Sponsors Link

7 Cara Memulai Usaha Aqiqah dengan Modal Kecil

Memulai usaha aqiqah dengan modal kecil merupakan salah satu jenis usaha yang masih memiliki prospek yang cukup baik. Usaha ini juga termasuk jenis usaha mikro kecil dan menengah  sangat potensial untuk dijalankan di indonesia. Sebagaimana yang diketahui bahwa dengan mayoritas penduduk muslim maka peluang untuk kesuksesan usaha ini cukup besar. Aqiqah merupakan salah satu bentuk rasa syukur bagi para muslim yang mendapatkan kelahiran bayi. Aqiqah dilakukan dengan mengorbankan hewan berupa kambing. Ketentuan aqiqah adalah 1 kambing yang disembelih untuk  bayi perempuan dan sebanyak 2 kambing untuk bayi laki laki.

ads

Dalam hukum islam aqiqah bukan merupakan sebuah kewajiban namun sangat dianjurkan atau biasa dikenal dengan hukumnya sunna muakkad. Aqiqah menjadi bentuk rasa syukur manusia kepada allah swt atas pemberian rezeki berupa buah hati. Daging aqiqah biasanya di masak dalam bentu sate dan gulai kambing, yang kemudian di bagikan kepada tetangga atau kerabat. Bagi sebagian orang apalagi yang berada diperkotaan tentu tidak mau ambil pusing untuk mengolah dan memasak daging aqiqah sendiri mereka lebih suka memesan di tempat usaha kambing aqiqah. Tentunya cara ini dianggap paling praktis dan mudah serta tentu tetap dalam koridor syariat islam.

Memulai usaha aqiqah dengan ciri ciri usaha yang baik   tentu bukan hal yang mudah. Ada beberapa hal yang harus anda persiapkan agar usaha ini dapat terus berkembang dan mencapai kesuksesan. Ada 7 cara memulai usaha aqiqah dengan modal kecil yang akan kami referensikan untuk anda. Berikut selengkapnya.

1. Niat Memulai Usaha dan Pengetahuan Tentang Aqiqah

Niat merupakan hal yang paling utama dalam memulai usaha aqiqah. Tanpa didahului niat yang sungguh sungguh bisa jadi usaha anda hanya menjadi angan angan belaka. Jika anda telah memiliki niat maka segera lakukan langkah langkah untuk bisa memulai usaha ini. Dengan masih terbuka peluang dan potensial usaha ini maka niat anda tentu harus segera direalisasikan. Selain itu, aqiqah bukan merupakan tradisi biasa, didalamnya terdapat syarat dan syariat islam yang harus dipenuhi. Oleh karenanya tentu anda harus mengetahui hal ini agar tidak ada kesalahan saat anda muli membuka usaha. Dalam hal ini anda bisa belajar melalui pemuka agama untuk mengetahui segala hal yang berkaitan dengan aqiqah.

2. Menyiapkan Modal Usaha

Bukan hanya niat, namun hal paling krusial adalah ketersediaannya modal. Modal yang dibutuhkan dalam usaha ini relatif cukup besar tentu tidak seperti cara memulai usaha angkringan yang memiliki modal kecil. Namun,tentunya hal itu akan sebanding dengan keuntungan yang nanti akan di peroleh. Modal yang dibutuhkan berupa modal materiil dan non materiil. Jika anda belum memiliki modal yang cukup sepertinya hal ini bukan menjadi kendala. Mengapa? Karena ada berbagai cara untuk bisa memperoleh tambahan modal. Semisal anda melakukan pinjaman ke koperasi atau anda bisa mengajak rekanan untuk bisa membuka usaha ini secara bersama.

Sponsors Link

3. Lokasi Usaha yang Strategis

Lokasi usaha akan sangat menentukan dalam keberlangsungan usaha anda. Banyak usaha yang tidak bisa berkembang dan maju karena kesalahan dalam memiliki lokasi usaha. Beberapa kriteria lokasi usaha yang cocok untuk usaha aqiqah dan cara memulai usaha nugghet sayur antara lain :

  • Lokasi berada dipinggir jalan ramai.
  • Di Lokasi harus tersedia tempat dimana bisa di  Pajang 1-2 sampel hewan aqiqah yang bisa dipilih konsumen.
  • Pilih lokasi yang dekat dengan padang rumput dan agar jauh dari pemukiman.

4. Kerjasama dengan Petani/Makelar Bibit Kambing yang Bagus

Pada dasarnya dalam usaha ini anda bisa memulai dengan modal dibawah 10 juta. Bagaimana caranya? Mudah saja anda cukup membeli beberapa kambing anakan yang akan anda besarkan. Harga kambing anakan tentu akan lebih murah. Selain ini hanya butuh waktu beberapa bulan kedepan sampai kambing siap menjadi hewan aqiqah. Harga kambing anakan yang lebih murah bisa anda dapatkan dari petani kambing langsung atau jalin kerjasama dengan makelar kambing di daerah anda. Dengan begitu maka anda tidak akan kehabisan stok anakan kambing. Akan sangat merugikan bukan jika anda sampai kehabisan stok padahal orderan selalu datang.

5. Karyawan

Salah satu hal terpenting dalam usaha adalah adanya karyawan. Anda tidak mungkin bisa melakukan segala hal sendiri. Tentu anda membutuhkan bantuan orang lain yaknis karyawan yang tentunya akan mempermudah pekerjaan anda. Ada dua type karyawan yang harus anda rekrut yakni karyawan office dan karyawan lapangan. Karyawan office akan mengurus segala keperluan dan segala bentuk operasional kantor. Sedangkan karyawan lapangan memiliki tugas dalam mengurus hewan hewan aqiqah. Karena akan sangat merugikan saat hewan hewan anda tumbuh kurus dan sakit. Tentunya tidak akan menarik di mata para calon konsumen.

Sponsors Link

6. Usaha Hewan Aqiqah Plus Katering Aqiqah Bisa menjadi Peluang Tentunya

Jika anda merasa bahwa usaha katering aqiqah sudah lumayan memberi pendapatan, mengapa anda tidak memperluas  bidang usaha anda. Anda juga bisa menyediakan katering aqiqah sehingga konsumen tidak perlu lagi repot repot mengolah daging aqiqah. Tentunya untuk bisa mengabungkan usaha ini anda harus merekrut juru masak yang enak. Sehingga nantinya usaha aqiqah anda lebih dikenal dan direkomendasikan oleh para pelanggan anda. Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan para memiliki warung makan untuk mengolah daging aqiqah anda. Tentu sudah dipastikan bahwa hasil makanannya pasti akan lezat dan sesuai harapan konsumen.

7.  Strategi Promosi

Dari keenam hal yang telah diuraikan sebelumnya, semuanya tidak akan bisa berhasil tanpa adanya strategi promosi yang tepat. Strategi promosi akan membantu anda dalam mempromosikan  usaha anda di mata publik. Ada banyak sekali sarana promosi seperti memasang banner, menyebarkan brosur atau promosi melaluo media sosial. Namun, promosi yang paling dasyat adalah promosi yang datang dari mulut ke mulut. Anda bisa memulai dari orang orang terdekat untuk mulai mempromosikannya. Saat mereka menerima tawaran anda maka mereka akan membantu menyebarkan usaha anda kepada rekan rekan anda yang memeprlukan jasa usaha anda. Buat promosi seunik dan semenarik mungkin untuk menari minat calon konsumen. Serta jangan lupa untuk selalu melakukan riset pasar agar anda mengetahui kisaran harga yang bisa anda patok.

7 cara memulai usaha aqiqah dengan modal kecil. Tentu bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi anda, Untuk bisa segera memulai usaha yang termaduk kedalam ciri ciri saha yang potensial untuk dibisniskan ini. Tentu akan sangat rugi jika sampai orang lain yang bisa memanfaatkan peluang ini dibandingkan anda. Lihat peluang manfaatkan momentum serta lakukan  dengan totalitas sebagai pengusaha maka usaha ini akan bisa memberika  kesuksesan bagi anda. Selain itu jangan lupa berdoa agar nantinya usaha anda lebih lancar dan bermanfaat bagi orang orang sekitar anda. Selamat mencoba, semoga artikel ini bisa membantu.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,