konsumen. Untuk membantu kinerja anda agar semakin efektif dan gencar dalam melakukan promosi anda bisa menhalin kerjasama dengan para tenaga sales. Dan memberikan komisi saat mereka berhasil menemukan orang/badan usaha yang membutuhkan sewa alat berat dari anda. Tentunya dengan begini jaringan anda akan semakin luas dan usaha anda akan semakin dikenal.

7. Pantang Menyerah

Dalam memulai sebuah usaha tentunya kita harus memiliki sikap pantang menyerah. Jika dilanda sedikit masalah saja kita sudah mundur maka hal ini akan berdampak buruk bagi citra usaha yang telah anda bangun. Lagipula tidak ada usaha yang akan berjalan semulus jalan tol. Akan selalu ada kendala dan masalah yang datang menghampiri. Masalah yang paling umum dalam bisnis sewa alat berat seperti pembayaran yang kadangkala macet. Oleh karenannya ketimbang hanya berfokus pada masalah tersebut lebih baik anda lebih bekerja keras untuk mendapatkan lebih banyak konsumen. Jangan samapai masalah masalah sejenis membuat anda mudah menyerah.

8. Bersunguh-sungguh dan Kerja Keras

Selain niat, kesungguhan untuk memulai usaha harusnya dimiliki dalam jiwa seorang pengusaha. Jika niat anda hanya dilandasi keinginan dan tanpa kesungguhan maka langkah anda dalam menjalankan usaha dan hasil yang dicapai hanya akan segitu gitu saja. Lain halnya jika anda melakukan dengan sungguh sungguh pasti usaha dan kerja yang akan anda lakukan akan total. Ingatlah selalu bahwa tidak akan ada hasil yang menghianati sebuah usaha. Tidak ada kesuksesan yang bisa diraih tanpa kerja keras. Begitupun dengan usaha pertanian yang menjanjikan saat ini.

9. Sedekah

Setiap umat beagama pasti selalu menganjurkan untuk berbagi kepada sesama. Kita biasa menyebutnya sebagai sedekah, sebagai bentuk rasa syukur kita atas rezeki yang dilimpahkan oleh sang maha kuasa. Sedekah akan semakin memperlancar jalannya usaha yang sedang kita geluti dan juga bisa mendatangkan lebih banyak rezeki lagi. Untuk bisa bersedekah anda tidak perlu menunggu hingga usaha sukses. Anda bisa memulainya saat mulai membuka usaha. Jadi, sempatkan untuk selalu berbagai.

10. Fokus

Banyak sekali pengusaha alat berat yang gulung tikar karena kegagalan dalam usaha. Penyebab utamanya adalah mereke tidak berfokus pada satu jenis usaha yang ditekuni. Jika anda memilih untuk mengusahakan sewa alat berat maka jangan memilirik atau mencoba lagi usaha jenis lainnya seperti jual alat berat. Anda tidak akan bisa berfokus dan pada akhirnya akan menyebabkan usaha anda menjadi berantakan dan akan sangat berbahaya bagi kelangsungan usaha anda. Jadi fokuslah pada satu jenis usaha saja agar usaha anda lebih berjalan optimal.

11. Berusaha Sambil Berdoa

Berdoa merupakan salah satu upaya untuk mendekatkan diri kepeda tuhan yang maha esa. Berusaha sembari berdoa menjadi hal yang saling melengkapi. Dengan doa dipercaya anda akan lebih  mudah dalam memulai usaha dan diberi kelancaran dalam menjalankan usaha. Sehingga jangan pernah lupa untuk memulai dan mengakhiri kegiatan usaha dengan doa.

11 cara memulai bisnis alat berat bagi pemula tentu bisa menjadi panduan bagi anda saat akan memutuskan memulai usaha ini.  Niat, usaha dan doa harus diimbangi dengan seimbang agar usaha anda bisa mencapai kesuksesan. Jangan sampai anda berhenti di tengah jalan karena ingat bahwa bisnis alat berat membutuhkan modal yang besar. Ingatlah bahwa kesuksesan akan menghampiri orang orang yang berusaha, bekerja keras dan berdoa. Selamat mencoba, semoga artikel ini dapat membantu.

, ,