Sponsors Link

7 Cara Memulai Usaha Toko Kelontong Yang Baik dan Benar

Mengerti bagaimana kiat dan cara memulai usaha toko kelontong yang baik dan benar akan mengantarkan pada sebuah keberhasilan yang diinginkan. Jadi, cobalah mengetahui beberapa cara memulai susaha toko kelontong yang sudah kami rangkum di bawah ini. Berikut beberapa poin penting yang harus diketahui terlebih dahulu.

1. Ketersediaan Modal

Jika ingin toko kelontong berkembang dan sukses, maka tirulah cara memulai bisnis baju tidur, dimana modal dan bagaimana cara mendapatkan modal adalah hal penting yang perlu dipertimbangkan dnegan baik. Karena, nantinya modal ini snagat diperlukan untuk membuka dan mengembangkan usaha. Bleh-boleh saja mendapatkan modal instan dnegan hutang, namun perkirakan bahwa nantinya anda sanggup untuk mencicil kembali modal tersebut dikemudian hari. Perhitungkan dnegan baik berapa banyak jumlah modal yang bisa dikembalikan jika memang menggunakan jalur simpan pinjam. Karena, jika anda meminjam terlalu banyak modal di awal, takutnya nanti anda akan kerepotan mengembalikan pinjaman tersebut.

2. Maksimalkan Properti Pribadi

Ketimbang harus menghabiskan banyak uang untuk membeli meja entalase, rak-rak dan menyewa tempat atau toko, menagpa tidak memaksimalkan penggunaan properti pribadi? Untuk awalan, anda bisa menggunakan rumah sendiri sebagai tempat berjualan tersebut. Membuat rak-rak dari kayu juga tidak akan sulit. Ini bahkan bisa menghemat banyak biaya yang seharusnya keluar saat anda membeli rak-rak maupun entalase yang lebih baik. Uang sewa sebuah toko atau ruko lumayan besar untuk usaha baru apalagi sebuah toko kelontong. Jadi, lebih baik maksimalkan yang dimiliki terlebih dahulu.

3. Sesuaikan Barang dengan Jumlah Modal

Jika kita membahas jenis barang apa saja yang dijual di sebuah toko kelontong maka jawaban nya akan banyak dan bervariasi. Karena seperti tips bisnis tanah kosong, kita perlu menyesuaikan kemampuan dnegan stok barang yang dibeli. Jadi, jangan sekali-kali membeli terlalu banyak stok barang untuk diperjual belikan di toko kelontong anda. Cobalah memaksimalkan pendapatan terlebih dahulu dengan stok yang terbatas namun selalu mendapatkan pembelian dan jika menjual barang-barang yang mudah kadaluarsa, jangan ditumpuk dalam jumlah yang banyak.

4. Kenali Supplier Termurah

Supplier maupun produsesn langsung dari beragam barang-barang yang nantinya akan diperjual belikan di toko kelontong anda memiliki peranan terbesar. Karena, ini adalah penentu selisih harga jual dan beli serta sebagaimana banyaknya keuntungan yang bisa didapat. Oleh karena itu, cobalah langsung membeli barang ke produsennya atau supplier yang memberikan harga terjangkau. Dengan ini, anda bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak.

4. Survey Kebutuhan 

Nah, hal terakhir yang perlu dilakukan adalah dengan mencari tahu atau survey kebutuhan masyarakat sekitar. Seperti cara memulai bisnis rempah-rempah, dengan mengetahui apa saja yang mungkin dibutuhkan warga sekitar akan membuat toko kelontong anda meraup keuntungan yang besar. Kenapa? karena nantinya, orang-orang akan lebih tertarik dan ingin berbelanja pada toko anda tersebut karena lebih lengkap dan mereka tidak perlu jauh-jauh lagi untuk mendapatkan barang yang diperlukan.

5. Ketersediaan Gudang

Ini sangat perlu untuk menyimpan stok barang yang masih banyak di entalase toko kelontong anda. Jika tadi kita menggunakan rumah sebagai tempat atau pusat jual beli, maka bisa menggunakan bagian luang dari rumah lainnya untuk tempat penumpukan stok dan penyimpanan seperti sebuah gudang. Namun usahakan bebas dari jangkauan anak-anak dan bisa menyimpan barang-barang dengan aman.

6. Pemilihan Lokasi Strategis

Lokasi juga menentukan tingkat keberhasilan dan perkembangan dari toko kelontong anda ini. Yang terletak di sebuah kompleks perumahan akan sangat ramai dan lebih efisien. Apalagi kebanyakan ibu-ibu disana adalah IRT yang pastinya menginginkan hal yang mudah dan simple. Ketimbang mereka harus menghabiskan biaya untuk berkunjung ke supermarket, pastinya lebih memilih untuk membeli di tempat anda yang lebih terjangkau keberadaannya. Jadi, usahakan untuk menggunakan lokasi strategis untuk membuka toko kelontong tersbeut.

6. Pemilihan Dekorasi Yang Baik

Berbelanja ke sebuah toko kelontong yang memiliki dekorasio terbaik dan unik pastinya lebih seru ketimbang memasuki toko yang biasa saja bukan? Jadi, gunakan alat-alat dan bahan-bahan terjangkau untuk mendekorasi bagian toko kelontong anda semenarik mungkin, usahakan juga untuk menjaga kebersihan tempat tersebut. Tidak ada yang suka berbelanja di tempat yang kotor.

7. Meningkatkan Kualitas Layanan

hal penting lainnya adalah masalah kualitas layanan. Jika anda mampu memberikan pelayanan terbaik bagi pembeli dna pelanggan, pastinya mereka akan lebih memilih toko kelontong anda ketimbang yang lainnya. Bedakan saja toko kelontong yang menggunakan sistem pelayanan yang ramah dan baik dnegan yang biasa saja atau bahkan cuke dan jutek. Siapa sih yang ingin berbelanja pada penunggu toko yang sama sekali tidak ramah dan tidak menyenangkan? Nah, oleh karena itu benahi sistem pelayanan toko kelontong anda ya.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis