Sponsors Link

11 Cara Membuka Usaha Butik Termudah dan Efektif

Bagi para wanita khususnya, membuka usaha di bidang fashion merupakan sebuah hobi yang di bayar. Bagaimana tidak, para wanita umumnya sangat menyukai keindahan dan mereka amat sangat peka terhadap perkembangan trend. Inilah mengapa banyak wanita yang tertarik dengan topik cara membuka usaha butik yang tentu saja merupakan salah satu cara memulai bisnis pakaian modal kecil menguntungkan. Karena tidak sedikit orang yang berusaha membuka usaha rumahan untuk keuntungan pribadi mereka sendiri. Dan butik merupakan salah satu usaha yang di gemari diantara sekian banyak usaha lainnya.

ads

Bahkan menjalankan usaha butik rumahan akan menjadi kiat awal dimana seseorang bisa dengan mudah mendapatkan uang melalui sebuah kerja sampingan. Bahkan ini merupakan salah satu pilihan terbanyak diantara banyaknya peluang usaha lain yang di gemari para wanita kariri. Karena dengan mengelola sebuah butik anda tidak pelu meluangkan keseluruhan waktu untuk berada di dalam butik tersebut. Pada artikel ini, kami akan memebrikan beberapa cara membuka usaha butik yang mudah dan efisien menuut pengalaman banyak pengusaha butik ternama:

1. Penentuan Jadwal

Anda tentunya di tuntut untuk memiliki jam kerja tersendiri walaupun sebenarnya anda hanya menjalankan usaha ini sebagai sebuah usaha sampingan. Penentuan jadwal yang tesusun juga akan menjadi salah satu pondasi kuat dalam cara memulai bisnis pakaian ini. Jika anda sedang berusaha membuka sebuah butik di rumah ini berarti anda harus menjalankan bisnis atau usaha tersebut dengan teratur dan fleksibel.

Jika anda memang tidak memiliki pekerjaan lain selain mengurusi dan mengelola usha butik anda, maka anda bisa memulai membuka toko butik tersebut jam 9 pagi ketika semua urusan di rumah sudah kelar. Konsisten dengan jalannya usaha butik adalah salah satu unci kesuksesn di mana anda memang di tuntut untuk melakukannya dengan alur yang benar. Jika anda tidak konsisten maka akan banyak kendala yang datang menghampiri usaha butik anda seperti kekecewaan pelanggan yang mendapati jadwal buka butik anda yang tidak pernah stabil.

2. Miliki Sebuah Sistem

Memiliki dan menentukan sebuah sistem yang baik dalam menjalankan sebuah usaha adalah hal yang penting di lakukan demi kelancaran sebuah usaha tersebut. Dan hal ini juga merupakan bagian dasar dari cara membuka usaha butik menguntungkan untuk lahan usaha anda. Semua hal yang berkaitan tentang usaha butik anda dapat di ecord dengan mudah dan benar jika anda memiliki sebuah sistem yang berjalan dengan baik. Catatan tersebut berupa pemasukan yang didapat, catatan semua pengeluaran modal belanja dan semua hal yang berhubungan dengan stok gudang. Jika anda memiliki seluruh sistem yang terintergrasi dengan baik, maka semua perkara yang menjadi malsah butik akan mudah terselesaikan.

3. Kerapian dan Kebersihan

Tentunya semua kerapian dan kebersihan dari butik yang sedang anda kelola harus tetap terjaga selama usah tersebut potensial dan menjadi ladang buat anda. Siapa sih yang ingin berada di sebuah butik yang sama sekali tidak rapi dan kotor? Tentunya ini menjadi salah satu poin pertimbangan agar anda tetap membeikan kenyamanan bagi para pengunjung butik tersebut. Bukankah kerapian dan kebersihan akan selalu menarik minat para pengunjung?

4. Strategi Pemasaran dan Promosi

Pemanfaatan promosi online sudah bukan hal yang asing lagi saat ini dalam cara jualan baju agar cepat laku. Dimana anda bisa mendapatkan dan menargetkan para calon pembeli di khalayak ramai. Karena sekarang ini sudah banyak sekali pemanfaatan media online yang di gunakan untuk apa saja termasuk cara promosi online. Beberapa media sosial seperti twitter, facebook maupun instagram sudah tidak asing lagi untuk di jadikan sebagai media promosi oleh sebagian besar pengusaha butik.

Startegi pemasaran yang akan cukup ampuh dalam menarik minat para pembeli secara langsung ke butik adalah dengan pemajangan beberapa produk butik terlaris dan paling banyak di cai orang di etalase depan. Berikan beberapa tawarran menarik pada awal anda memulai bisnis butik ini. Ini akan menjadi sebuah strategi pemasaran yang baik bagi pemula.

Sponsors Link

5. Lakukan Survey

Walaupun sebenarnya pesaing akan selalu ada di mana-mana namun agar anda tidak ketinggalan dan asal-asalan dalam memilih produk maka anda harus tetap melakukan survey terhadap pesaing anda. Nantinya anda akan menemukan beberapa kelemahan dan kelebihan yang di miliki para pesaing yang dapat anda pelajari secara langsung dan menjadi acuan dalam mengembangkan usaha butik anda.

6. Pemberian Nama

Walaupun terdengar sepele, namun anda memang harus tetap meberikan sebuah nama yang menarik dan unik bagi usaha butik anda. Ini akan membuat anda lebih mudah dalam melakukan promosi dan akan memudahkan bagi para calon pembeli maupun pelanggan untuk menemukan dan mengingat butik anda. Setidaknya buatlah sebuah nama yang unik dan mudah untuk di ingat, ya!

7. Produk Yang Berbeda

Jualah beberapa produk yang sedang ngetrend dan bebeda di setiap musimnya. Jangan selalu menyetok produk monoton dimana nantinya tidak ada pilihan lain yang bisa di pilih oleh pembeli, jadi lakukanlah sebuah pembaharuan dimana anda melakukan pembelian dan menyetok beberapa produk yang berbeda yang kemungkina sangat di sukai banyak orang. Karena trend fashion sangatlah mudah untuk berubah dan mudah untuk di jadikan trandsetter terbaru.

8. Desain Produk

Jika anda memiliki talenta dalam mendesain dan menjahit produk pakaian anda sendiri amaka ini akan menjadi poin plus dlam pengembangan usaha butik anda. Dimana nantinya anda bisa melakukan dan memastikan sendiri kondisi dan desain dari produk yang anda jual di butik anda tersebut. Karena mendasain sendiri akan lebih bagus hasilnya daipada anda mengandalkan hasil dari pabrik.

9. Penentuan Harga

Ketika anda telah melakukan survey terhadap pesaing maka anda pastinya sudah tau kisaran harga yang di miliki pesaing, bukan? Jadi lakukanlah penentuan harga yang bersaing dan tidak terlalu jauh dai para pesaing yang lainnya. Jangan terlalu mahal, ya!

Sponsors Link

10. Membuka Toko Online

Jangan ragu untuk membuka usaha toko online, ya! karena ini akan menunjang perkembangan usaha butik anda. Walaupun anda memang sudah memiliki toko offline yang berada di lokasi mudah dan terjangkau, tapi secara tidak langsung, membuka toko online juga akan memudahkan komunikasi antara anda dan pelanggan terutama pelanggan yang berasal dari luar daerah.

11. Bekejasama Dengan Brand Ternama

Apakah anda tau tentang Lazada, Tokopedia, Bukalapak atau Alibaba? Ya, itu adalah nama brand ihak ketiga yang meyediakan tempat untuk berjualan bagia anda para pengusaha butik online. Karena nantinya anda tidak lagi repot dalam membangun nama dan reputasi, bergabung dan bekerja sama dengan berbagai brand ternama akan memudahkan penjualan produk anda.

Nah, demikianlh beberapa cara dalam memulai usaha butik yang bisa anda terapkan dan akan menjadi sebuah langkah yang optimal bagi kemajuan usaha anda.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis