Sponsors Link

7 Keuntungan Bisnis Properti Tanah dan Rumah

Investasi merupakan salah satu pilihan manusia untuk merencanakan masa depan dan bukan rahasia umum lagi bahwa sejak dahulu para orang tua senang melakukan investasi. Namun, jika dulu investasi umumnya hanya pada barang-barang perhiasan yang biasanya juga selain untuk dipakai juga dianggap sebagai barang investasi. Meskipun sedikit, sejak dulu juga orang tua sudah mulai berinvestasi di bidang properti. Bidang ini biasa selain dijadikan sebagai investasi juga dijadikan bisnis.  (Baca juga : tujuan ekonomi pembangunan – faktor pembangunan ekonomi)

ads

Dapat kita temui bisnis properti yang lazim ditemukan di masyarakat yaitu sewa rumah, kos-kosan atau sewa tempat jika rumahnya di pinggir jalan. Saat ini, bisnis properti merupakan bisnis yang sangat cerah meskipun keuntungannya tidak dapat segera didapatkan dalam waktu yang singkat namun keuntungan dari bisnis properti cukup menjanjikan untuk menjamin kehidupan di masa depan. (Baca juga: cara memulai bisnis properti – keuntungan dan kerugian bisnis franchise)

Ada banyak keuntungan dari bisnis properti karena properti merupakan barang yang tidak dapat diperbarui namun kedepan akan sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Contoh barang yang termasuk dalam properti yaitu tanah, bangunan dan rumah.

Jika ingin memulai bisnis properti, berikut keuntungan dari bisnis properti yang dapat anda pertimbangkan untuk memulai mengambil langkah dalam bisnis ini, yaitu:

1. Keuntungan Besar

Meskipun bukan merupakan bisnis dengan modal yang murah namun bisnis properti merupakan bisnis yang menjanjikan prospek cerah karena keuntungan yang didapat juga tidak sedikit. Jadi, dana modal berbanding lurus dengan keuntungan namun tidak sama dengan karena bisnis ini menghasilkan keuntungan yang besar dan untuk biaya hidup anda akan terjamin dan sisanya dapat dijadikan investasi. (baca juga : tujuan ekonomi makro  , Penyebab Usaha Sepi)

2. Resiko rendah

Modal dana yang besar dalam bisnis tidak serta merta menjamin bahwa bisnis tersebut juga beresiko tinggi. Seperti bisnis properti, memang dana yang dikeluarkan untuk memulai bisnis ini cukup besar namun resiko yang dihadapi tidak sebesar dana yang harus dikeluarkan. Resiko untuk bisnis properti tergolong cukup rendah karena pergerakan harga dalam bisnis ini cenderung stabil. Harga properti tidak pernah sekalipun mengalami penurunan yang sangat drastis, terutama jika lokasinya memang juga di tempat yang strategis.(Baca juga: bentuk kepemilikan bisnis – prinsip bisnis)

Bisnis properti dapat dikatakan bisnis yang pasti menjanjikan keuntungan karena semakin tahun harga dan kebutuhan properti terus meningkat. Jadi, jika ingin bisnis yang pasti menjanjikan keuntungan, bisnis properti dapat menjadi salah satu pilihan bisnis. (Baca juga: syarat mendirikan koperasi simpan pinjam)

3. Prospek Cerah

Seperti yang telah disebutkan bahwa bisnis properti merupakan bisnis masa depan yang menjamin prospek cerah. Hal itu tidak salah, mengingat salah satu bagian dari barang properti seperti tanah, rumah ataupun bangunan merupakan kebutuhan primer dari setiap manusia.

Harga tanah dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan karena semakin banyak dan gencarnya pembangunan hunian atau perumahan penduduk. Selain tanah, bangunan pun banyak dibutuhkan saat ini mengingat banyak sekali cabang usaha atau bisnis yang membutuhkan bangunan sebagai lapak berjualan. (Baca juga: keuntungan investasi properti – syarat pendirian PT)

Sponsors Link

4. Dua Pilihan Keuntungan

Meskipun bukan merupakan bisnis yang menjanjikan keuntungan yang cepat namun dalam bisnis properti ada dua pilihan keuntungan yang dapat dijadikan sebagai cara menentukan pemasukan. Disewakan atau dijual sekalian merupakan dua pilihan untuk meraup keuntungan dalam bisnis properti. : Cara Menabung Emas di Pegadaian , Cara Pinjam Uang Di Pegadaian)

Jika dijual, keuntungan yang anda peroleh dapat sekaligus besar dalam suatu waktu maka jika disewakan walaupun keuntungannya lebih kecil namun keuntungannya akan terus menerus dirasakan selama barang properti yang anda miliki masih dalam kondisi yang baik dan masih ada yang menyewa barang properti milik anda.

5. Bebas Kelola

Jika kebebasan dalam menjalankan bisnis merupakan pilihan yang anda inginkan maka bisnis properti dapat anda jadikan salah satu pilihan. Bisnis ini tidak membutuhkan banyak waktu dalam pengelolaan karena biaya pengurusan dalam bisnis ini dapat anda upahkan atau kurangi dengan cara, misalnya jika anda pemilik tanah, anda dapat menyewakan tanah anda untuk digarap menjadi lahan perkebunan maka biaya pengurusan pun akan berkurang.  (Baca juga: penyebab konflik usaha ,  cara untuk mendapatkan modal usaha)

6. Aset

Mungkin sudah banyak yang tahu dan bahkan banyak dijumpai dimasyarakat bahwa barang properti merupakan barang pasif yang dapat dijadikan aset. Banyak orang di masyarakat kita jumpai sebagai orang yang kaya raya hanya dengan memiliki banyak rumah yang disewakan atau tanah yang dimiliki. (baca juga: Fungsi Pasar Modal Dalam Perekonomian, Peran Pasar dalam Perekonomian)

Anggapan bahwa juragan tanah merupakan orang yang berduit dan biasanya mampu memenuhi biaya hidup serta membuka usaha baru, bukanlah hal yang salah karena bisnis properti memang dapat dijadikan sebagai salah satu aset yang juga dapat dijadikan sebagai bisnis pasif yang bisa dijadikan pilihan investasi masa depan.  (Baca juga: cara bisnis pulsa – keuntungan bisnis laundry)

7. Investasi yang Menguntungkan

Bukan rahasia bahwa barang properti itu tidak murah namun juga bukan hal yang aneh jika barang properti dapat dijadikan sebagai barang yang dapat dijadikan sebagai alat investasi yang menguntungkan. Keuntungan bisnis properti dapat membiayai biaya hidup selama setahun atau bahkan lebih sehingga akan selalu ada cukup dana untuk melakukan investasi, memiliki sejumlah tabungan untuk masa depan. (Baca juga: cara investasi emas untuk pemula – keuntungan investasi saham)

Sponsors Link

Tips Agar Keuntungan dari Bisnis Properti Maksimal

  • Bentuk dan Lokasi Properti

Pilihlah lokasi dan bentuk properti yang menjanjikan keuntungan yang anda inginkan, misalnya jika anda ingin bisnis properti yang akan memberikan anda keuntungan tiap tahun maka janganlah memilih bisnis properti dalam bentuk tanah. Anda harus memilih bisnis properti dalam bentuk rumah, rumah toko atau bangunan yang dapat anda sewakan. (baca juga: Hubungan Pasar Uang dan Pasar Modal Dalam Perekonomian , Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Menguntungkan)

Selain bentuk, lokasi properti yang strategis juga merupakan hal yang dapat anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli barang properti guna dipakai sebagai alat bisnis. (Baca Juga:  syarat mendirikan usaha dagang)

  • Promosi

Bisnis ini memang merupakan bisnis yang banyak dibutuhkan namun siapa yang akan tahu jika anda menawarkan barang properti untuk dijual atau disewakan jika anda tidak giat melakukan promosi. Hanya membuat tanda bahwa anda sedang ingin menjual atau menyewakan tanah atau rumah di rumah atau tanah tidak akan seefektif apabila tidak ditambah dengan giatnya anda melakukan promosi.  (Baca juga: peluang usaha air isi ulang – cara pinjam uang di pegadaian)

Untuk melakukan promosi, anda harus memberikan informasi tentang barang properti yang anda tawarkan sedetail mungkin lengkap dengan kontak yang dapat dihubungi. Informasi yang dapat anda berikan saat melakukan promosi yaitu informasi tentang lokasi, situasi, kondisi, luas ataupun fasilitas. Semakin tidak pelit dan sabar anda dalam memberikan informasi maka semakin mudah barang properti anda diminati.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Bisnis