Sponsors Link

7 Cara Ekspor Ikan Laut Yang Wajib Anda Ketahui

Salah satu dampak dari era globalisasi adalah adanya sistem perdagangan internasional. Salah satunya dalah adanya sistem eksport barang ke luar negri yang sekarang sedang banyk di lakukan oleh pengusaha di Indonesia karena beberapa alasan dari manfaat eksport import. Bahkan bagi peluang usaha ikan laut, adanya pasar eksport merupakan salah satu peluang utama dalam mengembangkan usaha tersebut. Karena ikan laut yang berasal di Indonesia memiliki kisaran harga yang bagus di beberapa pasar negara Singapura, Jepang, Eropa, Cina dan Hongkong. Indonesia merupakan salah satu produsen ikan laut yang terbesar, hanya saja beberapa kebutuhan ikan laut masih belum tercukupi sepenuhnya.

ads

Walaupun pasar ekspor ini merupakan salah satu ladang terbesar bagi usaha ikan laut. Namun tentunya anda juga di tuntut menghasilkan ikan laut yang bernilai jual dan memiliki kualitas terbaik agar bisa di ekspor keberbagai negara lain yang membutuhkan. Beberapa faktor yang bisa menghambat adanya produksi lokal adalah kualitas produksi, ketepatan pengiriman, kontinuitas, keseragaman hasil panen dan keamanan produksi ini juga akan menjadi penyebab ekonomi melemah. Bahkan untuk beberapa kasus dimana tejadinya penolakan ekspor ikan laut dari Indonesia hanya karena sebuah masalah sepele yaitu “kurangnya kebersihan”. Kebutuhan konsumen tentnag ekspor ikan laut cukup tinggi namun usaha ekspor yang telah terjadi masih minim dan di bawah target, inilah mengapa usaha dan cara ekspor ikan laut masih menjadi salah satu peluang besar dalam mendapatkan kesuksesan.

1. Penuhi Syarat Internal

Hal mendasar ketika anda mempelajai cara eksport ikan laut adalah dengan melengkapi segala persyaratan internal. Karena ada beberapa syarat dan kewajiban yang sebelumnya harus anda lengkapi dan penuhi ketika ingin menjadi seorang eksportir perikanan.  Persyaratan tersebut telah di tetapkan oleh BKIPM yang merupakan lembaga cabang dari KKP. Dimana telah di cantumkan syarat pertama yang harus anda lengkapi adalah memiliki SKP atau surat kelayakan pengelolahan. Ini adalah surat pertama ketika anda akan mendiikan sebuah unit pengolahan ikan atau biasa di singkat dengan UPI.

Kemudian di susul dengan adanya sertifikat yang menyatakan bahwa lembaga anda telah melakukan sistem manajemen mutu yang baik, dimana sertifikat tersebut dikeluarkan oleh BKIPM. Kemudian produk ikan laut yang nantinya akan di ekspor juga telah lengkap dengan adanya HC atau health certificate yang merupakan sertifikat kesehatan ikan, dimana sertifikat ini nantinya di keluarkan oleh UPT BKIPM di Indonesia. Produk ikan laut yang nantinya akan anda ekspor juga harus memiliki SPM yaitu surat persetujuan muat.

2. Penelusuran Asal Ikan Laut

Produk ikan laut yang nantinya akan di ekspor itu harus di ketahui terlebih dahulu darimana asalnya atau yang biasa di namakan dengan traceability. Ini juga merupakan salah satu upaya dalam pencegahan adanya ikan laut yang merupakan hasil dari illegal fishing atau pengambilan ikan secara prosedur yang tidak sah atau yang di larang (pencurian dan pemberantasan ikan). Jadi walaupun ikan laut yang akan di ekspor hasil dari tangkapan para nelayan kecil, namun sebaiknya mereka tetap melakukan prosedur yang benar. Dimana hasil tangkapan ikan laut tersebut harus jelas sumber dan asal usul penangkapannya.

ads

3. Kualitas dan Mutu

Selain 2 hal penting diatas, mutu produksi dari ikan laut yang hendak di ekspor juga harus di perhatikan, sama halnya dengan cara bisnis ikan laut konsumsi. Dimana produk yang lebih mudah rusak atau perishable yang akan di eksport memiliki jainan tentang penangan yang lebih baik. Ini merupakan salah satu poin yang harus di lakukan dalam cara ekspor ikan laut. Ikan yang telah mengalami penangkapan akan di kelola dengan baik dan memiliki jaminan mutu sehingga tetap layak untuk di masukan ke dalam industri dan melengkapi tujuan perdaganagan internasional tersebut.

 

4. Miliki Pengetahuan Tentang Pasar Internasional

Ketika anda memutuskan untuk mempelajari cara ekspor ikan laut, maka anda perlu mempelajari dan mengali sebanyak-banyaknya beragam informasi penting yang berkaitan dengan pengetahuan pasar yang nantinya akan menjadi target bisnis ekspor anda. Market inteligence adalah pengetahuan dasar yang akan membawa anda meraih tujuan dalam menembus pasar Internasional tersebut. Ada beragam cara egektif dalam mendapatkan pengetahuan akan pasar internasional tersebut seperti mengetahui mutu barang, melakukan survey pasar, mengetahui harga para pesaing, data tentang pasar dan mengenali produk sejenis di pasar target anda tersebut. Bahkan dengan menjadi salah seorang peserta pameran dagang internasional yang diadakan di luar negeri juga bisa menambah pengetahuan dasar akan pasar internasional yang akan sangat anda butuhkan tersebut.

5. Pencarian Database BPEN

Agar bisnis ekspor ikan laut anda berjalan dengan lancar maka anda juga harus mencari database dai BPEN atau badan pengembangan export nasional yang merupakan salah satu lembaga yang melakukan pembinaan dan koordinasi tentang sebuah pengembangan eksport. Ini merupakan lembaga yang akan ikt serta dan melakukan pameran dagang yang akan di lakukan pada sebuah negara. Tujuan dari diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk lebih aktif mengajak beberapa pedagang dan nelayan di Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam peningkatan kegiatan ekspor yang akan menaikan hubungan dagang Indonesia dengan para pembeli di Negara lainnya.

6. Pemanfaatan Data Kedutaan Besar Negara Asing

Setelah anda melakukan beberapa cara yang telah di jabakan di atas, tidak ada salahnya melanjutkan dengan cara mencari database dari kedutaan besar negara asing yang berada di Indonesia. Untuk mengenali seluk beluk tantang pasar internasional, maka kedubes juga memiliki peranannya tersendiri. Dimana nantinya anda bisa mendapatkan calon pembeli yang lebih spesifik. Karena pada umumnya kedubes akan memiliki perwakilan yang bertugas membantu anda dalam menemukan calon patner yang tepat dalam melakukan kegiatan ekspor di negara tersebut.

Sponsors Link

7. Lakukan Promosi Secara Online

Memanfaatkan ketenaran dan kekuatan yang di milki oleh intenet saat ini adalah salah satu cara yang sebaiknya menjadi pertimbangan anda ketika melakukan usaha ekspor ikan laut tersebut. Dengan majunya perkembangan teknologi, maka sudah tidak asing lagi jika seseorang melakukan aktifitas perdagangan dan mempromosikan barang dagangan mereka secara online. Anda bisa dengan mudahnya membangun dan mendapatkan kepercayaan relasi hanya dengan penggunaan website maupun media online lainnya. Karena paa calon pembeli asing tersebut akan lebih mudah mengenali, mencari tau dan mengetahui tantng apa yang kita produksi, mutu besreta beberapa informasi penting lainnya yang mereka ingin ketahui.

Mengenali serangkaian prosedur resmi tentang ekspor barang terutama hasil alam berupa ikan laut tersebut adalah hal yang tidak boleh luput dari kendali ada. Karena nantinya anda akan di tuntut memahami beberapa hal seperti sistem pembayaran dan hal penting lainnya. Demikianlah beberapa cara yang efektif di lakukan dalam proses ekspor ikan laut yang akan menjadi salah satu usaha besar yang anda kelola.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Peluang Bisnis