5 Peluang Usaha Yang Punya Prospek Jangka Panjang

Prospek merupakan salah satu kriteria bisnis yang menjadi bahan pertimbangan para pebisnis sebelum menentukan jenis usaha apa yang akan dijalankan. Suatu usaha yang memiliki prospek bagus dinilai akan bertahan dalam jangka waktu panjang. Sebaliknya, usaha yang tidak memiliki prospek bagus tidak akan dapat bertahan lama menghadapi persaingan. Pertanyaannya, atas dasar apakah penilaian prospek dilakukan? Penilaian terhadap prospek usaha meliputi penilaian dalam aspek-aspek berikut:

  • Potensi pertumbuhan usaha
  • Kondisi pasar dan posisi debitur dalam persaingan di pasar
  • Kualitas manajemen dan isu-isu terkait tenaga kerja
  • Dukungan dari afiliasi
  • Upaya yang dilakukan debitur dalam menjaga dan memelihara lingkungan

Berdasarkan penilaian terhadap aspek-aspek tersebut, berikut ini merupakan lima peluang usaha yang punya prospek dan dinilai mampu bertahan dalam jangka waktu panjang:

1. Bisnis Online

Era perkembangan teknologi diperkirakan akan tetap berlanjut bahkan tidak dapat dipungkiri akan muncul teknologi yang lebih baru dan canggih. Kemungkinan ini berujung pada asumsi bahwa peluang bisnis online akan terus Berjaya ke depannya. Bahkan secara ekstrim dapat dikatakan adanya kemungkinan munculnya platform-platform baru yang lebih update dan canggih serta mendukung berjalannya bisnis online tanoa modal.

Bagi anda yang kini tengah menggeluti bisnis online yang menguntungkan, baik sebagai penjual, reseller, maupun dropshipper, anda telah mengambil keputusan yang tepat. Akan tetapi, anda tetap harus waspada terhadap tingkat persaingan yang semakin ketat ke depannya. Pastikan anda menyusun strategi yang tepat dalam menghadapi para pesaing.

2. Bisnis Kuliner

Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Jadi tentunya tidak salah jika bisnis yang satu ini dianggap memiliki prospek yang baik oleh karena pangsa pasarnya luas dan pasti dibutuhkan semua orang. Namun sayangnya, banyak orang yang berpendapat bahwa bisnis kuliner kurang dapat bertahan dalam persaingan.

Apalagi jika bisnis kuliner dijalankan berdasarkan tren yang tengah berkembang di masyarakat, yang notabene selalu berkembang. Pandangan tersebut tidak sepenuhnya salah, akan tetapi jika anda paham kunci sukses usaha kuliner, anda pasti dapat menyusun strategi dalam menghadapi persaingan dan tetap bertahan.

3. Makelar Properti

Properti merupakan produk investasi yang terbaik karena nilainya cenderung mengalami kenaikan. Kenaikan harga properti, seperti tanah dan bangunan, dipicu oleh peningkatan jumlah penduduk yang tidak diimbangi dengan luas lahan tinggal yang tersedia. Tugas makelar properti adalah menjadi jembatan antara pembeli dan penjual.

Untuk memulai bisnis ini, hal yang anda butuhkan hanyalah pengetahuan mengenai properti yang akan dijual dan jaringan (networking). Keuntungan menjadi makelar properti menurut Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia nomor 33/M-DAG/PER/8/2008tentang Perusahaan Perantara Perdagangan Properti menetapkan bahwa besaran komisi untuk makelar atau properti ialah sebagai berikut:

  • Komisi atas sewa dan kontrak sebesar 5%
  • Komisi atas jual-beli rumah, tanah, maupun properti dengan harga jual kurang dari atau sama dengan 1 miliar rupiah, yakni sebesar 3% dari harga jual
  • Komisi atas jual-beli rumah, tanah, maupun properti dengan harga jual antara 1 hingga 3 miliar rupiah, yakni sebesar 2,5% dari harga jual
  • Komisi atas jual-beli rumah, tanah, maupun properti dengan harga jual di atas 3 miliar rupiah, yakni sebesar 2% dari harga jual

4. Bisnis Travel

Wisata mendadak menjadi salah satu tren di kalangan muda untuk menghabiskan masa liburan. Meningkatnya minat masyarakat untuk pergi berwisata didukung oleh Pemerintah melalui pengelolaan dan pemeliharaan tujuan wisata. Hal ini semakin membuka peluang lebar bagi para pengusaha di bidang travel. Memang untuk memulai bisnis ini diperlukan modal yang cukup besar dan koneksi yang luas.

Akan tetapi, bisnis ini memiliki prospek yang bagus di masa depan karena diperkirakan akan terjadi peningkatan stress yang diakibatkan oleh semakin ketatnya persaingan, baik persaingan antar perusahaan maupun antar karyawan dalam perusahaan. Sementara guna mengurangi tingkat stress, masyarakat cenderung memilih pergi wisata.

5. Waralaba

Terakhir ada bisnis waralaba alias franchise. Bisnis franchise terlaris dinilai memiliki prospek yang bagus karena dinilai lebih simple dibanding harus memulai bisnis baru yang memerlukan banyak pertimbangan dan strategi bisnis franchise yang cepat balik modal, khususnya untuk tetap bertahan menghadapi para pesaing lama yang sudah lebih berpengalaman. Ke depannya, bisnis waralaba mungkin akan bersinergi dengan teknologi untuk memudahkan konsumen.

Kendati bisnis waralaba pada umumnya membutuhkan modal yang terbilang cukup besar, namun jumlah investasi yang anda keluarkan setara dengan manfaat yang akan anda terima ke depannya. Jika anda berminat memulai bisnis waralaba dengan modal yang terbilang minim, cobalah anda memulai dengan bisnis franchise dengan modal 5 juta.

Nah, itulah lima peluang usaha yang punya prospek bagus. Apakah anda ingin mencoba salah satu diantaranya? Semoga berhasil!