Sponsors Link

5 Bisnis Franchise Yang Cepat Balik Modal

Bisnis franchise atau waralaba memang bisa dibilang menarik bagi para pemula. Bisnis franchise seringkali dianggap bisnis instant karena tidak perlu memikirkan tentang ide dan konsep bisnis, manajemen, periklanan, dan hal-hal lainnya. Para pelaku bisnis waralaba (franchisee) hanya perlu membayar sejumlah uang investasi awal dan mulai berjualan menggunakan sistem yang disediakan oleh franchisor.

Namun ternyata menjadi pelaku bisnis waralaba tidak semudah yang dipikirkan orang lain. Pelaku bisnis waralaba wajib mengeluarkan sejumlah uang di awal sebagai investasi yang jumlahnya cukup besar serta memenuhi beragam persyaratan yang ditentukan oleh franchisor. Sementara dalam perjalanan usahanya, franchisee juga tidak luput dari pasang naik dan pasang surut. Lantas timbul pertanyaan, kapan usaha tersebut bisa balik modal?

Sebagaimana bisnis pada umumnya, ada dua hal yang dapat anda lakukan agar cepat balik modal, yaitu meminimalkan jumlah modal yang anda keluarkan, dan memilih usaha dengan potensi menghasilkan omzet yang besar. Berikut ini adalah referensi tentang 5 bisnis franchise yang cepat balik modal:

  1. Aice

Yup, es krim dengan kisaran harga antara Rp. 2000 hingga Rp. 10.000 ini tentu saja menjadi pilihan nomor satu, terutama bagi ibu-ibu yang memiliki toko kelontong di rumah. Selain diminati anak-anak karena rasanya yang creamy dan harga terjangkau, Aice juga memiliki paket yang sangat murah untuk kalangan reseller atau agen. Anda cukup mengeluarkan modal minimal sebesar Rp. 500.000 untuk paket es krim yang ditentukan dan mendapat pinjaman freezer dari perusahaan.

Dengan strategi marketing yang anda kembangkan sendiri, anda memiliki potensi mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 600.000 per bulan dengan modal Rp. 2 juta untuk membeli 400 es krim.

  1. King Mango Thai

Minuman khas Thailand ini berisikan mangga puree yang dijus kemudian ditambahkan potongan buah mangga serta whipped cream di atasnya. Keberhasilan dalam memadukan cita rasa mangga yang manis serta segarnya jus mangga menjadikan pelanggan sulit untuk menolak nikmatnya segelas King Mango Thai yang dipatok seharga Rp. 50.000.

Gerai minuman ini pertama kali di buka di Neo Soho Mall, Jakarta pada tahun 2017. Setelahnya, mulai bermunculan gerai-gerai lain lantaran jumlah permintaannya luar biasa banyak. Untuk menjadi mitra dari bisnis ini, King Mango Thai menawarkan beberapa pilihan modal, antara lain Rp. 7,5 juta, Rp. 12 juta, dan Rp. 17,5 juta. Tertarik mencoba?

  1. Roti John

Siapa yang tidak kenal Roti John? Roti berukuran panjang dengan beragam irisan seperti sayur, telur dadar, ham, serta mayonais dan saus sambal. Camilan khas asal Singapura ini sedang trend di kalangan pecinta kuliner Indonesia. Hal ini dimanfaatkan oleh Mr. John, usaha kuliner dibawah CV Adhiwa Innovation, yang berhasil membuka gerai di wilayah Indonesia.

Mr. John menawarkan paket waralaba mulai dari Rp. 8 juta dan anda akan mendapatkan perlengkapan beserta bahan baku untuk 50 porsi. Dilansir dari situs resmi Mr. John, potensi omzet yang dihasilkan berkisar antara Rp. 9 juta hingga Rp. 18 juta per bulan.

  1. Pasco

Selanjutnya, ada minuman favorit anak kuliahan nih. Passion of chocolate alias Pasco merupakan minuman ice blend yang banyak digandrungi masyarakat karena rasanya enak dan harga yang pas di kantong. Meskipun saat ini produk minuman serupa bermunculan sebagai pesaing, namun Pasco masih tetap eksis dan memiliki gerai yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Pasco menawarkan paket waralaba seharga Rp. 8,5 juta untuk paket booth dan Rp. 9,5 juta untuk paket tenda. Dengan harga tersebut, anda akan mendapatkan booth dan perlengkapan berjualan. Jika anda mampu menjual 90 cup dalam sehari, maka diperkirakan modal anda akan kembali dalam waktu dua bulan saja. Oh, jangan lupa siapkan lokasi yang strategis untuk berjualan, ya.

  1. Kebab Baba Rafi

Yang terakhir ada usaha franchise yang setidaknya pernah anda lihat di sepanjang perjalanan. Kebab Turki Baba Rafi bisa disebut sebagai salah satu usaha franchise makanan yang paling lama bertahan. Usaha ini mulai beroperasi sejak tahun 2005 dan masih eksis hingga sekarang dengan jumlah gerai yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, bahkan kini merambah ke Malaysia dan Filipina.

Jika anda ingin bermitra dengan usaha franchise ini, modal awal yang diperlukan cukup besar yaitu paling sedikit Rp. 75 juta. Dengan modal tersebut, anda akan memperoleh kedai mulai dari bentuk gerobak hingga kontainer. Selain itu, anda juga akan mendapatkan karyawan bahkan dibantu mencari lokasi untuk berjualan. Terkait omzet penjualan, situs resmi Baba Rafi mengungkapkan bahwa usaha ini memiliki potensi pendapatan sebesar Rp. 650.000 per hari yang berarti anda akan memperoleh sekitar Rp. 19,5 juta per bulan.

Nah, itulah 5 bisnis franchise yang cepat balik modal. Apakah anda tertarik untuk bergabung menjadi mitra salah satunya?

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Franchise