Sponsors Link

6 Cara Pembayaran Kartu Kredit Di Bank

Di era yang sudah sangat modern saat ini memang cara pembayaran kartu kredit sudah dianggap tak asing lagi bagi kehidupan. Pasalnya masyarakat modern saat ini sudah banyak yang menggunakan kartu kredit sebagai alat untuk pembayaran berbagai transaksi. Di klaim sangat praktis dan tentunya sangat aman menjadi salah satu alasan mengapa kartu kredit kini menjadi alat pembayaran yang banyak diminati. Di bilang praktis dan aman karena bertransaksi menggunakan kartu kredit, kita sebagai pengguna tak perlu membawa uang kemana-mana. Jadi singkatnya, tanpa harus membawa uang tunai kita tetap bisa berbelanja dimanapun berada dengan menggunakan kartu kredit.

ads

Meski kartu kredit sudah dirilis dan diperkenalkan oleh berbagai Bank sejak lama, namun ternyata tidak semua masyarakat di Indonesia tahu secara pasti apa itu sebenarnya kartu kredit. Minimnya pengetahuan masyarakat mengenai kartu kredit, digadang-gadang menjadi faktor utama kurang maksimalnya keberadaan dari layanan ini. Padahal dengan menggunakan layanan kartu kredit, membuat kita lebih aman dari berbagai tindak kejahatan apapun seperti perampokan atau penjambretan, karena kita kemana-mana tidak membawa uang.

Nah, sebelum kita membahas pokok utama mengenai cara pembayaran kartu kredit, tak ada salahnya jika kita mengetahui apa sebenarnya kartu kredit itu. Kartu kredit merupakan sebuah alat pembayaran sebagai pengganti uang tunai yang dapat diperbelanjakan di tempat-tempat tertentu yang memang menyediakan layanan pembayaran menggunakan kartu kredit. Jadi singkatnya kartu kredit adalah sebuah layanan dari perbankan untuk mempermudah kita sebagai nasabah ketika melakukan transaksi. Dalam transaksi, kita cukup menggesek kartu kredit dan selanjutnya melakukan pembayaran tagihan secara rutin kepada pihak Bank yang menjadi partner.

(Baca juga: Peran Bank Syariah)

Cara pembayaran Kartu Kredit

Seperti yang disinggung pada poin di atas, meski kartu kredit sudah diterbitkan oleh berbagai Bank di Indonesia sejak lama, namun nampaknya ada banyak pula masyarakat yang masih awam terhadap benda yang satu ini. Sering kali pengguna kartu kredit khususnya yang masih baru tidak mengetahui secara pasti cara pembayarannya. Padahal pengguna kartu kredit diharuskan untuk paham terhadap cara pembayarannya guna membuat penggunaan kartu kredit menjadi maksimal. Bagi anda yang termasuk masih awam terhadap cara pembayaran tagihan kartu kredit, berikut ini merupakan beberapa cara atau pilihan bagi anda didalam membayar tagihan kartu kredit.

  1. Pembayaran tunai

Pembayaran tagihan kartu kredit secara tunai melalui pihak teller bank menjadi salah satu sistem pembayaran yang paling mudah. Pasalnya anda hanya cukup mendatangi kantor Bank yang menjadi penerbit kartu kredit anda selama ini, selanjutnya membayarkan sejumlah tagihan yang tertera. Setelah anda membayar tagihan tersebut, anda biasanya akan diberikan struk atau bukti transaksi anda selama ini. Nah, sebelum meninggalkan Bank, sebaiknya anda mengecek bukti transaksi anda, apakah sudah benar atau tidak. Jika tidak diketemukan kesesuaian anda bisa langsung melakukan komplain atau meminta kejelasan langsung kepada Bank.

(Baca juga : Bank Dengan Bunga Deposito Tertinggi)

Sponsors Link

  1. Pembayaran auto-debit

Selanjutnya anda juga bisa melakukan pembayaran langsung melalui layanan auto debit dari pihak Bank penerbit kartu kredit. Cara yang satu ini mungkin yang paling gampang dan praktis dibanding cara pembayaran kartu kredit yang lainnya, karena kita selaku pengguna kartu kredit tidak perlu harus datang ke Bank dan mengurusi pembayaran tagihan. Sistem ini biasanya otomatis akan memungut saldo dari tabungan kita setiap bulannya, jadi kita sebagai pengguna kartu kredit tak perlu khawatir atas keterlambatan dalam pembayaran tagihan. Untuk mengaktifkan layanan ini, anda bisa langsung menghubungi pihak teller Bank yang menjadi partner anda.

  1. Pembayaran dengan e-Banking

Dewasa ini mungkin seluruh Bank di Indonesia telah menyediakan layanan pembayaran tagihan kartu kredit yang lebih praktis untuk membuat para nasabahnya menjadi nyaman, salah satunya ialah pembayaran dengan cara e-Banking. Dengan membayar tagihan melalui e-Banking, anda sebagai nasabah akan mendapatkan berbagai keuntungan lebih, salah satu diantaranya adalah anda bebas melakukan pembayaran tagihan kartu kredit kapanpun dan dimanapun anda berada. Layanan e-Banking biasanya sudah terintegritas ke beberapa decice, beberapa diantara yang paling umum digunakan adalah melalui ATM Bank, Mobile Banking, dan Internet Banking.

(Baca juga: Peran Bank Indonesia)

  1. Melalui ATM

Seperti yang kita ketahui, jika saat ini mungkin mesin ATM sudah menjamur dimana-mana. Karenanya mungkin bukan perkara yang sulit lagi buat kita untuk bisa membayar tagihan kartu kredit yang kita miliki, meski kita berada di luar kota sekalipun. Dengan fasilitas yang disediakan oleh mesin ATM, kita bisa saja membayar tagihan kartu kredit kapanpun dan dimanapun. Untuk cara pembayarannyapun cukup mudah, kita tinggal masuk ke menu transfer kemudian mengisikan nomor kode Bank tujuan yang di ikuti dengan nomor kartu kredit kita. Maka otomatis uang yang kita kirimkan akan masuk ke Bank penerbit kartu kredit.

(Baca juga: Daftar Kode Transfer Antar Bank Seluruh Indonesia)

  1. Melalui e-Channel

Fasilitas yang satu ini merupakan buah kerja sama antar Bank guna mempermudah dan mempernyaman bagi para nasabah-nasabahnya. Fasilitas tersebut mempermudah kita sebagai nasabah untuk membayarkan tagihan kartu kredit meski rekening yang kita miliki berbeda dengan Bank penerbit kartu kredit. Sebagai contoh: Anda memiliki kartu kredit yang dikeluarkan oleh Bank BCA, sedangkan rekening yang anda miliki untuk saat ini dikeluarkan oleh Bank Mandiri. Meski berbeda Bank anda tetap bisa melakukan pembayaran dari tagihan kartu kredit tersebut, entah melalui teller Bank, Internet Banking ataupun mesin ATM dengan biaya admin tertentu.

Sponsors Link

  1. Melalui Drop Box

Layanan pembayaran tagihan kartu kredit yang satu ini mungkin sedikit asing bagi telinga kita. Pasalnya cara pembayaran tersebut masih terealisasikan pada Bank-bank asing saja, seperti Citibank, HSBC, RBS, dsb. Cara pembayaran tagihan kartu kredit yang satu ini sebenarnya tak kalah mudah dan praktisnya seperti cara-cara pembayaran lainnya. Mekanisme pembayarannyapun cukup sederhana, anda tinggal datang langsung ke Bank yang menjadi penerbit kartu kredit anda. Selanjutnya anda bisa langsung menuju tempat Drop Box yang sudah disediakan oleh Bank tanpa harus menemui staf teller dan mengisi semacam form berisikan informasi diri serta nominal pembayaran. Setelah lengkap anda bisa memasukkan ke Drop Box yang sudah tersedia. Otomatis nantinya pembayaran tagihan kartu kredit anda akan diproses oleh pihak Bank.

Dengan mengetahui cara pembayaran kartu kredit, masyarakat diharapkan menjadi lebih bijak dalam menggunakan kartu kredit. Penggunaan kartu kredit bagi sebagian orang memang lebih aman dan mudah karena pengguna tidak perlu membawa uang tunai untuk berbagai pembayaran.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Perbankan