Sponsors Link

12 Usaha Pertanian Yang Menjanjikan Saat Ini Dengan Keuntungan Besar

Peluang usaha dalam sektor pertanian akan terus berkembang mengikuti perubahan zaman yang juga semakin modern khususnya diikuti juga dengan perkembangan teknologi yang semakin mempermudah dalam mencari inspirasi untuk dijadikan peluang usaha di sektor pertanian. Hasil dari usaha pertanian sudah menjadi kebutuhan primer yang sangat dibutuhkan masyarakat luas sehingga ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mengelola usaha pertanian dengan lebih profesional lagi. Berikut ini, kami memiliki beberapa usaha pertanian yang menjanjikan saat ini yang bisa dipilih sesuai dengan banyaknya modal yang anda miliki.

ads
  1. Sayuran Organik

Masyarakat modern saat ini sudah semakin jeli dan pintar dalam memilih makanan sehat apa yang baik untuk di konsumsi dan salah satunya adalah sayuran organik yang jauh lebih sehat karena tidak menggunakan pestisida pada saat proses penanaman. Sayuran dan juga buah buahan yang ditanam secara hidroponik ini menjadi peluang usaha pertanian yang bisa memberikan keuntungan besar. Sedangkan untuk pemasaran dimulai dari kalangan bawah, menengah sampai kalangan atas.

Anda hanya perlu menyiapkan beberapa pot atau polybag pada lahan yang tidak terlalu luas lalu bisa disusun dengan rapi ataupun di gantung pada pekarangan rumah sebab menanam sayuran organik merupakan salah satu bisnis rumahan modal kecil menguntungkan yang cukup mudah dilakukan bagi pemula. Apabila lahan yang tersedia cukup luas, maka tanaman organika yang bisa ditanam juga semakin banyak.

  1. Alat dan mesin Pertanian

Prospek menjanjikan di Indonesia juga bisa diperoleh dengan menjual alat serta mesin pertanian. Menjadi reseller berbagai produk pertanian seperti alat dan mesin juga bisa dilakukan untuk anda yang memiliki modal kecil. Anda bisa menjualnya secara online di beberapa situs yang sudah terpercaya dan mendapatkan untung yang cukup besar.

  1. Menjual Bibit Tanaman

Usaha menjual bibit tanaman memang bukanlah jenis usaha yang mudah dijalankan untuk pemula. Akan tetapi, peluang usaha ini sangat bagus untuk dipelajari karena bisa mendatangkan prospek yang sangat besar. Bibit tanaman ini tidak hanya dibutuhkan dalam sektor pertanian dan perkebunan saya, akan tetapi beberapa orang yang memiliki hobi menanam juga membutuhkan bibit ini untuk ditanam sendiri di rumah. Untuk proses pemasaran, anda bisa melakukan promosi yang lebih sering dengan cara memasang iklan secara online, selebaran dan berbagai cara penjualan lainnya.

  1. Pupuk Tanaman

Usaha pertanian selanjutnya yang cukup menjanjikan adalah menjual pupuk tanaman yang sangat laku keras khususnya jika tempat tinggal anda berdekatan dengan area sawah, ladang dan juga perkebunan sebab menjadi bisnis yang menguntungkan di desa. Ketiga jenis tempat ini sangat membutuhkan pupuk yang sangat banyak dalam proses penanaman usaha mereka. Sementara untuk anda yang tinggal di wilayah perkotaan, maka bisa menjual pupuk ini dalam kemasan plastik yang lebih kecil sekitar 1 kilogram sampai 5 kilogram yang bisa digunakan untuk tanaman hias, sayuran dalam pot kecil dan berbagai kebutuhan lainnya.

  1. Tanaman Hias

Peluang usaha menjanjikan selanjutnya dari sektor pertanian adalah budidaya tanaman hias yang saat ini juga tengah digandrungi para masyarakat luas baik di desa ataupun perkotaan. tanaman hias sering dipilih untuk dijadikan hiasan teras atau halaman karena bisa menyejukkan mata sekaligus menciptakan udara yang juga jauh lebih segar. Tanaman hias sendiri memiliki jenis sangat bervariasi dan spesifikasi yang bisa disesuaikan dari segi budget yang anda miliki.

Sponsors Link

  1. Menanam Renpah Rempah

Memulai usaha dengan menjual rempah rempah juga akan memberikan keuntungan yang sangat menjanjikan. Semua rempah dan juga bumbu sangat dibutuhkan masyarakat untuk memasak bahkan untuk pengobatan dari mulai memasak keperluan keluarga sampai restoran besar. Menanam rempah rempah juga tidak membutuhkan lahan yang besar dan beberapa jenis rempah yang bisa anda tanam untuk dijual diantaranya adalah bawang merah, lengkuas, kunyit, sereh, jahe, bawang putih dan beberapa jenis rempah lainnya. Selain itu, menanam rempah rempah juga bisa dijadikan usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga didesa. Sebagai contoh, cara memulai bisnis bawang merah bisa dilakukan dengan menanam benih dan tunas dari bawang merah pada lahan yang tidak terlalu luas sehingga bisa lakukan di pekarangan rumah anda.

  1. Toko Pertanian Online

Membuka toko alat pertanian secara nyata atau fisik membutuhkan modal yang cukup tinggi karena membutuhkan sewa tempat usaha pada lahan yang strategis dengan biaya yang bisa mencapai jutaan Rupiah setiap bulannya. Sedangkan membuka toko alat pertanian secara online tidak membutuhkan biaya sebanyak itu namun tetap menjanjikan keuntungan yang sangat besar. Pada toko online pertanian tersebut, anda bisa menjual berbagai keperluan seperti pupuk subsidi, perlengkapan pertanian, pupuk vitamin dan nutrisi, alat pertanian, bibit tanaman dan masih banyak lagi yang lain. Sedangkan untuk jangkauan konsumen tidak hanya bisa didapat dari dalam negeri namun bisa meluas mencapai beberapa negara bahkan seluruh dunia.

  1. Pengepul Padi

Bisnis pertanian pengepul padi sangat mudah untuk dilakukan namun memberikan keuntungan yang menjanjikan. Yang perlu dipersiapkan adalah membeli gabah kering dari petani dimana 1 kilogram padi kering memiliki harga sekitar 5 ribu Rupiah. Sesudah itu, padi kering akan dijual kembali ke pabrik penggilingan padi dalam skala besar atau pada kantor bulog terdekat dengan harga jual yang jauh lebih tinggi dari harga beli pada petani.

  1. Ekspor Impor Produk Pertanian

Manfaat ekspor impor produk pertanian tidak hanya memberikan keuntungan yang besar, namun juga membantu para petani untuk memasarkan produk hasil tanam mereka. Perlu anda ketahui jika harga dari produk pertanian di luar negeri sangat tinggi dan mahal dibandingan dengan harga jual di pasar domestik sehingga keuntungan yang bisa anda dapatkan sudah bisa dipastikan sangat besar.

  1. Konsultan Bisnis Pertanian

Peluang usaha di bidang pertanian yakni menjadi konsultan bisnis pertanian masih terbilang sangat jarang di Indonesia. Akan tetapi, konsultan ini sebenarnya sangat berguna sehingga petani bisa mendapatkan keuntungan sebanyak dua kali lipat dari biasanya, cara bertani hingga menghasilkan panen sebanyak tiga kali lipat sampai hasil panen yang didapat juga jauh lebih banyak.  Bagi anda seorang sarjana pertanian yang sudah memahami betul tentang dunia pertanian, menjadi konsultan bisnis pertanian sangat bagus untuk dilakukan yakni dengan membuka lembaga konsultan atau juga bisa penyuluh bisnis pertanian.

Sponsors Link

  1. Petani Mentimun

Jenis tanaman pertanian yakni mentimun juga bisa memberikan keuntungan yang cukup banyak, sedangkan untuk panen sangat mudah dilakukan dan hanya membutuhkan waktu yang sebentar. Dalam satu bulan, bertani mentimun ini sudah bisa membuahkan hasil yang bisa di panen, selain itu, modal yang dibutuhkan untuk menjadi petani mentimun juga terbilang kecil dibandingkan dengan sektor pertanian lainnya. Sedangkan untuk pemasaran juga sangat mudah karena mentimun menjadi salah satu sayuran yang digemari orang Indonesia sehingga bisa langsung dipasarkan di pasar tradisional ampai supermarket besar sekali pun.

  1. Blogger Niche Pertanian

Manfaat internet untuk ekonomi ternyata juga bisa digunakan dalam sektor pertanian. Kehadiran internet juga bisa dimanfaatkan untuk bisnis dunia pertanian. Salah satu usaha yang bisa dijalankan adalah menjadi blogger khusus bidang pertanian. Anda bisa mulai menulis berbagai artikel yang berhubungan dengan bidang pertanian seperti sayuran, buah buahan, cara menanam, informasi harga bibit dan hasil panen, hama dan lain sebagainya. Sesudah blog mendapatkan banyak pengunjung, maka anda bisa menuai banyak uang dari pemasangan iklan mandiri, menjual produk serta alat pertanian, publisher iklan dan lain sebagainya.

Demikian ulasan dari kami mengenai beberapa usaha pertanian yang menjanjikan saat ini dan bisa anda pilih sebagai usaha sampingan bahkan menjadi usaha utama anda karena keuntungan berlimpah yang bisa anda dapatkan. Hal paling penting adalah selalu melakukan segala jenis usaha dengan tekun dan rajin agar penyebab usaha selalu gagal bisa dihindari.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Peluang Bisnis