Sponsors Link

12 Cara Memulai Usaha Pempek Wajib Dipahami

Pempek merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang memiliki banyak penggemar. Itulah kenapa semakin banyak saja tempat makan yang menjual pempek atau menjadikan pempek sebagai menu utamanya. Salah satu alasan banyaknya orang yang menjual pempek adalah karena cara memulai usaha pempek yang mudah. Namun walaupun seperti itu, tidak banyak orang yang tahu cara apa saja yang bisa digunakan untuk memulainya.

ads

Tidak banyak makanan tradisional yang memiliki banyak penggemar diluar daerahnya. Namun ternyata Pempek termasuk salah satu makanan tradisional yang mampu bertahan hingga akhirnya digemari oleh banyak orang meskipun diluar daerahnya. Karena itulah, usaha pempek merupakan jenis usaha yang memiliki peluang besar untuk berhasil. Bagi anda yang ingin memulainya, berikut beberapa cara memulai usaha pempek yang bisa anda coba:

  1. Target Pasar

Apapun usaha yang anda ingin mulai, target pasar adalah hal yang harus anda miliki. Target pasar adalah hal dasar yang harus dimiliki karena pasar inilah yang akan berperan dalam pengembangan usaha pempek anda nantinya sekaligus juga termasuk salah satu ciri-ciri usaha potensial. Target pasar adalah salah satu alasan seberapa besar laba yang ingin anda dapatkan dari sebuah usaha.

Seperti misalnya jika target pasar anda adalah karyawan kantoran, maka sudah pasti harga yang akan anda tentukan tidak setinggi harga yang anda tentukan jika target pasar anda adalah murid SMA. Jadi, cara memulai usaha pempek yang pertama adalah tentukan jenis pasar yang ingin anda masuki.

  1. Tempat Strategis

Setelah target pasar sudah ditentukan, langkah selanjutnya adalah mencari tempat yang strategis. Kini, spesfikasi tempat yang strategis sudah mangalami pergeseran. Yang awalnya hanya sekedar mudah ditemui, mudah diakses, dan dilalui banyak orang, kini ada beberapa hal yang ditambahkan dalam spesifikasi tersebut. Salah satunya adalah tempat dimana target pasar anda biasa beraktifitas.

Tempat aktifitas target pasar merupakan satu hal penting yang harus dipikirkan jika anda ingin usaha pempek anda ramai pelanggan. Jika target pasar anda adalah anak sekolahan, maka carilah kios atau space tempat yang dekat dan mudah terlihat oleh anak sekolahan. Seperti misalnya di samping sekolah atau kantin sekolah. Begitu juga jika target pasar anda karyawan, carilah tempat yang dekat dan mudah diakses oleh para karyawan itu.

Namun walaupun seperti itu, salah satu permasalahan yang sering menghalangi adalah masalah harga. Harga sewa kios atau space ditempat seperti itu terkadang cukup mahal. Dan salah satu cara mensiasatinya adalah carilah pedagang lain untuk berpartner dengan anda sehingga tempat bisa dibayar dengan cara patungan.

  1. Dekorasi Tempat

Jika anda sudah mendapatkan tempat yang cocok untuk memulai, cara memulai usaha pempek selanjutnya adalah melakukan dekorasi tempat tersebut. Dekorasi harus dilakukan untuk menimbulkan rasa nyaman pelanggan anda. Karena walaupun pempek buatan anda lezat tapi tempat yang anda miliki tidak nyaman, kemungkinan pelanggan anda tidak akan kembali cukup besar. Sama juga jika,misal, makanan anda tidak terlalu lezat tapi tempat anda nyaman, kemungkinan pelanggan untuk kembali lagi akan besar. Tempat yang nyaman sangat penting dimiliki sebuah usaha karena keyamanan itulah yang akan menambah cita rasa makanan anda.

Sponsors Link

Percaya atau tidak, dengan dekorasi anda bisa mempengaruhi psikologi pelanggan anda. Jadi, jika anda ingin memanjakan pelanggan anda dengan kenyamanan, mendekorasi  kios anda adalah cara yang tepat untuk memulainya.

  1. Kemasan Yang Menarik

Daya tarik sebuah usaha selain ada pada kualitas produk yang dijual, kemasan yang menarik juga mampu menarik pelanggan untuk datang. Kemasan adalah salah satu cara ampuh memulai usaha pempek selanjutnya.

Tidak dapat dipungkiri, tidak semua pelanggan akan memakan pempek ditempat. Ada saja pelanggan yang meminta pempek dibungkus untuk bisa dimakan ditempat lain. Inilah fungsi kemasan yang menarik. Jika kemasan produk yang anda miliki menarik, pelanggan bisa dipastikan akan tertarik untuk kembali lagi untuk mendapatkan makanan yang dikemas secara menarik itu. Seperti misalnya kemasan menarik kopi Starbuck yang selalu mampu membuat pelanggannya kembali.

ads
  1. Pelayanan Maksimal

Pelayanan adalah kunci sukses setiap usaha. Pasalnya, pelayanan maksimal akan memberikan anda pendapatan yang maksimal. Jadi tidak heran banyak perusahaan yang mengeluarkan dana cukup besar untuk melatih para karyawannya agar mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada para pelanggannya.

Prinsip dasar dari pelayanan adalah 3S atau Senyum, Salam, dan Sapa. Prinsip dasar ini merupakan hal utama yang harus dilakukan saat melayani pelanggan. Inti dari pelayanan yang maksimal adalah membuat pelanggan merasa nyaman saat berada di kios anda. Karena ketika nyaman, kemugkinan mereka untuk kembali dan menjadi pelanggan setia akan semakin besar.

  1. Harga Kompetitif

Harga adalah satu hal yang sering menjadi petimbangan seseorang sebelum membeli sebuah produk. Jadi, cara memulai usaha pempek selanjutnya yang harus harus anda terapkan adalah membuat harga yang kompetitif. Cara ini bisa dilakukan dengan melihat harga pasaran pempek disekitar anda untuk selanjutnya membuat perbandingan harga. Semakin rendah harga yang anda miliki akan semakin menarik pelanggan pada nantinya. Harga kompetitif adalah satu cara ampuh menarik pelanggan pada saat anda baru membuka usaha pempek ini. Hal ini karena pempek bukanlah contoh usaha spekulatif sehingga harga yang kompetitif justeru akan meningkatkan penjualan pempek anda.

  1. Menawarkan Reseller

Cara memulai usaha pempek selanjutnya adalah dengan menawarkan reseller kepada masyarakat umum. Seperti telah disinggung diawal, sebenarnya minat untuk membuka tempat makan pempek sangat besar pada masyarakat. Hanya saja kebanyakan dari mereka  tidak tahu cara membuat pempek. Jika anda ingin lebih banyak menjual pempek, mungkin menawarkan mereka reseller adalah cara yang harus dicoba.

Keuntungan menjual secara reseller adalah produk anda lebih cepat habis daripada hanya menjualnya seorang diri. Selain itu, produk anda akan dikenal banyak orang dalam waktu yang relative singkat. Semakin banyak reseller yang anda miliki, semakin besar pula keuntungan yang akan anda dapatkan karena produk anda lebih cepat habis tanpa perlu berhadapan langsung dengan pelanggan.

  1. Media Sosial

Media sosial sudah menjadi trend pada saat ini dan hampir semua orang memilikinya. Artinya, dengan cara yang tepat, anda akan mendapatkan perhatian banyak dalam waktu yang relative singkat. Salah satu penyebab konfik usaha biasanya muncul karena pemilik usaha tidak terbiasa dalam menggunakan media sosial sehingga selalu terjebak masalah yang sama setiap harinya. Dengan menggunakan media sosial inipun anda dapat menjual pempek secara online.

  1. Menu Paketan

Menu paketan adalah cara memulai usaha pempek lainnya yang terbukti ampuh dalam meningkatkan penjualan. Pasalnya, menu paketan adalah menu yang paling banyak dicari pelanggan. Jika target pasar sudah ditentukan dan anda sudah menemukan tempat yang cocok, menu paketan adalah ‘jampi’ untuk mendatangkan pelanggan ke tempat anda.

Walaupun menu paketan lebih mahal dibanding menu lainnya, menu paketan tetap akan dirasa murah karena pelanggan hanya perlu membayar satu menu makanan yang didalamnya ada banyak jenis makanan. Menu paketan ini biasanya berisi makanan utama, minuman, serta makanan penutup.

  1. Tester

Walaupun pempek sudah termasuk makanan populer, nyatanya masih ada orang yang tidak mengenalnya. Bahkan ada beberapa diantara mereka yang belum pernah memakannya. Dengan tester, orang yang tidak mengenal pempek dapat menjadi sasaran pasar anda selanjutnya. Tester adalah salah satu cara yang dilakukan penjual untuk meyakinkan calon pelanggannya dengan cara memberikan kesempatan pelanggan untuk mencoba. 

Sponsors Link

Dengan Tester sebenarnya target pasar anda bukan hanya mereka yang belum pernah mencoba pempek tapi juga mereka yang sudah pernah mencoba pempek untuk meyakinkan mereka bahwa anda juga memiliki pempek yang lezat. Kunci dari tester adalah kelezatan pempek yang anda miliki. Semakin lezat pempeknya, peluang anda menarik pelanggan usaha pempek lain akan semakin besar.

  1. Promo

Promo adalah cara memulai usaha pempek lainnya. Dengan promo yang tepat, usaha pempek anda akan dikenal dengan cepat oleh masyarakat. Dikenalnya usaha anda menandakan akrabnya usaha anda dengan masyarakat.

Ada banyak promo yang bisa anda terapkan pada saat memulai usaha pempek. Seperi misalnya promo potongan harga, promo makan geratis, atau promo sejenisnya. Salah satu penyebab usaha tidak berkembang adalah karena kurangnya promo. Jadi, sebelum memulai usaha pempek ada baiknya anda memikirkan dengan matang promo yang akan anda gunakan.

  1. Kebersihan Adalah Segalanya

Satu dari banyak penyebab usaha selalu gagal adalah karena usaha tersebut tidak menjaga kebersihan tempat ataupun kemasan produk. Kebersihan ini adalah faktor kunci dari kenyamanan pelanggan karena tidak ada pelanggan yang ingin berlama-lama berada ditempat makan yang kotor. Bahkan merekapun pasti akan enggan membeli produk makanan dengan kemasan yang kotor. Jadi, cara memulai usaha pempek anda selanjutnya adalah pastikan tempat ataupun kemasan pempek anda dalam keadaan bersih.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Peluang Bisnis