Sponsors Link

7 Cara Memulai Usaha Daur Ulang Plastik Bagi Pemula

7 Cara memulai usaha daur ulang plastik bagi pemula menjadi biji plastik merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan hal ini sama dengan cara memulai bisnis ikan laut . Dengan modal yang relatif kecil cukup bisa mendatangkan pundi pundi rupiah yang cukup besar. Menyulap sampah plastik menjadi sebuah barang yang bernilai, bukan merupakan hal yang gampang. Dibutuhkan modal  dan tentunya tangan tangan trampil untuk bisa memulai usaha ini.

ads

Kepedulian mendaur ulang plastik meningkatnya seiring dengan meningkatnya kecintaan masyarakatakan lingkungan. Sampah plastik sangat erat hubungannya dengan keseharian kita. Plastik dianggap sebagai wadah yang paling praktis dan mudah serta efisien. Namun, penggunaan wadah plastik yang berlebihan semakin menimbulkan polemik dan kerusakan terhadap lingkungan.

Plastik termasuk kedalam jenis sampah anorganik yakni sampah yang sangat sulit terurai. Sebuah riset menyatakan bahwa dibutuhkan waktu ratusan tahun untuk bisa mendaur ulang sampah plastik. Artinya jika anda tidak memanfaatkan sampah plastik menjadi hal yang berguna maka hal ini akan bisa menjadi petaka. Kelangsungan hidup di alam dan keberlangsunga kehidupan anak cucu kita bisa menjadi terancam.

Para penggiat dan pecinta lingkungan menggupayakan dan mengkampanyekan cara  dalam mendaur ulang sampah plastik. Dan ternyata hasilnya plastik bisa didaur ulang kedalah bentuk biji plastik yang memiliki nilai jual yang lumayan. Nah, tentunya anda tidak boleh melewatkan momentum ini. Dari sampah jadi berkah. Berikut kami uraikan  7 cara memulai usaha daur ulang plastik bagi pemula dengan omset yang menggiurkan yang juga keuntungansana akan diperoleh dari cara memulai usaha aksesoris .

1. Modal

Usaha ini termasuk kedalam jenis  usaha mikro kecil dan menengah . Sehingga modal yang diperlukan juga tidaklah besar. Modal adalah satu hal yang harus di persiapkan saat akan memulai usaha adalah tentunya ketersediaan modal. Untuk bisa membuka udaha pengolahan daur ulang plastik tentu modal yang di butuhkan tidak sedikit. Oleh karenanya anda perlu mempersiapkan modal baik brrupa modal materiil maupun non materiil. Jika anda terkendala dari segi modal, anda dapat mengajukan pinjaman ke pihak bank atau koperasi.

2. Lokasi Usaha

Dalam usaha pengolahan daur ulang sampah lokasi yang diperlukan cukup luas. Karena dalam satu lokasi kita haru memiliki tempat untuk mentumpan bahan baku, peralatan serta biji plastik yang siap jual. Selain itu, pilih lokasi yang jauh dari daerah perumahan. Hal ini karna bahanbaku sampah plastik bisa mengganggu akibat bau tak sedap yang di timbulkannya. Anda juga harus mengurus izin usaha dan lingkungan dari dinas terkait setempat.

3. Bahan Utama

Bahan utama yang berupa sampa plastik bisa anda peroleh di lokasi TPA. Namun, untuk lebih mempermudah kontinuitas bahan baku, anda bisa mengajak kerjasama para pemulung atau penjual plastik bekas. Salah satu ciri ciri usaha yang baik adalah mampu memberdayakan oramg orang disekitar lingkungan anda. Dengan begitu anda akan selalu memperoleh bahan baku tanpa harus kesulitan mencarinya. Hal ini juga akan lebih menghemat cost produksi. Anda tinggal menunggu para pemasok yang mendatangi lokasi pabrik anda.

4. Karyawan

Sumber daya manusia tentu sangat diperlukan dalam menunjang usaha ini. Tentunya anda harus merekrut karyawan yang memiliki pengalaman atau paling tidak mengetahui seluk beluk industri pengolahan sampah plastik. Anda tidak akan mungkin bisa melakukab usaha ini sendiri. Sehingga tentu anda harus segrra melakukan perekrutan karyawan agar usaha anda dapat lebih cepat berproduksi.

5. Timbangan dan Penggiling Plastik

Untuk mendapatkan hasil yang lebih produktif tentu saja anda harus menggunakan mesin dan alat alat yang akan membantu kinerja produksi pabrik anda. Sangat mustahil rasanya jika anda tidak memerlukan mesin dalam usaha pengolahan ini. Anda tentu memerlukan alat seperti mesin timbangan , mesin pencacah plastik , mesin pengering serta wadah dan berbagai peralatan lainnya.

6. Pihak yang Membeli Biji Plastik

Hal yang terpenting dalam usaha ini adalah tentunya pihak ketiga yang akan membeli biji plastik hasil produksi pabrik anda. Keuntungan dapat anda peroleh saat biji plastik yang anda hasilkan  dibeli oleh para pengusaha lain. Jika anda tifsk bisa menemukan rekanan yang akan membeli hasil biji plastik anda. Maka lebih baik anda urungkan niat untuk bisa memulai usaha ini. Lebih baik anda memcari rekanan yang bisa membeli hasil daur ulang plastik anda terlebih dahulu.

7. Ora et Labora (Usaha Sambil Berdo’a)

Salah satu hal paling penting dalam sebuah usaha adalah tentu dengan niat. Dan yang paling utama adalah segala usaha harus di sertai dengan doa. Do’a akan membuat usaha anda lebih sukses dan memudahkan segala jalan anda dalam menjalankan usaha kedepannya. Usaha ini juga termasuk usaha yang potensial untuk dijalankan sehingga anda tidak perlu khawatir. Lakukam usaha dan kerja keras serta jangan lupa sambil berdoa.

Usaha daur ulang plastik ini  merupakan usaha yang belum banyak dilakoni. Namun, tentu usaha ini memiliki prospek yang amat baik. Jika anda membeli bahan mentah seharga 7.000 rupian per kilo na kemufian setelah di daur ulang anda bisa menjualnya dengan harga 17.000 per kilo nya. Tentu anda bisa bayangkan berapa keuntungan dan omset yang anda dapatkan jika usaha daur ulang anda mampu memproduksi 1-2 tin biji plastik. Tentunya bukan keuntungan yang kecil. Ada beberapa tips saat akan memulai usaha ini. Simak dibawah ini :

  • Temukan pihak ketiga yang akan membeli hasil biji plastik yang anda produksi.
  • Akan lebih baik jika anda bisa menjalin kerjasama dengan lebih dari satu pihak ketiga.
  • Belilah bahan baku sampah plastik dari para pemulung langsung, agar anda bisa memperoleh harga yang murah.
  • Pahami benar bagaimana metode dan cara mendaur ulang sampah plastik menjadi biji plastik dengan benar.
  • Pilih sumber daya manusia atau tenaga kerja yang memiliki pengalaman di bidang daur ulang sampah atau minimal mengerti dengan teknologi pengolahan daur ulang plastik.
  • Segera urus perizinan usaha dan izin lingkungan agar usaha anda legal di mata hukum.

7 cara memulai usaha daur ulang plastik bagi pemula. Tentu bisa menjadi panduan bagi anda untuk bisa menekuni bisnis ini. Medkipun belum banyak yang menekuni usaha ini. Namun, usaha ini layak untuk dilirik. Omset yang dimiliki oleh usaha daur ulang plastik  tidak bisa dibilang sedikit. Apalagi jika anda telan menjalin kerjasama dan menemukan rekanan yang bisa menerima hasil biji plastik yang anda produksi anda dalam jumlah besar. Tentunya keuntungan yang akan anda peroleh juga semakin besar. Selain itu, memulai usaha ini merupakan salah satu upaya untuk lebih pedulu dan mencintai lingkungan. Jika tidak anda mulai sekarang, mungkun anak cucu kita tidak akan bisa menikmati lingkungan yang bersih dari dampah plastik. Anggap saja ini adalah gerakan peduli terhadap lingkungan. Selain bisa membantu mengurangi jumlah sampah plastik. Tentunya pundi pundi rupiah yang semerbak bisa anda dapatkan dari usaha ini. Selamat mencoba, semiga artikel ini dapat membantu.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,