Sponsors Link

9 Ciri Ciri Usaha yang Baik untuk Dijalankan

Usaha yang baik adalah usaha yang memiliki peluang yang bagus untuk dijalankan. Mengetahui segala hal tentang usaha yang baik tentu akan membantu anda dalam menganalisa usaha anda saat ini atau jika anda masih mengembangkan ide untuk mulai membuka usaha. Anda bisa lebih mudah menghindari usaha yang kurang potensial dan sebaliknya anda bisa menemukan usaha yang memiliki potensi baik dengan lebih mudah. Ada beberapa ciri ciri usaha yang baik untuk dijalankan antara lain:

ads
  1. Nilai jual tinggi

Ciri usaha yang baik adalah memiliki nilai jual yang tinggi. Usaha yang memiliki nilai jual tinggi biasanya juga berhubungan dengan gagasan didirikannya bisnis. Nilai jual tersebut berhubungan dengan pasar. Bisnis dengan nilai jual yang tinggi tentunya harus memiliki kelebihan dibandingkan pesaing atau pelaku bisnis sejenis. Keunikan dari bisnis sangat penting untuk dipertimbangkan. Jika anda gagal mendapatkan hal ini, jangan heran jika anda kesulitan mendapatkan usaha dengan nilai jual tinggi. Usaha juga harus dapat dinilai dengan uang dan memiliki nilai yang baik.  (baca juga : cara menghitung njopciri usaha yang potensial cara sukses bisnis MLM cara menghitung laju inflasi )

  1. Nyata

Ciri usaha yang baik selanjutnya adalah nyata dilakukan. Usaha bukan hanya ambisi pribadi seseorang namun memang nyata dijalankan. Anda juga harus menjalankannya dengan fokus dan serius. Jangan hanya mengumpulkan niat anda untuk membuka usaha namun anda harus benar-benar memulai dan menjalankannya dengan sungguh-sungguh. Usaha yang berdasarkan ambisi pribadi tanpa dilakukan secara nyata tentunya hanya menjadi sia-sia. Anda tidak bisa menarik banyak pelanggan dan juga tidak bisa dijalankan terus menerus. (baca juga : jenis pajak negara pengertian deflasi penyebab inflasi)

  1. Tidak bersifat musiman

Usaha yang baik adalah usaha yang dapat terus menerus dijalankan dan bukan usaha yang bersifat musiman. Jangan hanya membuka usaha pada musim tertentu saja namun anda harus memastikan bahwa usaha yang anda geluti dapat anda jalankan sepanjang waktu. Beberapa usaha memang seringkali memiliki penjualan yang tinggi pada musim tertentu seperti usaha kue kering atau alat sekolah, meski begitu usaha ini masih tetap bisa dijalankan kapanpun sepanjang tahun. Anda tidak bisa mengganti usaha anda dengan mengikuti musim tertentu. Hal ini bisa menghambat anda untuk mendapatkan pelanggan yang setia, anda sendiri juga akan kebingungan dalam mengelola usaha karena anda harus mengganti berbagai hal seperti barang dagang atau perlengkapan lainnya setiap waktu. (baca juga : badan usaha agraris keuntungan bisnis bangunanbisnis paket arisan lebaran)

  1. Tidak menghabiskan modal

Usaha yang baik harus bisa menghasilkan keuntungan dan mengembalikan modal yang anda keluarkan. Jika usaha anda terus menerus membutuhkan modal dan bahkan terkesan menghabiskan modal dalam jangka waktu yang lama maka usaha tersebut kurang tepat untuk anda jalankan. Pada awal usaha, anda mungkin akan mengalami kegagalan dan bangkrut namun pastikan bahwa usaha anda dapat berjalan dengan baik setelahnya. Anda bisa menggantu ide awal anda atau mengganti cara kerja anda yang salah. Tujuan awal anda mendirikan usaha adalah untuk menghasilkan laba dan bukan sebaliknya yang justru mengeluarkan uang anda secara terus menerus. (baca juga : cara mendapatkan modal usahacara mendapatkan modal usaha dari pemerintahcara meminjam uang di BPR)

Sponsors Link

  1. Mampu bertahan lama

Ciri usaha yang baik selanjutnya yaitu mampu bertahan lama di pasaran. Usaha yang baik tentu memiliki berbagai strategi yang  dijalankan untuk membuatnya tetap bertahan lama. Jika usaha hanya berkembang sebentar dan kemudian langsung merugi tentu bukanlah usaha yang baik. Dengan kata lain usaha yang baik adalah usaha yang berkesinambungan. Bukan hanya berjalan pada musim tertentu atau waktu tertentu namun sepanjang waktu. Usaha yang baik juga harus mampu bertahan dalam waktu yang lama di pasar dan mampu mengatasi pesaing dengan baik. Usaha tersebut juga memiliki pelanggan yang membuatnya mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama di pasar.

ads
  1. Skala industri bisa ditingkatkan

Beberapa usaha dimulai dari usaha kecil atau bahkan dalam skala rumah tangga. Tidak semua usaha dibangun langsung dalam skala industri yang besar. Usaha yang baik adalah usaha yang mampu ditingkatkan dalam segi skala industri. Misalnya dari usaha kecil ditingkatkan menjadi usaha menengah, dari usaha menengah menjadi usaha dalam skala yang besar. Jika skala industri dari usaha nampaknya tidak bisa ditingkatkan tentu ini bukan ciri usaha yang baik. Usaha yang baik harusnya bisa menuntun anda untuk lebih visioner dan melihat masa depan dengan lebih baik.

  1. Memiliki gagasan yang orisinil

Usaha yang baik biasanya memiliki gagasan atau ide yang orisinil. Dalam kata lain, usaha ini bukan hasil peniruan dari usaha yang lain. Usaha yang baik tidak meniru usaha yang telah dijalankan oleh orang lain. Masing-masing usaha harus memiliki ciri khas dan keunikan sendiri yang berbeda dari yang lain. Usaha yang ditirukan dari usaha lain belum tentu akan menghasilkan kesuksesan yang sama. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi hal tersebut seperti situasi, kondisi, kebutuhan pasar dan sebagainya yang dapat membuat hasil yang berbeda.

  1. Dapat beradaptasi

Usaha yang baik adalah usaha yang dapat beradaptasi terhadap berbagai situasi dan kondisi yang berbeda. Ketika anda membuka usaha dua tahun lalu dan menjalankannya sekarang tentu anda akan menemukan berbagai perubahan mulai dari kebutuhan pasar, persaingan usaha dan sebagainya. Usaha yang baik tentu harus dapat beradaptasi dengan berbagai situasi ini. Usaha yang baik perlu mengenal berbagai peluang serta harus mampu mengantisipasi berbagai perubahan kebutuhan serta perubahan persaingan di masa yang akan datang. Usaha yang baik tentunya harus terus kreatif dan inovatif dalam menjalankan setiap strategi untuk bisa mengembangkan usaha menjadi lebih baik.

  1. Layak dijalankan

Sebelum anda memulai usaha anda harus menguji kelayakan usaha tersebut. Pastikan bahwa usaha yang akan anda jalankan benar-benar memiliki kelayakan yang baik. Dengan kata lain, usaha anda harus mampu memberikan manfaat serta memang pantas untuk ditindaklanjuti. Kelayakan usaha juga bisa dilihat dengan membandingkan tujuan dan hasil yang diperoleh. Jika usaha anda tidak bisa mencapai tujuan yang ditargetkan di awal. Bahkan gap antara tujuan dan hasilnya terlalu jauh maka usaha anda mungkin bukan usaha yang baik. Sebaliknya jika hasil yang anda dapatkan sesuai dengan tujuan awal maka usaha anda memiliki ciri usaha yang baik. (baca juga : cara bisnis afiliasi kiat sukses bisnis ATKcara mengatur keuangan bulanan)

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Oleh :
Kategori : Peluang Bisnis