Sponsors Link

5 Manfaat BUMN bagi Perekonomian

Manfaat BUMN, sebelum membahasnya lebih jauh mri kita jabarkan terlebih dahulu mengenai define BUMN itu sendiri. BUMN atau akronim dari Badan Usaha Milik Negara adalah badan usaha yang seluruhnya atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan (Berdasarkan UU Republik Indonesia No.19 Tahun 2003). BUMN merupakan salah satu pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian nasional, disamping badan usaha swasta (BUMS) dan koperasi.

ads

BUMN berasal dari kontribusi dalam perekonomian indonesia yang berperan menghasilkan berbagai barang dan jasa guna mewujudkan kesejahteraan rakyat. BUMN terdapat dalam berbagai sektor seperti sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, keuangan, manufaktur, transportasi, pertambangan, listrik, telekomunikasi dan perdagangan serta kontruksi.

BUMN memiliki berbagai macam atau jenis bentuk-bentuk yang berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 19 Tahun 2003 tentang BUMN, Badan Usaha Milik Negara terdiri dari dua bentuk, yaitu badan usaha perseroan (persero) dan badan usaha umum (perum). Nah, dengan demikian maka tentu kehdiran BUMN membawa banyak manfaat, diantaranya sebagaimana Manfaat BUMN bagi masyarakat berikut ini.

Memberi kemudahan kepada masyarakat luas dalam memperoleh berbagai alat pemenuhan kebutuhan hidup yang berupa barang atau jasa

Manfaat adanya BUMN yang dapat dirasakan oleh masyarakat sangatlah besar. Sebab BUMN menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat baik dalam bentuk barng hingga jasa terlebih lagi hampir semuanya merupakan kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Contohnya seperti Bulog, PLN, Pertamina yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat.

Secara langsung keberadaan BUMN ini tentu sangat membantu masyarakat kita. Sebab hampir rata rata yang disalurkan adalah kebutuhan primer yang memang benar benar sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari. Oleh sebab itu maka keberadaan BUMN secara nyata dapat memberikan kemudahan kepada msyarakt luas baik yang berada diperkotan dan juga yang ada dipedesaan bahkan hingga kepelosok negeri.

Membuka dan memperluas kesempatan kerja bagi penduduk angkatan kerja

BUMN hampir bergerak dalam semua sektor karena itulah maka sektor BUMN maerupakan sebuah industry yang mampu membuka lapangan kerja secara luas. Sebagaimana kita tahu BUMN hampir hadir di semua sektor salah satunya adalah perkebunan. Bisa anda bayangkan berapa banyak tenaga kerja yang dpat diserap dari sektor ini berpengaruh pada cara menghitung pajak mobil.

Tentu saja hal ini menjadi salah satu manfaat dari hadirnya BUMN yakni dapat membuka dan menciptakan lapangan kerja yang luas. Sehingga secara otomatis akan dapat mengurangi angka dan tingkat pengangguran yang ada. Hal ini akan dapat sangat membantu banyak masyarakat secara nyata sebagaimana juga dalam salah satu dasar dasar perpajakan.

Mencegah monopoli pasar atas barang dan jasa yang merupakan kebutuhan masyarakat banyak oleh sekelompok pengusaha swasta yang bermodal kuat

Keberdaan BUMN juga memberikan manfaat nerupa menvegah terjadinya monopoli pasar yang sering kali di lakukan oleh para pengusaha swasta yang memiliki modal yang besar. Terutama terhadap produk produk seperti kebutuab pokok yang amat dibutuhkan oleh masyarakat banyak secara lengkap cara menghitung pajak progresif sehingga semua bisa merasakan manfaat membayar pajak.

Bentuk monopoli yang sering terjadi dan kerap kita rasakan adalah seperti saat datangnya hari raya atau juga moment besar biasanya kebutuhan pokok akan selalu mengalami kenaikan harga. Hal ini sudah lumrah namun ternyata dibalik itu semua terdapat permainan dan monopoli dari pihak tertentu yang ingin mendapat keuntungan pribadi. Oleh sebab itu maka kehadiran BUMN sangatlah dibutuhkan pada saat moment seperti ini.


Meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi komoditi ekspor sebagai sumber devisa,baik migas maupun non migas

Salah satu manfaat yang paling nayata dari adanya BUMN adalah dengan keberadaannya maka dapat menyokong pertumbuhan dan juga peningkatan ekonomi. Langkah nata yang ditempuh BUMN dalam meningktkan nilai ekspor baik dalam sektor migas atau pun non migas tentunya memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesai terutama dalam 5 tahun belakangan ini.

Usaha mengenjot ekspor terutama di sektor migas dan non migas sangat berdampak pada nilai peningkatan ekspor yang menjadi salah satu indikator penting dalam menguatkan serta juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Hal ini juga yang kemudian secara langsung akan berdampak kepada penguatan ekonomi sehingga faktanya pertumbuhan ekonomi kita dapat dicapai dan angka peningkatannya naik secara signifikan.

Menghimpun dana untuk mengisi kas negara ,yang selanjutnya dipergunakan untuk memajukan dan mengembangkan perekonomian Negara

Sebagai badan Usaha Milik Negara tentu saja segala bentuk pendapatan yang dihasilkan dari kegiatan operasional aka emnjadi milik Negara. Hal ini lah yang kemudian akan langsung masuk kedalam kas Negara dn ssalah satu sumber dari pendapatan Negara. Maka dengan demikian nantinya dana ini akan digunakan dan dikembalikan oleh Negara dalam upaya melayani kepentingan rakyat yang disesuaikan dengan biaya pajak mobil berbagai merek.

Nah, itulah tadi 5 Manfaat BUMN dalam perekonomian Negara, semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : BUMN