Sponsors Link

11 Cara Memulai Bisnis Beras Yang Patut Dicoba

Siapa yang tidak membutuhkan beras? Tentunya semua orang di Indonesia membutuhkan dan menyukai beras yang merupakan salah satu dari bahan pokok makanan di Indonesia ini. Inilah mengapa bisnis beras termasuk salah satu ide bisnis jangka panjang yang amat di butuhkan dan di gemari banyak masyarakat di Indonesia. Bagaimana tidak, kebutuhan akan penggunaan beras tidak pernah mengalamu penyusutan bahkan akan cenderung bertambah seiring dengan laju pertumbuhan penduduk yang kian padat. Beras yang merupakan kebutuhan pakan utama ini adalah sebuah bahan makanan yang akan selalu di cari banyak orang. Ini akan menjadi salah satu ide bisnis menguntungkan jika saja anda bisa mengelolanya dengan baik.

ads

Salah satu faktor yang sebenarnya penting dalam kiat menjalankan bisnis beras ini adalah masalah bagaimana kedepannya anda bisa memilih dan menentukan lokasi yang cocok serta strategis untuk memajukan dan untuk perkembangan dari bisnis anda tersebut. Seperti ketika anda memilih pasar sebagai salah satu tempat untuk memasarkan bisnis beras anda dan memang pasar merupakan salah satu tempat yang cukup efektif juga memang pusat dari segala jenis kebutuhan sehari hari baik kebutuhan pokok maupun kebutuhan tambahan. Orang akan lebih mudah mencari sesuatu dengan mengunjungi sebuah pasar. Selain pasar tentunya anda bisa menjual atau memasarkan bisnis beras anda di area perumahan yang padat akan penduduk, karena siapa sih yang tidak akan membeli beras? Beras yang termasuk kedalam contoh bisnis modal 5 juta ini harus anda cari tau terlebih dahulu bagaimana langkah terbaik dalam cara memulai bisnis beras yang kami rekomendasikan berikut ini:

1. Mengelola Stok Bisnis Beras

Biasanya stok untuk bisnis beras yang di kelola oleh seseorang akan di ambil dari para agen maupun para distributor terpercaya. Nah, jika anda ingin melakukan dan mengembangkan bisnis beras ini maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan dan menata managemen beras anda. Dimna anda harus mengetahui berapa lama stok beras anda bisa bertahan. Setidaknya jika nanti bisnis anda menjadi ramai dan di minati banyak pembeli maka anda juga harus pandai dalam menentukan seberapa banyak anda harus menyimpan stok beras di dalam tempat atau gudang penyimpanan, karena sebaiknya anda tidak terlalu lama dalam menyetok ulang dari pasokan beras anda, namun juga tidak menyimpan terlalu banyak hingga anntinya malah terjadi kerugian karena beras ynga anda simpan tidak habis terjual.

2. Mencari Supplier Terpercaya

Tidak ada yang bisa menjalankan bisnisnya sendirian tanpa ada campur tangan dari patner kerja, dan paca cara memulai bisnis beras ini partner kerja anda adalah para pemasok dan supplier. Agar bisnis anda berjalan dengan lancar maka anda harus pandai pandai dalam memilh pemasok beras anda. Tidak hanya memilih yang bisa menawarkan kualitas maupun harga termurah dan terbaik. Anda tentunya juga harus mencari supplier yang konsisten dan selalu tepat waktu hingga selalu bertanggung jawab terhadap bisnis yang anda jalankan tersebut.

3. Penentuan Kualitas

Ada banyak sekali jenis beras yang beredar bebas di pasaran. Anda hanya tinggal mencari dan memilih beberapa jenis yang sering di pakai dan sering di beli oleh masyarakat pada umumnya. Jangan hanya menyediakan slah satu jenis beras saja, namun re-stock lah persediaan beras anda hingga beberapa jenis beras yang sesuai dan memang memiliki permintaan pasar yang amat tinggi. Karena biasanya akan ada 2 versi dari jenis beras yang laku di pasaran. Pertama adalah beras yang memiliki kualitas biasa hingga sedang dan yng kedua adalah beras berkualitas. Walaupun jenis yang nomor 2 akan jelas lebih mahal daripada jenis yang pertama, namun tidak sedikit juga para pembeli selalu membli jenis tersebut. Karena tidak jarang kita temui banyak sekali beras sekarang yang kualitasnya sangat jauh di bawah standar kesehatan, seperti beras yang berpemutih, berpewangi hingga maraknya beras plastik. Jangan tergoda dengan hrga murah semata, tetap lakukan observasi agar tidak selalu merugikan konsumen anda.

4. Target Pasar

Dalam memulai bisnis apa saja anda memang memerlukan pengelolaan target pasar yang terkunci dan terkontrol, dimana nantinya anda memang harus menentukan berapa banyak target pembeli yang bisa membuat bisnis anda mengalami kemajuan dan perkembangan. Sebenarnya anda tidak perlu terlalu jauh dalam menentukan target pasar, dimana anda bisa membidik terlebih dahulu masyarakat di lingkungan sekitar anda. Fokuslah untuk membuat mereka menjadi pelanggan anda, dan jangan dulu tergiur akan banyaknya keuntungan yang telah di miliki oleh pebisnis lain, sabar adalah kuncinya.

5. Persiapan Alat Takar

Tidak semua pelanggan akan mudah percaya dengan takaran yang anda gunakan dalam berbisnis. Inilah mengapa anda memerlukan beberapa alat takar berupa timbangan ketika mengawali bisnis beras anda. Seperti ketika anda menjalankan cara bisnis beras eceran, tentunya akan ada beragam permintaan dari konsumen tentang takaran banyaknya beras yang mereka inginkan. Dan dengan ketersediaan alat takar yang memadai ini kan membuat mereka percaya dengan ukuran yang anda tawarkan.

Sponsors Link

6. Selalu Berinovasi

Mungkin para pedaganag maupun pebisnis beras yang sukses adalah mereka yang selalu melakukan inovasi dan melakukan bebarapa bentuk perbaikan terhadap usahanya. Dan anda tentunya juga bisa meniru hal ini. Dimana anda bisa menggunakan beberapa ide dan perubahan baru hanya demi kemajuan bisnis anda. Ide ide ini bisa berupa Potongan harga akhir bulan atau beberapa tawaran menarik lainnya.

7. Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Jangan terlalu kaku dalam memberikan pelayanan, orang akan lebih tertarik jika mendapatkan pelayanan yang baik, ramah dan sopan. Maka dari itulah anda di tuntut untuk lebih berani dan lebih jeli untuk membuat konsumen nyaman dan betah dengan usaha anda.

8. Cipatan Mitra Kerja Sama

Dengan banyaknya peluang kerja sama yang anda tawarkan tentunya akan lebih mudah dalam mengembangkan bisnis anda tersebut. karena akan selalu ada potensi yang di miliki oleh mitra anda bukan? Nah anda hanya perlu memanfaatkan peluang tersebut.

9. Manajemen Harga

Selalu pantau harga yang diberikan oleh para pesain bisnis anda, jangan hanya karena pengelolaan manageman harga beras anda yang terkesan jauh dari ekonomis, pelanggan kian meninggalkan anda.

Sponsors Link

10. Pelajari Teknik Pesaing

Selalu ada beberapa pesaing bisnis yang akan memiliki skill yang lebih handal dari anda. Anda tidak harus menjatuhkan mereka, tapi anda harus mempelajari teknik yang mereka gunakan dan sempurnakan kelemahan ynag mereka miliki yang tentunya kerapkali di keluhkan oleh pelangganya.

11. Startegi Keuntungan

Untuk permulaan dalam memulai bisnis beras ini maka tidak di sarankan anda untuk terlalu banyak mengambil keuntungan dan jangan membelanjakan keuntungan anda secara total. Ini berguna untuk membangun kepercayaan dan hubungan baik antara anda dan konsumen. Karena keuntungan yang terlalu besar akan berdampak pada harga jual dan akan berdampak juga pada keinginan mereka untuk menjadi konsumen anda.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis