Sponsors Link

Inilah 5 Manfaat Laporan Keuangan Bagi Debitur dan Pihak Lain

Laporan keuangan merupakan hasil akhir dari suatu proses pencatatan data dalam sebuah perusahaan yang menunjukkan statistik kondisi keuangan perusahaan tersebut. Peran dari laporan keuangan sangat penting, salah satunya adalah menjaga bisnis tetap berjalan lancar dan tidak menemui kendala tertentu. Laporan keuangan yang tidak dibuat dengan baik dan terstruktur berpotensi menimbulkan beberapa masalah bagi perusahaan, bahkan bisnis Anda bisa mengalami dampak kebocoran aset yang sangat merugikan keuangan.

ads

Tujuan dibuatnya laporan keuangan selain untuk perkembangan bisnis, perusahaan juga membutuhkannya dalam proses pengambilan keputusan. Ya tentu saja, informasi keuangan perusahaan bisa menjadi patokan atau bahan evaluasi untuk mengambil keputusan seperti membeli barang-barang tertentu. Ia juga dapat digunakan untuk memperkirakan pertumbuhan bisnis kedepannya, dengan adanya data keuangan perusahaan pastinya menjadi lebih bijak untuk memprediksi kondisi keuangan saat ini dan membuatnya menjadi lebih baik di masa depan.

Selain itu, laporan keuangan juga memiliki beberapa fungsi tertentu. Ia dapat dijadikan bahan review yang baik dalam menilai kondisi perusahaan secara menyeluruh, mulai dari keuangan, aset, hingga kebutuhan operasional. Selain itu, laporan keuangan juga bisa meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata orang lain, melalui laporan yang akurat dan terpercaya menjadikan nilai perusahaan lebih baik dari sebelumnya seperti cara mengatur keuangan agar tidak boros.

Di samping itu, laporan keuangan mempunyai berbagai macam jenis. Yang pertama adalah laporan laba rugi, di dalam laporan ini terdapat data pendapatan dan beban perusahaan selama kurun waktu tertentu. Berikutnya ada laporan perubahan modal, memuat informasi tentang perubahan ekuitas perusahaan serta penyebab terjadinya perubahan tersebut. Selanjutnya ada yang namanya laporan neraca, menjelaskan kondisi keuangan secara lebih spesifik. Di dalamnya akan ditemukan jumlah aktiva, ekuitas perusahaan, dan hutang. Yang terakhir ada laporan arus kas, menunjukkan dana masuk dan keluar pada periode tertentu.

Kita telah mengetahui manfaat laporan keuangan secara umum bagi perusahaan, namun sebenarnya masih ada pihak yang berpotensi mendapatkan keuntungan dari laporan keuangan itu sendiri. Ya, berikut adalah manfaat laporan keuangan bagi debitur serta pihak lain yang terlibat didalamnya.

Manfaat Laporan Keuangan Bagi Debitur dan Pihak Lain

1.Debitur

Seperti yang diketahui, debitur adalah pihak yang berhutang ke pihak lain, biasanya ia mendapatkan sesuatu dari kreditur dengan jaminan akan dikembalikan pada waktu yang akan datang. Namun, jika seorang debitur gagal mengembalikan hingga tenggat waktu yang telah disepakati bersama, maka kreditur berhak menyita harta debitur. Manfaat laporan keuangan bagi debitur adalah dapat mengetahui jumlah pinjaman yang ia ajukan sehingga debitur dapat melunasinya sesegera mungkin, ia pun dapat menghindari kerugian bagi dirinya sendiri.

2.Kreditur

Kreditur selaku pihak yang meminjamkan modal juga mempunyai keuntungan dari pembuatan laporan keuangan. Laporan ini akan memberikan informasi terkait situasi keuangan perusahaan yang hendak dimanfaatkan oleh kreditur, sehingga ia dapat menolak atau pun menyetujui pinjaman tersebut.

3.Investor

Selaku pihak yang mempunyai modal bisnis, investor juga mempunyai peranan untuk mengetahui laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan yang disajikan dengan baik menjadikan sang investor yakin akan bisnis Anda dan tak akan ragu lagi menanamkan modal lebih banyak.

4.Pemerintah

Ternyata pemerintah juga mendapatkan manfaat dari penyajian laporan keuangan, mereka menjadi tidak perlu lagi repot-repot membawa perusahaan Anda ke ranah hukum jika laporan keuangan telah disajikan sebaik mungkin. Ini juga menjadi manfaat untuk Anda, perusahaan Anda akan terhindar dari masalah penggelapan pajak.

5.Pelanggan

Mungkin ini menjadi aspek terpenting, dengan menyajikan laporan keuangan yang baik kepada pelangaan atau target pasar tentu menambah keyakinan mereka untuk menjalin hubungan kerjasama dengan perusahaan Anda, yang menjadikan pertumbuhan bisnis Anda semakin pesat.

Itulah manfaat laporan keuangan bagi debitur dan pihak yang bersangkutan lainnya, semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Mikro