Sponsors Link

10 Profesi yang Ada Dalam Industri Jasa Keuangan Paling Diminati

Siapa yang tidak mengenal industri jasa keuangan, industri yang satu ini sangat terkenal dan hampir semua orang mengetahuinya. Industri yang erat berkaitan dengan perhitungan serta keuangan membuat semua orang tertarik untuk mempelajarinya. Hampir disetiap negara memiliki sistem keuangan tersendiri guna mengelola keuangan kas negaranya. Seperti di Indonesia, industri jasa keuangan pun telah ditetapkan peraturan guna mengatur jalannya industri keuangan. Salah satunya ialah peraturan nomor 62 tahun 1992 tentang sektor-sektor usaha perusaan pasangan usaha dari perusahaan modal ventura. Peraturan-peraturan yang ada idterapkan guna menjaga serta mengatur industri jasa keuangan agar memiliki petunjuk operasional yang jelas.

ads

Artikel menarik lainnya:

Di dalam industri jasa keuangan tentunya kita sudah sangat mengenal apa itu jasa keuangan, layak nya industri-industri pekerjaan yang lain seperti industri pendidikan kita mengenal guru, dosen, tutor dll. Pengertian jasa keuangan secara general ialah suatu istilah yang merujuk suatu jasa yang disediakan oleh sektor industri keuangan tersebut. Jasa keuangan dapat berbentuk perorangan ataupun organisasi seperti contoh pengelolahan dana bank, dana investasi, perusahaan di bidang asuransi, dan perusahaan di bidang kartu kredit. Di indonesia sendiri terdapat suatu badan yang berwenang untuk melakukan pengaturan, pengawasan dan penyelidikan kepada keseluruhan kegiatan di bidang jasa keuangan yakni OJK atau otoritas jasa keuangan.

Didalam industri jasa keuangan terdapat beberapa profesi-profesi yang terkait. Terdapat beberapa profesi yang dijalankan dalam industri jasa keuangan, bagi anda yang berminta untuk dapat melanjutkan kuliah dibidang perkenomian atau ingin bekerja di industri jasa keuangan mungkin kalian penasaran apa saja profesi tersebut. Maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas profesi-profesi apa saja yang terdapat di dalam industri jasa keuangan.

  • Profesi Akuntan

Profesi yang ada aalam industri jasa keuangan ialah profesi akuntan. Profesi akuntan ialah suatu kedudukan yang memberikan seseorang tanggung jawab dalam menghasilkan laporan keuangan serta informasi akuntan suatu perusahaan. Tugas pokok seseorang akuntan ialah untuk melaksanakan pembukuan terhadap semua transaksi dalam bentuk laporan secara sistematis dan melaporkan ke pada pihak terkait guna kepentingan lainnya.

Dalam membuat suatu laporan dilakukan secara sistematis yakni dengan menguraikan secara teratur serta logis dan seluruh laporan dilaksanakan secara detail dan mencakup rangkaian sebab akibat yang berhubungan dengan objeknya. Dizaman sekaran tampaknya profesi akuntan tumbuh dengan pesat, dilihat dari meningkatkan pendidikan yang menyajikan ilmu akuntansi dan peminat akan bidang studi tersebut pun cukup diminati.

Sponsors Link

  • Profesi Auditor

Profesi berikutnya yang berkaitan dengan jasa industri keuangan ialah auditor, dalam dunia pekerjaan auditor dikenal terbagi menjadi 2 bagian yakni auditor internal dan auditor eksternal. Secara umum, tujuan dari auditor internal maupun eksternal hampir sama yakni melakukan pengawasan, pengecekan dan pengauditan untuk memastikan manajemen perusahaan sudah melakukan berdasarkan standar yang ditetapkan dengan efektif, efisien dan ekonomis.

elain itu profesi auditor akan memberikan laporan tentang temuan dan analisa yang mereka dapatkan serta memberikan suatu pesan atau saran jika ditemukan suatu kesalahan pada manajemen perusahaan. Pada masa kini, profesi auditor pun memiliki peran yang sangat penting terutama bagi perusahaan yang telah memiliki banyak cabang dan banyak daerah operasional. Karena pada umumnya setiap perusahaan tentunya telah memiliki standar operasional tertentu sehingga adanya auditor akan memudahkan perusahaan dalam mengelola jalannya usaha tersebut guna mencapai target dari perusahaan.

ads

Artikel terkait :

  • Profesi Akuntan Publik

Profesi berikutnya yakni profesi akuntan publik, apa itu akuntan publik? Tentunya kalian semua sudah tidak asing lagi dengan profesi yang satu ini. Profesi akuntan publik merupakan bidang pekerjaan yang memerlukan ke ahlian di bidang akuntansi. Pada umum nya akuntan publik juga dikenal dengan sebutan akuntan eksternal. Peran dari akuntan publik/akuntan eksternal sangat penting yakni sebagai tenaga kerja akuntan yang independen guna melakukan pengawasan serta pengauditan suatu perusahaan dengan dasar pembayaran tertentu sesuai perjanjian antara kedua belah pihak.

Pada umumnya akuntan publik telah mendirikan kantor mereka sendiri sebagai akuntan publik / eksternal dan menawarkan jasa mereka terhadap client nya. Seseorang yang menjadi akuntan publik ialah seseorang ya g bekerja pada kantor akuntan publik atau sering disebut KAP. Kehadiran KAP sangat membantu sebagai profesi dalam industri jasa keuangan karena dengan adanya pengawasan dari pihak eksternal akan memberikan netralitas yang lebih mumpuni bagi perusaahna dalam mengawasi manajemen perusahaannya.

Dalam mendirikan perusahaan kantor akuntan publik juga tidak sembarangan, pihak tersebut harus mendapatkan izin dari departemen keuangan setelah mendapatkan izin barulah mereka dapat menjalankan usahanya. Selain melakukan pengawasan seorang akuntan publik juga dapat melakukan audit atau melakukan pemeriksaan dan jasa konsultasi manajemen.

  • Profesi Appraisal atau Penilai

Profesi berikutnya ialah appraisal atau dikenal sebagai penilai, appraisal adalah suatu kedudukan atau pihak yang akan menentukan serta menilai jalannya suatu perusahaan jasa keuangan atau aset yang ada. Tim penilai pun tidak hanya memberikan dampak positif bagi perusahaan tetapi juga memberikan dampak positif bagi konsumen atau klien yang terkait. Hal tersebut dapat menjaga kepercayaan konsumen dengan penilai hasil penilai dari tim appraisal dan dapat memberikan gambaran yang sebenarnya tentang perusahaan tersebut jadi secara tidak langsung penilaian diberikan juga dapat berdampak positif bagi perusahaan dan konsumen.

Pokok utama dari pekerjaan apraisal yakni melakukan pengamatan dan peniliaian terhadap suatu objek baik berupa aset pemerintahan maupu perusahan swasta. Profesi yang satu ini saat ini tampaknya cukup banyak digemari karena memiliki jenjang karir serta peluang karir yang baik para pekerja. Profesi ini juga sangat dibutuhkan dan menawarkan gaji yang cukup lumayan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,