Sponsors Link

8 Cara Membuka Usaha Chrome Mudah dan Efektif

Apakah anda sedang berusaha dan berfikiran untuk membuka sebuah usaha di budang otomotif dan modifikasi body mesin? Ini merupakan salah satu contoh profesi tenaga kerja jasmani yang bisa anda tekuni. Namun, terkadang banyak orang yang salah mengartikan sebuah usaha. Seperti halnya ketika ingin mengetahui cara membuka usaha chrome, orang – orang akan berfikiran bahwa membuka usaha ini harus membutuhkan modal usaha yang sangat besar dan tidak akan terjangkau oleh kebanyakan orang. Jika kita selalu berfikiran sempit, maka hasil pemikiran yang di dapat akan selalu memberikan kesimpulan yang sama sekali salah. Walaupun terkadang untuk membuat dan membuka sebuah usaha tidaklah semahal dan serumit yang kita fikirkan.

ads

Inilah mengapa seseorang di tuntut untuk melakukan sebuah “aksi” ketika menginginkan sesuatu. Seperti cara membuka uaha chrome ini bahakan salah satu contoh bisnis modal 5 juta yang bisa anda kembangkan kedepannya. Karena pada dasarnya ketika anda sedang berusaha membuka usaha chrome yang masih setingkat dengan home industry maka hanya memerlukan senyawa atau cairan nikel sebanyak 30 hingga 40 Liter dan sama halnya dengan senyawa chrome. Ini merupakan sebuah pemulaan yang bahkan bisa dalam pembuatan dan pelapisan sebuah plat sepeda. Tidak hanya bergantung pada modal, anda juga harus mengasah kemampuan dengan belajar pada orang lain atau secara autodidak. Walaupun anda memiliki modal banyak yang melimpah, namun tidak akan berguna jika anda tida membarengi dengan berbagai poin penting lainnya, Berikut poin penting dalam cara membuka usaha chrome:

1. Memulai Tanpa Modal

Tidak percaya ada banyak usaha yang bisa di katakan tanpa modal? Ya, usaha modal 10 juta rupiah juga sebenarnya bisa di mulai tanpa modal. Karena ada banyak cara yang bisa di lakukan, salah satunya adalah dengan membantu menjadi reseller atau penjual yang akan mempromosikan dan menjualkan produk maupun jasa yang di kelola oleh orang lain. Tugas anda hanya menyalurkan dan mencari para calon pembeli yang tertarik dan berminat dengan produk maupun jasa yang di tawarkan oleh patner atau rekan kerja anda tersebut. Dan bahkan untuk menjadi seorang penyalur ini anda tidak membutuhkan modal kerja bukan?

2. Mengetahui Prinsip Elektroplating Chrome

Masyarakat umum biasanya akan menggunakan istilah krom pada proses electropacting, maupun teknik dalam pelapisan logam dan baja. Ini merupakan sebuah teknik yang nantinya akan memberikan kemudahan dalam pelapisan logam atau besi agar dapat bisa bertahan lebih lama terhadap karat maupun korosi yang nantinya akan memperindah bentuk dari logam tersebut. Proses dari electroplating ada chrome sendiri bisa terjadi karena adanya perpindahan bahan logam yang ada pada susunan plat pelapis yang biasa di sebut anoda ke katoda atau logam dan bagian yang akan di lapisi. Anda memerlukan sebuah alat berupa travo untuk melakukan perpindahan dari partikel tersebut, karena tidak semudah pengerjaan dalam pengelasan logam.

3. Modal Usaha

Tentunya anda membutuhkan beberapa atau sejumlah modal untuk memulai sebuah usaha, bukan? Bahkan jika bisnis tersebut di kelola dengan baik, walaupun dengan modal awal yang minim maka akan tetap menjadi salah satu ide bisnis jangka panjang yang akan mengantarkan anda menuju kesuksesan. Sedangkan untuk awal modal usaha chrome ini sendiri tidak selalu membutuhkan modal yang besar, anda tetap bisa menjalankan usaha ini dengan modal kecil yang terbilang minim, seperti modal awal 10  juta hingga 40 juta. Seperti jika anda juga membuka usaha sray chrome yang membutuhkan bahan yang biasanya di jual 4 jutaan, dimana bahan tersebut terdiri dari Sensitizer, Activator, Modifier, Metal Plating dan Reducer.

4. Pertimbangan Peralatan Listrik

Penggunaan alat listrik memang sangat vital dalam cara memulai usaha chrome ini. Karena pekerjaan di dalam usaha ini memang sangat berhubungan dengan seperangkat peralatan listrik seperti travo biasa yang bukan jenis travo untuk proses mengelas. Sedangkan kondisi dari travo yang digunakan harus selalu dalam keadaan yang baik karena sebagian proses dari pelapisan akan sangat di tentukan oleh baiknya travo recifier tersebut, jadi setidaknya jangan sampai ada kebocoran arus. Hasil pelapisan akan lebih cepat jika amper atau penampung arus listrik semakin besar. Anda bisa mendapatkan travo ini pada toko eletronik.

ads

5. Penentuan Lokasi Usaha

Seharusnya anda mengetahui bahwa sebuah lokasi atau pemilihan tempat dalam pembuatan sebah usaha termasuk usaha chrome akan sangat mempengaruhi kelancaran daru usaha tersebut. Jadi usahakan bahwa anda tidak membuka usaha pada lokasi atau tempat yang sangat terpencil dan sulit di jangkau oleh lat-alat transportasi. Karena sebagaimanpun baiknya hasil pelapisan dan ukiran anda, jika lokasi yang di tuju konsumen tidak baik dan sangat sulit di jangkau, tentunya mereka akan tetap enggan menjangkau lokasi tersebut, bukan? Jadi selain mengasah keahlian dan mengelola modal usaha dengan baik, setidaknya usaha tersebut juga harus di barengi dengan penempatan lokasi yang strategis.

6. Mengasah Kemampuan

Seperti yang telah di jelaskan di awal artikel bahwa anda bisa melakukan metode belajar autodidak dengan pengalaman atau mencari sumber pembelajaran terpercaya atau mengikuti kursus tertentu tentang pelatihan chrome. Karena kualitas akan sangat dianadalkan para konsumen, dimana seseorang yang memberikan kualitas dan perawatan yang ebih akan lebih banyak di sukai pelnaggan ketimbang yang memberikan hasil abal-abal, bukan? Pelajarilah segala hal tentang cara dan teknik mengoles yang baik, karena usaha chrome akan sangat bergantung pada hasil plesan yang rapi dan bagus.

7. Pembelian Peralatan

Tentunya ada beberapa peralatan penting yang sebaiknya anda miliki terlebih dahulu ketika ingin membuka usaha chrome skala rumahan milik anda sendiri. Dimana beberapa bahan dan alat penting tersebut adalah :

  • Senyawa Kimia : Untuk finising dan larutan yang akan di gunakan pertama kali adalah senyawa nikel pada senyawa chrom. Untuk senyawa jenis logam aluminium maka pelapisannya harus menggunakan penghantar yang berupa cairan, seperti penggunaan zincate atau aluminium sell. Sedagkan jenis logam berupa besi hanya perlu di lakukan perendaman dengan larutan HCL yang nantinya bisa menghapus dan menghilangkan kotoran beserta karat.
  • Plat Logam : Plat logam umum yang di gunakan berupa kuningan, nikel, zing, tembaga dan timah.Namun plat nikel adalah jenis plat logam , timah dan chrome yang sering di pakai dalam usaha chrome.
  • Gerinda : Merupakan sebuah alat yang nantinya memiliki peranan dalam penghalusan barang yang akan anda lakukan pengkroman agar hasil yang di dapat maksimal. Gunakan setidaknya gerindra yang memiliki kapasitas 1 HP.
Sponsors Link

8. Promosi Usaha

Setelah semua hal selesai di persiapkan, maka hal terakhir dalam memulai sebuah usaha chrome hanya dengan melakukan pomosi dari usaha tersebut. Masih ragu? Maka anda bisa melakukan bantuan kerabat dalam membantu mempromosikan usaha chrome yang anda miliki. Daripada langsung meminta bantuan jasa promosi usaha anda juga bisa langsung memanfaatkan website online dan media sosial.

 

 

, ,
Oleh :
Kategori : Peluang Bisnis