Sponsors Link

Cara Bisnis Beras Eceran Ampuh dan Teruji

Jika anda sedang mencari beberapa bisnis rumahan modal kecil menguntungkan maka salah satu yang ada di daftar adalah bisnis beras eceran. Beras merupakan kebutuhan pokok bagi manusia dan tentunya akan selalu di butuhkan sepanjang masa. Inilah mengapa banyak yang berupaya untuk mempelajari cara bisnis beras eceran agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal. Seperti halnya dengan beberapa bisnis lain, mekakukan bisnis ini tentunya juga memiliki beragam resiko tersendiri. Tak jarang banyak yang menjadi merugi karena tidak melakukan dengan cara yang benar.

ads

Pemilihan Lokasi

Walaupun sudah banyak toko yang menyediakan beras ecer, namun jika bisa memahami dan mengerti cara bisnis beras ecer dan tips suksesnya, maka peluang tersebut masih terbuka lebar. Lokasi atau pemilihan tempat adalah hal yang memang harus menjadi salah satu pusat perhatian, dimana tempat anda melakukan bisnis beras eceran ini akan sangat menentukan kesuksesan bisnis anda. Walaupun ini merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan di desa, namun jika lokasi anda melakukan tempat berjualan sangat sulit dan jauh dari akses transportasi maka akan mempengaruhi perkembangan usaha tersebut. Cobalah membuka usaha ini di daerah yang padat akan penduduk, di perumahan misalnya.

Gudang atau Tempat Penyimpanan

Selain memperhatikan daerah atau lokasi dimana anda akan memulai bisni ini, hal lain yang musti menjadi perhatian adalah gudang atau tempat dimana anda akan meletakkan stok beras anda. Beras akan lebih mudah berbau apek dan terserang kutu bahkan untuk jenis beras kemasan jika anda menimbunnya terlalu lama. Hal ini tentunya akan menurunkan kualitas dan menurunkan minat pembeli. Walaupun beras eceran ini merupakan slaah satu ciri-ciri usaha yang potensial, namun tidak terlalu membutuhkan promosi yang berlebihan dan besar-besaran. Anda hanya perlu mempromosikannya dari mulut kemulut maupun menggunakan media free, karena jika kualitas dan harga sekaligus ketersediaan stok selalu terjaga maka pelanggan akan terus berlangganan kepada anda. Untuk memaksimalkan, anda hanya perlu menambahkan spanduk di tempat bisnis beras eceran anda.

Trik Pemasaran

Ada banyak strategi marketing yang tentunya akan jitu jika anda lakukan dengan ide bisnis jangka panjang ini. Bisa dengan optimalisasi spanduk yang telah kita bahas sebelumnya tersebut. Dimana anda bisa mencantumkan berbagai promo menarik maupun harga di dalam spanduk tersebut. Bahkan anda juga bisa memberikan potongan harga dimana anda bisa memberikan beberapa penawaran seperti pemotongan beberapa persen harga jika seseorang membeli dalam jumlah banyak, diskon pada waktu-waktu tertentu dan beberapa promo menarik lainnya. Bisnis beras anda akan lebih maju dan berkembang jika anda menerapkan beberapa cara berikut dan nantinya akan membuat konsumen lebih tertarik dengan bisnis anda.

Sponsors Link

Perbaikan Managemen Stok Beras

Ada banyak cara dalam mendapatkan stok beras eceran anda. Biasanya pasokan stok beras tersebut di dapat dari distributor maupun agen beras. Pihak agen atau distributor biasanya akan mendapatkan langsung dai tempat penggilingan padi yang di panen langsung dari para petani. Tidak sulit untuk mendapatkan stok dan agen maupun distributor beras, karena akan selalu ada di setiap wilayah, namun anda juga bisa mendapatkannya dari wilayah lain tentunya. Selain memberi secara murah pada distributor anda juga bisa mempertimbangkan untuk pembelian beras bermerk yang kualitasnya lebih bagus, karena setiap konsumen memiliki selera yang berbeda. Bahkan untuk memperluas keuntungan, anda bisa melakukan pembelian langsung dai para petani tanpa bantuan dari pihak ke tiga manapun. Jangan ragu untuk mengeksplor dan membeli secara langsung karena akan memudahkan anda untuk melihat dan menentukan sendiri kualitas awal dari beras tersebut.

Kontrol Kualitas Beras

Sebagai salah satu penyedia beras eceran anda tentunya harus memperhatikan beberapa hal termasuk dengan kualitas beras. Ada banyak tipe-tipe beras yang tentunya akan memberikan beragam kualitas. Adanya beragam tipe ini akan memudahkan konsumen dalam menentukan kualitas beras mana yang baik atau kualitas beras mana yang buruk. Namun sekarang ini ada banyak tindak kecurangan yang dilakukan oleh para agen beras misalnya saja beras berpewangi, memakai pemutih hingga beras plastik. Anda harus berusaha agar tidak mencurangi para konsumen dengan melakukan hal yang sama seperti beberapa kecurangan tersebut. Karena tentunya akan menentang dasar dari prinsip-prinsip bisnis. Ini tentunya akan menurunkan kepercayaan konsumen jika anda melakukan kecurangan tersebut. Oleh karena itu sebelum memulai bisnis eceran ini anda harus mengerti terlebih dahulu akan berbagai jenis atau tipe dari beras, jangan hanya percaya dengan berbagai penawaran dan promosi yang berujung dengan produk yang tidak sehat. Karena banyak sekali sekarang ini yang menyajikan jenis-jenis beras baru.

Kenali dan Buat Target Bisnis Beras

Target tentunya adalah sasaran dari bisnis beras eceran anda tersebut. Dengan menentukan kisaran target anda akan lebih terarah dan menyediakan stok sesuai dengan kebutuhan agar tidak terjadi penumpukan yang sangat lama hingga berujung kepada kerugian. Karena setiap bisnis memiliki target pasarnya sendiri. Mulailah dari lingkungan sekitar tempat pemasaran bisnis anda. Perkirakan beberapa jumlah target calon konsumen, karena beras merupakan salah satu kebutuhan utama tentunya akan ada selalu target di lingkungan anda. Penentuan target ini akan memudahkan dalam anda menentukan kira-kira jenis beras apa yang akan mereka butuhkan dan mereka beli. Karena biasanya pekerjaan akan menentukan entang pemilihan jenis beras yang mereka konsumsi.

Strategi Keuntungan

Sebenarnya, sebagai seorang penyedia beras eceran anda bisa menargetkan seberapa keuntungan yang ingin anda dapat. Tentunya tidak akan ada patokan di dalam acar bisnis beras eceran tersebut akan nominal keuntungan. Hanya saja sebagai permulaan, sebaiknya anda tidak terlalu mengejar laba atau keuntungan yang melimpah terlebih dahulu. Bagunlah kepercayaan terhadap pembeli agar bisnis anda selalu laris dan mendapatkan kepecayaan oleh mereka. Jika anda langsung menetapkan keuntungan tinggi dengan meninggikan harga jual tentunya para pembeli akan lebih enggan dalam membeli beras eceran anda.

Sponsors Link

Mantapkan Pelayanan

Pelayanan yang bagus akan membuat bisnis anda mejadi salah satu yang populer dikalangannya. Kombinasi dari stok, jenis yang berkualitas, pelayanan yang bagus serta harga yang terjangkau akan membuat pembelu meras puas dan selalu mengandalkan anda dalam membeli beras eceran tentunya. Inilah mengapa bisnis apapun memerlukan pelayanan yang baik secara konsisten. Gunakan karyawan yang bertanggung jawab serta jujur dan bisa ramah terhadap para pelanggan. Namun untuk pertama anda tetap bisa melakukannya sendiri tanpa harus dibantu oleh keryawan tentunya. Karena bisnis ini masih bisa anda kelola sebagai bisnis sampingan.

Demikian beberapa tips jitu dalam memeplajari cara bisnis beras eceran yang nantinya akan memudahkan anda dalam mendapatkan keuntugan yang banyak dan melimpah. Tetap onsisten dengan pelayanan yang pernah anda berikan adalah salah satu kunci keberhasilan bisnis anda.

 

 

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis