Sponsors Link

10 Kunci Sukses Usaha Kuliner Yang Wajib Dilakukan

Usaha kuliner menjadi usaha yang tidak ada matinya. Sebagai salah satu kebutuhan pokok manusia makanan merupakan hal dasar yang harus di penuhi bagi kelangsungan hidup. Jika untuk membeli makanan saat lapar mumgkin anda akan dengan sukarela merogoh kocek. Namun, jika untuk mengikuti hasrat belanja bisa jadi anda bisa menahannya. Inilah mengapa usaha kuliner selalu menjadi salah satu usaha yang paling banyak ditekuni seperti juga keuntungan menjadi mitra kfc . Mulai dari usaha kuliner pinggir jalan sampai restoran besar dan ternama merupakan sebuah bukti bahwa usaha ini memiliki potensi dan peluang pasar yang tidak main-main. Omset penjualan dari usaha kuliner bisa mencapai jutaan hingga ratusan juta rupiah. Dengan catatan bahwa usaha kuliner yang anda tekuni laris manis dan banyak di kunjungi pembeli.

ads

Membuat usaha kuliner yang sukses bukan merupakan hal yang bisa diraih dengan cara instan seperti juga cara membuat franchise minuman . Apalagi saat ini, persaingan bisnis semakin ketat.  Jika kita tidak siap dengan kompetisi maka bisa menjadi sebuah boomerang bagi usaha kuliner yang di tekuni. Untuk itulah, kreatifitas, inovasi, dan konsistensi serta fokus menjadi hal yang harus anda gengam dengan erat-erat. Ada banyak contoh usaha kuliner musiman yang laris pada 3 bulan pertama namun, semakin sepi seiring berjalannya waktu. Tentu saja, ini merupakan ciri sebuah usaha yang tidak baik dan memiliki resiko besar menuju kebangkrutan. Oleh karena itu, maka sangat penting bagi anda untuk bisa mempertahankan antusias para pembeli sehingga usaha kuliner anda akan tetap ramai dari waktu ke waktu. Untuk itu, anda bisa menyimak 10 kunci sukses usaha kuliner yang wajib dilakukan. Simak selengkapnya.

1. Pemilihan Lokasi yang Strategis

Sekali lagi bahwa lokasi usaha menjadi faktor penentu dalam kesuksesan usaha kuliner. Mengapa demikian, karena lokasi yang strategis  akan bisa mendatangkan pembeli dalam jumlah yang banyak seperti cara bergabung dengan indomaret . Meskipun ada beberapa usaha makanan yang ada dilokasi terpencil namun tetap ramai. Anda tidak direkomendasikan untuk mengikuti anomali bisnis dengan strategi tersebut. Apalagi bagi anda yang baru akan memulai terjun dalam bisnis ini. Maka faktor lokasi menjadi hal yang harus benar benar anda pertimbangkan.

2. Pengaturan Manajemen Keuangan Usaha yang Pas

Harga pasar yang selalu fluktuatif juga sangat berpengaruh pada kondisi usaha kuliner yang di jalankan. Seperti yang kita tahu bahwa usaha kuliner merupakan usaha pengolahan makanan dari bahan mentah yang dimasak untuk kemudian disajikan pada pembeli seperti ciri-ciri usaha waralaba . Tentu saja jika harga bahan dasar mekanan mengalami kenaikan akan menimbulkan dampak pada manajemen keuangan usaha. Untuk itu, maka diperlukan analisia pengaturan manajemen yang tepat. Kapan harus membeli stok dalam jumlah banyak karena harga murah dan kapan harus menyimpan stok barang untuk mengantisipasi kelangkaan barang.

3. Hindari Peran Ganda 

Saat akan memulai usaha maka terkadang untuk menghemat biaya operasional anda bisa memiliki peran ganda. Misal anda berlaku sebagai manager dan juga koki. Namun, tentu hal tersebut akan membuat anda tidak fokus pada satu pekerjaan saja. Selain itu, hal tersebut juga dapat menambah beban kerja anda semakin berat. Jika usaha kuliner anda menjadi semakin besar maka peran ganda tersebut biaa menimbulkan masalah sendiri. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari peran ganda dalam usaha seperti pada franchise alfamart .

4. Kenali Sasaran Usaha Anda

Dalam usaha kuliner sangat penting untuk mengenali sasaran usaha seperti keuntungan bisnia lele . Jika anda membuka usaha di area perkantoran maka tentu jenis menu dan harga yang anda sajikan menjadi hal utama yang di pertimbangkan. Berbeda jika anda membuka usaha kuliner di pusat perbelanjaan, tentu ada fokus hal yang anda lakukan untuk menarik minat pengungung mall berkunjung ke gerai usaha anda. Terlebih lagi anda harus bersaing dengan brand kuliner tenama yang ada.

Sponsors Link

5. Lakukan Pemasaran yang Baik

Pemasaran merupakan salah satu ujung tombak dalam usaha kuliner. Pemasaran yang efektif akan bisa mendatangkan jumlah pembeli yang banyak. Sehingga tentu berimbas pada pemasukan yang di terima oleh usaha seperti dalam modal usaha kenan turki . Oleh karena itu, strategi pemasaran yang tepat harus anda terapkan untuk bisa membuat usaha semakin dikenal. Selalu lakukan perbaikan pada metode pemasaran yang di pakai, jika di rasa tidak efektif mendatangkan pembeli. Maka tentu pemasaran yang dilakukan harus segera di rubah.

6. Tawarkan Menu yang Bisa Dibawa Pulang

Beberapa usaha kuliner mungkin tidak menggunakan cara ini. Bahkan ada usaha yang tidak memperbolehkan pembeli untuk membawa pulang makanan yang dibeli. Hal ini bisa jadi karena jika di bawa pulang rasa makanan akan berbeda dengan yang di santap di tempat. Sebagai usaha untuk mahasiswa yang menguntungkan , dengan memberikan layanan ini tentu saja anda akan semakin memudahkan pembeli. Dengan begitu maka pembeli akan merasa puas dan bisa mempromosikan usaha kuliner anda pada orang terdekat. Berikan varian menu yang bisa di bawa pulang dan jenis menu yang harus di makan di tempat.

7. Kebersihan Lokasi Usaha Harus Diutamakan 

Kebersihan merupakan hal utama yang harus sangat diperhatikan dalam usaha kuliner sebagai usaha modal 10 juta rupiah . Banyak pembeli yang menjadikan hal ini sebagai pertimbangan untuk membeli makanan di lokasi tersebut. Meskipun rasa makanan sajian anda enak, namun jika lokasi usaha, peralatan yang di gunakan tidak bersih maka akan berdampak pada citra usaha anda di mata konsumen. Tentunya anda tidak mau bukan jika usaha anda di cap sebagai usaha makanan yang jorok. Bisa-bisa pembeli akan kabur dan enggan membeli makanan anda.

Sponsors Link

8. Berikan Pelatihan pada Semua SDM

Ketika usaha semakin berkembang dan sukses dan di kunjungi banyak pembeli maka tentu mengharuskan kita untuk menambah jumlah karyawan. Sebagai usaha yang cocok untuk mahasiswa maka dalam hal ini, tentu pelatihan terhadap SDM baru harus di lakukan dengan baik dan benar. Agar dihasilkan tenaga karyawan yang profesional dan ahli di bidangnya. Selain karyawan baru untuk karyawan lama juga harus mendapatkan pelatihan secara rutin. Hal ini akan memberikan dampak pada peningkatan kemampuan dan skill yang dimiliki  semakin mumpuni.

9. Kupon dan Voucher Menarik

Memberikan kupon dan voucher mungkin menjadi salah satu cara menarik minat pembeli untuk kembali berkunjung. Karena repeat order menjadi salah satu indikator bahwa usaha kuliner anda sngat diingat oleh pembeli seperti ide bisnis makanan online . Cara ini mungkin relatif kuno karena sudah banyak yang melakukan hal yang sama. Namun, pada faktanya cara ini sangat efektif untuk membuat pembeli melakukan kunjungan kembali ke lokasi usaha anda. Bahkan terkandang mereka juga membawa kawan dan keluarga. Tentu saja hal ini sangat berdampak positif bagi kelangsungan usaha anda

10. Perlakukan Pembeli Sebagai Raja 

“Pembeli Adalah Raja” mungkin pepetah tersebut sangat benar adanya. Karena bagaimana cara kita memperlakukan para pembeli akan sangat berdanpak pada citra usaha kuliner sebagai usaha yang cocok di depan indomaret . Contoh saja merk makanan pizza hut yang memperlakukan pembeli sangat eksklusive. Tentu saja hal ini membuat para pembeli merasa di layani dengan baik. Hal ini tentu akan melekat di hati  para pembeli untuk bisa datang kembali, serta merekomendasikan usaha anda pada orang lain.

Nah, 10 kunci sukses usaha kuliner yang wajib  dilakukan, menjadi cara untuk bisa mencapai kesuksesan bagi usaha yang anda tekuni. Tentunya akan berdampak pada pendapatan yang akan anda peroleh. Untuk itu, teruslah berusaha, berinovasi dan terbuka dalam menerima semua kritik dan saran yang membangun. Hal itu, akan membantu anda lebih berkembang dewasa dalam melakukan usaha. Selamat mencoba, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis