Sponsors Link

8 Keuntungan Usaha Bisnis Laundry Rumahan

Usaha laundry bisa dibilang sedang menjamur diberbagai tempat baik bisnis jenis franchise maupun pribadi. Bila dibanding dengan bisnis yang lain, bisnis laundry memiliki keuntungan-keuntungan. Ada beberapa jenis laundry yang banyak berkembang di masyarakat yaitu laundry coin, laundry karpet, laundry sepatu, laundry kiloan, laundry helm, dan lain sebagainya. Dengan keuntungan bisnis laundry yang menjanjikan, banyak pengusaha maupun individu yang juga melirik peluang usaha ini.

ads

(Baca juga: Keuntungan dan Kerugian Bisnis Franchise)

Meskipun bisnis laundry tidak dikategorikan sebagai bisnis elite, namun sebenarnya jenis usaha ini justru menjadi salah satu bisnis vital yang dibutuhkan oleh banyak orang. berikut ini adalah beberapa keuntungan bisnis laundry yang hanya dimiliki oleh jenis usaha ini.

1. Jasa laundry banyak dibutuhkan

Dengan banyaknya kesibukan sehari-hari, banyak orang yang tidak mempunyai waktu utuk sekedar mencuci baju. Sehingga, ketika tidak ada waktu yang cukup untuk mencuci baju, jasa laundry menjadi jasa yang sangat dibutuhkan. Jasa laundry terbukti membantu mereka yang memiliki jadwal padat untuk menghemat waktu dan memudahkan pekerjaan. Hal ini dikarenakan jasa laundry sebenarnya kebutuhan manusia yang mendasar. Bila kebutuhan mendasar yang pertama adalah sandang; laundry menjadi bagian dari kebutuhan tersebut. Faktanya tidak setiap hari kita membeli baju, namun bisa dipastikan bila kita butuh mencuci pakaian setiap hari.

Jasa laundry biasanya akan mendapat lebih banyak pelanggan apabila berada di daerah kampus, perkantoran, apartemen, kos-kosan, maupun tempat lain dengan mayoritas penduduk sibuk. Hal ini dikarenakan penduduk di sekitar bisnis laundry sebagian besar tidak memiliki banyak waktu mencuci. Dengan pemilihan tempat yang strategis akan lebih mudah mendapatkan pelanggan dan keuntungan. Selain itu, apabila membuka bisnis laundry di tempat yang strategis; satu hal yang harus diperhatikan adalah kemungkinan adanya competitor yang kuat.

2. Bisnis yang relatif mudah

Bagi para pemula di dunia bisnis, mencari bisnis dengan tingkat resiko yang rendah merupakan suatu keharusan. Bisnis laundry bisa dikategorikan sebagai bisnis yang mudah dengan resiko yang relatif kecil. Untuk menjalankan bisnis laundry tidak diperlukan keahlian khusus, hanya diperlukan kemauan yang kuat dan mempunyai perlengkapan untuk laundry.

Memang tidak mudah untuk memilih usaha dengan tingkat resiko yang rendah dan syarat yang mudah. Lain halnya dengan bisnis laundry yang bisa dengan mudah meminimalkan resiko ketika menjalankan usaha. Bisnis laundry ini juga tergolong mudah untuk dikembangkan dengan membuka cabang-cabang di tempat lain. Dengan prospek yang cerah dan resiko gagal yang rendah; bisnis laundry mempunyai kemungkinan sukses yang bisa memberikan keuntungan berkelanjutan untuk jangka panjang.

3. Tidak harus mempunyai karyawan

Keuntungan bisnis laundry pada poin ini merupakan keuntungan yang tidak didapat dari jenis bisnis lain. Hampir semua bisnis membutuhkan karyawan untuk menjaga kelancaran usaha. Lain halnya dengan bisnis laundry yang bisa dikerjakan sendiri oleh pemilik hanya dengan bantuan mesin cuci. Karena bisa dikerjakan sendiri, bisnis laundry tentunya bisa memberikan keuntungan yang lebih besar dan juga menghemat pengeluaran. Bila memutuskan untuk tidak mempekerjakan karyawan, pemilik usaha laundry harus benar-benar bisa mengatur waktu agar laundry bisa selesai tepat waktu.

Selain itu, sekarang ini juga ada jenis laundry yang memungkinkan pelanggan untuk mencuci pakaian mereka sendiri dengan sistem laundry coin. Dengan laundry coin, jumlah karyawan bisa diminimalkan karena sistem laundry menggunakan self-service.

(Baca juga: Cara Bisnis Pulsa)

Sponsors Link

4. Penghasilan tetap

Bisnis laundry memberikan keuntungan tetap yang bisa diperkirakan setiap bulannya. Keuntungan ini tidak bisa didapat dari jenis bisnis lain seperti bisnis kuliner. Selain bisnis laundry, jenis bisnis yang lain biasanya memerlukan perhitungan yang matang dan cermat di setiap sistem keuangannya. Pemilik bisnis laundry bisa menghitung keuntungan yang didapat per hari, minggu, maupun bulan.

Dengan keuntungan yang bisa didapat dalam kurun waktu yang cepat, pemilik bisnis laundry bisa dengan mudah mengembangkan usaha atau membuka cabang. Selain itu, pemilik juga bisa mengembalikan modal dengan keuntungan yang didapat. Keuntungan yang didapat juga bisa dengan mudah digunakan untuk kebutuhan sehari-hari tanpa mempengaruhi kestabilan keuangan bisnis.

(Baca juga: Penyebab Kegagalan Usaha)

5. Dapat dikerjakan di rumah

Untuk membuka bisnis laundry, pemilik tidak perlu menyewa tempat khusus melainkan bisa dikerjakan di rumah. Sebagian besar bisnis harus dilakukan di pabrik, kantor, ataupun tempat usaha yang lain. Namun, lain halnya dengan bisnis laundry yang bisa dilakukan di rumah, sehingga sangat cocok bagi orang tua yang ingin bekerja santai namun tetap menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Bekerja dari rumah bisa memberikan keleluasaan dan suasana yang berbeda dari bisnis pada umumnya. Pemilik hanya perlu menempatkan papan nama laundry untuk memudahkan pelanggan  menggunakan jasa laundry.

(Baca juga: Bisnis Rumahan Modal Kecil Menguntungkan)

Sponsors Link

6. Alternatif jasa yang vital

Faktanya, belum ada jasa pengganti untuk menggantikan peran laundry. Meskipun kebutuhan primer setiap manusia adalah makan, namun terdapat banyak alternatif untuk memenuhi kebutuan primer ini. Berbicara mengenai kebutuhan untuk mencuci pakaian, manusia hanya mempunyai dua pilihan; dry clean atau membeli yang baru. Dua pilihan ini jelas lebih mahal dari menggunakan jasa laundry. Hal ini bisa dikategorikan bila kebutuhan mencuci pakaian tidak bisa digantikan dengan jasa yang lain.

(Baca juga: Keuntungan dan Kerugian Bisnis Air Isi Ulang)

7. Target pasar yang lengkap

Bisnis laundry mempunyai segmen pasar yang lengkap di semual lapisan masyarakat. Hampir semua kalangan membutuhkan jasa laundry. Hanya saja biasanya masyarakat kalangan atas membutuhkan jasa laundry yang ekslusif untuk jenis pakaian tertentu. Namun untuk keperluan pakaian sehari-hari, jasa laundry tetap dibutuhkan.

8. Tidak terpengaruh oleh faktor eksternal

Suatu bisnis biasanya sangat bergantung pada faktor-faktor eksternal yang mungkin mempengaruhi keuntungan bisnis tersebut. Beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi berbagai jenis bisnis adalah:

  • cuaca
  • BBM
  • teknologi
  • target pasar

Sebagai contoh bisnis kerupuk yang membutuhkan sinar matahari yang maksimal untuk mengeringkan kerupuk. Cuaca bisa menjadi faktor yang membuat keuntungan bisnis turun apabila sedang tidak bersahabat. Berbeda dengan bisnis yang lain, usaha laundry tidak tergantung dengan faktor eksternal lainnya. Meskipun sedang musim hujan, bisnis laundry tetap bisa berjalan dengan baik dan memberikan keuntungan maksimal.

Hal ini dikarenakan usaha laundry tidak bergantung pada matahari untuk mengeringkan pakaian namun menggunakan pengering elektrik. Musim hujan justru mendatangkan keuntungan sendiri bagi bisnis laundry karena ketika orang-orang bergantung pada matahari; mereka akan lebih memilih untuk menggunakan jasa laundry.

Bisnis laundry memang memberikan keuntungan yang mungkin tidak diperkirakan oleh banyak orang. Sebagai salah satu usaha yang menyasar kebutuhan mendasar manusia, bisnis laundry jelas memberikan banyak keuntungan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Peluang Bisnis